PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA TEMA ENAM SUBTEMA DUA LINGKUNGAN SEKITAR RUMAHKU KELAS SATU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Agung Puguh Kusuma Permadi Koes Sugianto STKIP PGRI Sidoarjo
  • Budhi Rahayu Sri Wulan STKIP PGRI Sidoarjo
  • Endang Wahju Andjariani STKIP PGRI Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5926

Keywords:

Media Pembelajaran, Flashcard, Kemampuan Membaca

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca siswa pada tema 6 subtema 2 kelas1 sekolah dasar dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media flashcard. Kemampuan membaca siswa masih terbilang dibawah rata-rata.Hal ini dikarenakan siswa hanya memahami materi secara teori tanpa menggunakan media pembelajaran.Sehingga beberapa siswa merasa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.Untuk mengetahui kemampuan membaca siswa yaitu menggunakan media flashcard. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain one-grup pre-test and post-tes design. penelitian dilakukan di kelas 1 SDN Kedungpeluk 01 Sidoarjo, terdiri dari 15 sampel. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan sig 0,05 dan hasil angket respon siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sig 0,000. Karena nilai sig 0,000 < 0,05 maka H1 ditolak, dapat disimpulkan bahwa media flashcard berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa pada tema 6 subtema 2 kelas 1 sekolah dasar. Hasil dari angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata 100%, dapatdisimpulkan terdapat respon baik dari siswa selama pembelajaran menggunakan media flashcard.   The purpose of this study was to determine the effect of flashcard media on students' reading ability in theme 6 sub-theme2in frist grade of elementary school and students' responses to learning using flashcard media. Students' reading ability is still relatively low.This is because students only understand the material in theory without using learning media.So that some students feel less motivated in participating in learning.To determine students' reading skills using flashcard media. This study is a quantitative study with a one-group pre-test and post-test design. The research was conducted in class 1 of SDN Kedungluk 01 Sidoarjo which consisted of 15 samples. The data analysis technique used the t-test with sig 0.05 and the results of the student response questionnaire. The results of hypothesis testing using t-test obtained a sig value of 0.000. Because the value of sig 0.000 <0.05 then H1 is rejected, it can be concluded that the flashcard media affects the students' reading ability in theme 6 sub-themes 2 grade 1 elementary school. The results of the student response questionnaire obtained an average value of 100%, it can be concluded that there is a good response from students during learning using flashcard media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., & Andjariani, E. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 3 SD dengan Kegiatan Membaca pada MorningActiviti. Jurnal Edukasi : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51836/je.v5i2.17

Dewi, A. L. S., & Mubarokah, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(2), 53–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v3i2.3223

Gawise, G., G, A. L. N., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575–3581. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2669

Khoyrunnissa, S., Suprianto, D. H., & Susanto, S. (2022). Implementasi Media Majalah Cerita Sebagai Upaya Meningkatkan Membaca Siswa Kelas 3 MIN 10 Ngawi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 170–176. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v7i1.5421

Lestari, E. D., Apreasta, L., & Burhan, M. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelas 1 SD Negeri 01 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. CONSILIUM Journal: Journal Education and CounselingCounseling, 1(2), 112–123. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1098

Maghfiroh, N. L., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal UPI : Inovasi Kurikulum, 19(1), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.39571

Maulidiyah, Y., Mubarok, K., & Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan di Sekitarku Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 606–615. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v8i1.2754

Mega, N. M., Ulva, R., & Apreasta, L. (2021). Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN No 105/II Rambah Kabupaten Bungo. CONSILIUM Journal: Journal Education and Counseling, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1155

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(1), 63–76. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/fj.v4i1.279

Murti, I. I. T., Pangestu, W. T., & Wana, P. R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pelajaran IPS Kelas III. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 140–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v6i2.4304

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcarad pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengan 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Sasmi, H. E., Fauzi, A., & Mardi, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Self-Efficacy terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Melalui Mediasi Prestasi Belajar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1461

Satriana, A., Yunus, M., & Fatmawati, F. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Mengenai Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Flashcard bagi Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(2), 13–26. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jupe11240.64

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (N. Apri (ed.); 3 ed.). Alfabeta.

Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p039

Wijaya, A. T., Wulan, B. R. S., & Rohmatin, T. (2020). Pengaruh Media Diorama Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 221–227. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1197004/edukatif.v4i3.2669

Amalia, R., & Andjariani, E. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 3 SD dengan Kegiatan Membaca pada MorningActiviti. Jurnal Edukasi : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51836/je.v5i2.17

Dewi, A. L. S., & Mubarokah, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(2), 53–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v3i2.3223

Gawise, G., G, A. L. N., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575–3581. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2669

Khoyrunnissa, S., Suprianto, D. H., & Susanto, S. (2022). Implementasi Media Majalah Cerita Sebagai Upaya Meningkatkan Membaca Siswa Kelas 3 MIN 10 Ngawi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 170–176. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v7i1.5421

Lestari, E. D., Apreasta, L., & Burhan, M. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelas 1 SD Negeri 01 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. CONSILIUM Journal: Journal Education and CounselingCounseling, 1(2), 112–123. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1098

Maghfiroh, N. L., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal UPI : Inovasi Kurikulum, 19(1), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.39571

Maulidiyah, Y., Mubarok, K., & Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan di Sekitarku Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 606–615. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v8i1.2754

Mega, N. M., Ulva, R., & Apreasta, L. (2021). Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN No 105/II Rambah Kabupaten Bungo. CONSILIUM Journal: Journal Education and Counseling, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1155

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(1), 63–76. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/fj.v4i1.279

Murti, I. I. T., Pangestu, W. T., & Wana, P. R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pelajaran IPS Kelas III. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 140–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v6i2.4304

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcarad pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengan 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Sasmi, H. E., Fauzi, A., & Mardi, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Self-Efficacy terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Melalui Mediasi Prestasi Belajar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1461

Satriana, A., Yunus, M., & Fatmawati, F. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Mengenai Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Flashcard bagi Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(2), 13–26. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jupe11240.64

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (N. Apri (ed.); 3 ed.). Alfabeta.

Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p039

Wijaya, A. T., Wulan, B. R. S., & Rohmatin, T. (2020). Pengaruh Media Diorama Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 221–227. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1197

Downloads

Published

2022-12-28