PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5879Keywords:
Kartu Gambar, Kemampuan Membaca, Tunagrahita Ringan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu gambar terhadap kemampuan membaca siswa tunagrahita ringan, aktivitas dan respon siswa. Kemampuan membaca kosa kata dan pengenalan huruf siswa tunagrahita masih kurang dikarenakan siswa hanya belajar memahami materi secara teori tanpa menggunakan media. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan design One-Grup Pre-Test and Post Tes Design. Penelitian dilaksanakan di kelas 1 SDN Lemah putro 01 Sidoarjo, terdapat 5 siswa tunagrahita ringan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf sig 0,05, hasil aktivitas dan angket respon siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sig 0,003. Karena nilai sig 0,003 < 0,05 maka H1 ditolak, disimpulkan bahwa ada pengaruh media kartu gambar terhadap kemampuan membaca siswa tunagrahita ringan di sekolah dasar. Hasil aktivitas siswa diperoleh 85%, dikategorikan baik dalam penggunaan media kartu gambar. Hasil dari angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata 75%, sehingga terdapat respon baik dari siswa selama pembelajaran menggunakan media kartu gambar This study aims to determine the effect of picture card media on the reading ability of mild mentally inclusive students, activities and student responses. The ability to read vocabulary and letter recognition for mentally inclusive students is still lacking because students only learn to understand theoretical material without using media. This research is a quantitative research using One-Group Pre-Test and Post-Test Design. The research was carried out in class 1 SDN Lemah Putro 01 Sidoarjo, there were 5 students with mild mental conditions. The data analysis technique used a t-test with a sig level of 0.05, the results of the activity and student response questionnaires. The results of hypothesis testing using t-test obtained sig value of 0.003. Because the value of sig 0.003<0.05 then H1 is rejected, it is concluded that there is an influence of picture card media on the reading ability of mild mentally inclusive students in elementary schools. The results of student activity were obtained by 85%, categorized as good in the use of picture card media. The results of the student response questionnaire obtained an average value of 75%, so that there was a good response from students during learning using picture card mediaDownloads
References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Halimah. (2019). Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Peradaban Islam, 1(1), 171–191. https://jim.ar-raniry.ac.id/index.php/tadabbur/article/view/55
Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Jurnal Kajian Ilmu, 8(2), 150–167. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/416/401
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233
Mubarokah, V. Z., & Andjariani, E. W. (2021). Analisis Faktor–Faktor Penghambat Guru Dalam Materi Tanggung Jawab, Hak, Dan Kewajiban Pada Siswa Slow Learner. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(1), 379–383. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1732
Mutiaramses, S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050
Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jupe60650.64
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351
Romlah, S., & Andajani, S. J. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Melalui Metode Bermain Bermedia Kartu Kata Bergambar Pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas I Sekolah Luar Biasa. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2), 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/23352
Santosa, D. S. S., & Christupar, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Lagu Terhadap Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas 3 SD Kristen Saint John Bekasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v6i1.3600
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (N. Apri (ed.); 3 ed.). Alfabeta.
Wardani, I. G. A. K. (2013). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Universitas Terbuka.
Widiastuti, N. L. G. K. (2019). Karakteristik dan Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. jurnal kajian pendidikan widya accarya, 10(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.10.1.680.%25p
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.