KONSTRUKSI SOSIAL GURU PADA TEMATIK KURIKULUM 2013 SD BANDA ACEH

Authors

  • Muhammad Nazir Putra UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6697

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konstruksi sosial guru kelas terhadap Kurikulum 2013, mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 dan kendala pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pembelajaran tematik di SD Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pada penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik serta konstruksi sosial guru kelas terhadap Kurikulum 2013 di SD Negeri 4 Banda Aceh sangat beragam, disebabkan adanya penyesuaian dengan pengalaman yang dialami serta adanya beberapa factor lainnya. Guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik disesuaikan dengan karakteristik siswa pada penerapannya Kurikulum 2013 adanya berbagai kendala yang bermacam-macam. Kendala yang dihadapi antara lain mengenai keaktifan siswa, kurangnya literasi, penggunaan model dan metode pembelajaran, serta kurangnya pelatihan bagi guru untuk membantu pemahaman guru mengenai penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmaja, H.T. 2019. “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara”. Dalam Jurnal Panjar Vol. 01. No. 02. Hal. 131-140.

Berger, P. L dan Thomas L. (2013). Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Terjemahan Hasan Basari. Jakarta : LP3ES.

Budiani, S., Sudarmin, dan Rodia S. (2017). “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri”. Dalam Innovative Journal of Curriculum and Educational TechnologyVol. 06. No. 01. Hlm. 45 – 57.

Halim, M.T., Tri J.K., dan Murwatiningsih. 2015. “Konstruksi Sosial Guru Terhadap Pembelajaran IPS di SD Inpres 6/68 Laburasseng Desa Laburasseng Kecamatan Libureng Kabupaten Bone Sulawesi Selatan”. Dalam Journal of Primary Education. Vol. 04. No. 02. Hal. 85–95.

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014, LAKIP 2013, Jakarta: Kemendikbud.

Manab, Abdul, 2018, Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter Pendekatan Konfluensi, Yogyakarta: Kalimedia.

Muhaimin, 2010, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, H. E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rusman, 2015, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta:Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful, 2013, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Utomo, C. B. 2015. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sejarah

Downloads

Published

2022-12-23