PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fitri Hardianti PGSD STKIP PGRI Sidoarjo
  • Endang Wahju Andjariani PGSD STKIP PGRI Sidoarjo
  • Galuh Kartika Dewi PGSD STKIP PGRI Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5879

Keywords:

Kartu Gambar, Kemampuan Membaca, Tunagrahita Ringan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu gambar terhadap kemampuan membaca siswa tunagrahita ringan, aktivitas dan respon siswa. Kemampuan membaca kosa kata dan pengenalan huruf siswa tunagrahita masih  kurang dikarenakan siswa hanya belajar memahami materi secara teori tanpa menggunakan media. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan  design One-Grup Pre-Test and Post Tes Design. Penelitian dilaksanakan di kelas 1 SDN Lemah putro 01 Sidoarjo, terdapat 5 siswa tunagrahita ringan. Teknik   analisis data menggunakan uji-t dengan taraf sig 0,05, hasil aktivitas dan angket respon siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sig 0,003. Karena nilai sig 0,003 < 0,05 maka H1 ditolak, disimpulkan bahwa ada pengaruh media kartu gambar terhadap kemampuan membaca siswa tunagrahita ringan di sekolah dasar. Hasil aktivitas siswa diperoleh 85%, dikategorikan baik dalam penggunaan  media  kartu gambar. Hasil dari angket  respon siswa diperoleh nilai rata-rata 75%, sehingga terdapat respon baik dari siswa selama pembelajaran menggunakan media kartu gambar   This study aims to determine the effect of picture card media on the reading ability of mild mentally inclusive students, activities and student responses. The ability to read vocabulary and letter recognition for mentally inclusive students is still lacking because students only learn to understand theoretical material without using media. This research is a quantitative research using One-Group Pre-Test and Post-Test Design. The research was carried out in class 1 SDN Lemah Putro 01 Sidoarjo, there were 5 students with mild mental conditions. The data analysis technique used a t-test with a sig level of 0.05, the results of the activity and student response questionnaires. The results of hypothesis testing using t-test obtained sig value of 0.003. Because the value of sig 0.003<0.05 then H1 is rejected, it is concluded that there is an influence of picture card media on the reading ability of mild mentally inclusive students in elementary schools. The results of student activity were obtained by 85%, categorized as good in the use of picture card media. The results of the student response questionnaire obtained an average value of 75%, so that there was a good response from students during learning using picture card media  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Halimah. (2019). Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Peradaban Islam, 1(1), 171–191. https://jim.ar-raniry.ac.id/index.php/tadabbur/article/view/55

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Jurnal Kajian Ilmu, 8(2), 150–167. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/416/401

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233

Mubarokah, V. Z., & Andjariani, E. W. (2021). Analisis Faktor–Faktor Penghambat Guru Dalam Materi Tanggung Jawab, Hak, Dan Kewajiban Pada Siswa Slow Learner. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(1), 379–383. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1732

Mutiaramses, S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jupe60650.64

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Romlah, S., & Andajani, S. J. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Melalui Metode Bermain Bermedia Kartu Kata Bergambar Pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas I Sekolah Luar Biasa. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2), 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/23352

Santosa, D. S. S., & Christupar, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Lagu Terhadap Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas 3 SD Kristen Saint John Bekasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v6i1.3600

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (N. Apri (ed.); 3 ed.). Alfabeta.

Wardani, I. G. A. K. (2013). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Universitas Terbuka.

Widiastuti, N. L. G. K. (2019). Karakteristik dan Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. jurnal kajian pendidikan widya accarya, 10(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.10.1.680.%25p

Downloads

Published

2022-12-28