PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI SARANA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI KHALIFAH SERANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4745Keywords:
Teknologi, Alat, Pembelajaran jarak jauhAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan teknologi sebagai sarana dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh di SDI Khalifah Serang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa Kelas IV SDI Khalifah Serang. Tujuan dari penelitian ini adalah proses pemanfaatan teknologi sebagai sarana dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Metode pengumpulan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis datanya deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemanfaatan teknologi sebagai sarana dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh di SDI Khalifah Serang cukup optimal. Hal ini terlihat dari kegiatan belajar yang tetap dilakukan selama pandemi Covid-19. Guru dapat menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan merombak bahan ajar dan mengubahnya dalam bentuk video pembelajaran atau bentuk lain yang dapat disampaikan kepada siswa melalui aplikasi dukungan pembelajaran jarak jauh seperti WhatsApp Group, Zoom Meeting, Google Drive, dll. Penggunaan aplikasi ini sudah dapat diakses oleh siswa namun dalam pelaksanaannya masih terhambat karena tidak semua memiliki perangkat teknologi sendiri namun tetap menggunakan perangkat orang tua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sebagian besar fasilitas teknologi yang dimiliki oleh sekolah sudah baik, dan pemanfaatannya dalam proses pembelajaran jarak jauh optimal tetapi masih ada beberapa kendala.Downloads
References
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Makassar: Kencana.
Kurniawan, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran di SMPN 5 Ponorogo, Jawa Timur. TEKNODIK. 23(1). 55-64.
Budiana, H. R., Dkk. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 4(1). 59-62.
Oman,dkk. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat E-Learning sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di SMA Nergeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 23(3). 332-337.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.