PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI SARANA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI KHALIFAH SERANG

Authors

  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Alya Fajria Rahma Maulida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Istiqomah Istiqomah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4745

Keywords:

Teknologi, Alat, Pembelajaran jarak jauh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan teknologi sebagai sarana dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh di SDI Khalifah Serang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa Kelas IV SDI Khalifah Serang. Tujuan dari penelitian ini adalah proses pemanfaatan teknologi sebagai sarana dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Metode pengumpulan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis datanya deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemanfaatan teknologi sebagai sarana dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh di SDI Khalifah Serang cukup optimal. Hal ini terlihat dari kegiatan belajar yang tetap dilakukan selama pandemi Covid-19. Guru dapat menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan merombak bahan ajar dan mengubahnya dalam bentuk video pembelajaran atau bentuk lain yang dapat disampaikan kepada siswa melalui aplikasi dukungan pembelajaran jarak jauh seperti WhatsApp Group, Zoom Meeting, Google Drive, dll. Penggunaan aplikasi ini sudah dapat diakses oleh siswa namun dalam pelaksanaannya masih terhambat karena tidak semua memiliki perangkat teknologi sendiri namun tetap menggunakan perangkat orang tua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sebagian besar fasilitas teknologi yang dimiliki oleh sekolah sudah baik, dan pemanfaatannya dalam proses pembelajaran jarak jauh optimal tetapi masih ada beberapa kendala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Makassar: Kencana.

Kurniawan, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran di SMPN 5 Ponorogo, Jawa Timur. TEKNODIK. 23(1). 55-64.

Budiana, H. R., Dkk. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 4(1). 59-62.

Oman,dkk. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat E-Learning sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di SMA Nergeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 23(3). 332-337.

Downloads

Published

2023-04-19