PENERAPAN METODE SILABA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI DALAM KEGIATAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN SUMBER WETAN I PROBOLINGGO

Authors

  • Fellicia Roshita Armanda Putri Universitas Brawijaya
  • Maulfi Syaiful Rizal Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6519

Keywords:

Metode Silaba, Video Animasi, Keterampilan Membaca

Abstract

ABSTRAK Pada proses belajar mengajar perlu diterapkannya metode atau media yang berbeda dari biasanya dengan harapan dapat menarik minat siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tahapan pembuatan video pembelajaran animasi, mendeskripsikan tahapan penerapan metode silaba melalui video pembelajaran animasi dalam kegiatan membaca siswa kelas 1A, dan mendeskripsikan pengaruh penerapan metode silaba melalui video pembelajaran animasi dalam kegiatan membaca siswa kelas 1A SDN Sumber Wetan I Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1A SDN Sumber Wetan I Probolinggo yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga jalur analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode silaba melalui video pembelajaran animasi tergolong baik. Hal itu terlihat dari 14 siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 98. Selain itu, hasil observasi juga menunjukkan bahwa 91% siswa memperhatikan serta menyimak pembelajaran dengan seksama, 95% siswa menyukai video pembelajaran animasi yang digunakan, dan 77% siswa aktif menjawab pertanyaan yang diberikan. Kata Kunci: Silaba, Video Animasi, Membaca   ABSTRACT In the teaching and learning process it is necessary to apply different methods or media than usual in the hope of attracting students' interest in the learning process. The purpose of this study was to describe the stages of making animated learning videos, describe the stages of applying the syllabus method through animated learning videos in class 1A students' reading activities, and describe the effect of applying the silaba method through animated learning videos on reading activities for class 1A students at SDN Sumber Wetan I Probolinggo. The research method used is descriptive with a qualitative approach. The source of the data in this study were class 1A students at SDN Sumber Wetan I Probolinggo, which consisted of 22 students. Data collection techniques used through observation, interviews, and documentation. The data collected in this study were analyzed using the Miles and Huberman model which consisted of three lines of analysis namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the application of the silaba method through animated learning videos was quite good. This can be seen from the 14 students who obtained an average score of 98. In addition, the results of observations also showed that 91% of students paid attention and listened to the lesson carefully, 95% of students liked the learning animation videos used, and 77% of students actively answered the questions asked given. Keywords: Silaba, Animated Video, Reading

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti

Damaiyanti, R., Satrijono, H., Hutama, F. S., Ningsih, Y. F., & Alfarisi, R. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 75-87.

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91-106. https://eprints.untirta.ac.id/9415/

Helvina, M., Noeng, A. Y., & Timba, F. N. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 3(2), 379-386. Diambil 9 November 2022, dari https://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/2700

Kurniawan, M. R. (2017). Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491-506.

Lailah, Z., Amin, S. M., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I dengan Metode Silaba di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3677-3688.

Nasir, A. M., Upu, H., & Ihsan, H. (2016). Penerapan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segiempat dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP: The Application of Animation Media on Tetragon in Mathematics Learning of Grade VII In Junior High School. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 16(3), 477-488.

Purba, Nancy Angelia. Dkk. (2022). Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: PT Indonesia Emas Group

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2018, No. 1).

Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1), 7-12.

Sugiyono. (2006). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Jakarta: Erlangga

Tarigan, H. G. (2015) Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa

Yulianti, Anisah., Suyanti., & Kusuma, H. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 742-749

Downloads

Published

2022-12-23