PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK STUDY FROM HOME (SFH) SEBAGAI UPAYA MEMUTUS PENULARAN CORONAVIRUS DISEASE

Authors

  • Khaidir Fadil Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Amran Amran PGMI Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Noor Isna Alfaien PGMI Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Indah Oktaviani PGMI Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5387

Keywords:

The Role of Parents, Learning Motivation, Study From Home

Abstract

This study is a literature review with the aim of knowing the critical involvement of parents in encouraging children to study at home in an effort to break the chain of transmission of the Coronavirus disease. This study was conducted in six stages: selection of study subjects, literature review, literature reduction, organizing literature, literature review, and drawing conclusions. Sources of data used are secondary data sources. Data and information retrieval was obtained using documentation techniques such as finding more relevant data from various sources including e-books, study journals, scientific articles, news, and other study-related documents. The findings of this study indicate that parents play an essential role in their children's learning process at home, especially in providing education and motivation to children to continue learning in the midst of the current Coronavirus disease outbreak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, Yanuar. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa SD. [Tesis]: Universitas Negeri Semarang (ID)

American Psychological Association (APA). (2020). Learning at Home During Covid-19: 9 Tips for Motivating Children to Learn at Home. Fact Sheet Edisi Juni 2020. Diakses melalui https://www.apa.org/topics/covid-19/9-tips-for-motivating-children-to-learn-at-home.pdf pada 24 September 2020 pukul: 12.04 WIB

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis, 12(7). 13-18.

Bramasta, D. Bayu. (2020). Update Virus Corona di Dunia: 25,8 Juta Orang Terinfeksi | Gedung. Artikel Online Kompas.com Edisi 2 September 2020. Diakses melalui https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/02/080500965/update-virus-corona-di-dunia-2-september-25-8-juta-orang-terinfeksi-gedung?page=1 pada 2 September 2020 pukul: 14.15 WIB

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4(1). 152-159.

Caya, C., Kaharuddin, K., & Amin, M. (2018). Peran Bimbingan Orang Tua dalam Kemandirian Belajar Anak di Sekolah Pesisir SD Negeri Balikpapan Barat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaraan IV Universitas Muhammadiyah Ponorogo 9 Mei 2020

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia, No. 52, 82-92. https://doi/org/10.7454/ai.v0i52.3318

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 1-12.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). 55-61.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19 Melalui Publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 373-384. DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.548

Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Artikel Online LPMP Lampung Edisi 29 Mei 2020. Diakses melalui https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-pembelajaran-online-akibat-pandemi-covid-19 pada 23 September 2020 pukul: 12.41 WIB

Fitrah, M., & Luthfiyah, L. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus. Jakarta: Jejak Publisher

Fitriana, E. (2020). Peran Orang tua dalam Memotivasi Belajar Anak di Dusun VI Tanjung Mulya Kampung Tanjung Ratu Ilir Kacamatan Way Pangubuan Lampung Tengah. [Skripsi]: IAIN Metro (ID)

Fimala, Y., & Miaz, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. e-Jurnal: Inovasi Pembelajaran SD, 8(3). 1-10.

Haerudin, H., Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orang tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran di Rumah sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3). 496-503.

Isjoni, M. Y. R. (2020). Peranan Orang Tua di Masa Pandemi Covid-19. Artikel Online Goriau.com Edisi 25 Juni 2020. Diakses melalui https://m.goriau.com/berita/baca/peranan-orang-tua-di-masa-pandemi-covid19.html pada 23 September 2020 pukul: 14.17 WIB

Kurniawati, W. (2020). Peran Orang Tua dalam menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. [Skripsi]: IAIN Purwokerto (ID)

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Dee Publisher

Lingga, I. P. (2020). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Artikel Online Media Nasional OBOR KEADILAN Edisi 5 Agustus 2020. Diakses melalui https://www.oborkeadilan.com/2020/08/peran-orang-tua-dalam-memotivasi.html pada 23 September 2020 pukul: 12.45 WIB

Lumbanrau, R. Eben. (2020). Virus Corona: Kasus Global Tembus 25 Juta; di Indonesia capai 173.000 Kasus, Lebih dari 7.300 Meninggal. Artikel Online BBC News Indonesia Edisi 30 Agustus 2020. Diakses melalui https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51232803.amp pada 2 September 2020 pukul: 14.31 WIB

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orang tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, 2(1). 39-46.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Jakarta: Dee Publisher

Purwanto, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orang Tua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE), 1(1). 124-140.

Sari, D. (2017). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017, 40-43.

Setyawana, F. E. B., & Lestari, R. (2020). Challenges of Stay-at-Home Policy Implementation During the Coronavirus (Covid-19) Pandemic in Indonesia. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 8(1). 15-20.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta: Elex Media Komputindo

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., ... & Chen, L. K. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1). 45-67.

United Nations Children’s Fund (UNICEF). (2020). COVID-19 dan Anak-anak di Indonesia. Artikel Online UNICEF Indonesia Edisi 11 Mei 2020. Diakses melalui www.unicef.org/indonesia/id/laporan/covid-19-dan-anak-anak-di-indonesia pada 4 September 2020 pukul 21.23 WIB

Winingsih, E. (2020). Peran Orang tua dalam Pembelajaran Jarak jauh. Artikel Online Poskita.co Edisi 2 April 2020. Diakses melalui: https://poskita.co/2020/04/02/peran-orang-tua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/ pada Senin, 7 September 2020 pukul: 08.02 WIB

Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). 641-653.

World Health Organization (WHO). (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Situation Report – 72. Artikel Online WHO Edisi 1 April 2020. Diakses melalui www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200401-sitrep-72-covid-19.pdf?sfvrsn=3dd8971b_2 pada Rabu, 2 September 2020 pukul: 16.20 WIB

Agustin, M, & Syaodih. (2008).Bimbi-ngan konseling untuk anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Brabender, V., & Fallon, A. (2009). Group development in practice: guidance for clinicians and researchers on stages and dynamics of change. Washington, DC: American Psychological Association.

Downloads

Published

2022-07-01