PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF BERBASIS PENDEKATAN TaRL BERBANTUAN KAHOOT PADA PEMBELAJARAN DI KELAS IV MIS BAITUR ROHMAN

Authors

  • Reskiya Reskiya Universitas Trunojoyo Madura
  • Ika Dian Rahmawati Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36251

Keywords:

Asesmen formatif, teaching at the right level, kahoot, pengembangan, IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan asesmen formatif berbasis pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan Kahoot pada pembelajaran IPA kelas IV MIS Baitur Rohman. Pengembangan dilakukan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Analisis data meliputi hasil validasi, uji kepraktisan, dan uji efektivitas produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa asesmen yang dikembangkan layak dan memenuhi kriteria kualitas instrumen. Validasi bahasa memperoleh skor 76,6% (kategori valid), validasi materi 90% (kategori sangat valid), dan validasi asesmen 89% (kategori sangat valid). Uji kepraktisan melalui angket respons siswa menunjukkan bahwa asesmen formatif berbantuan Kahoot sangat praktis digunakan dengan rata-rata skor 96,3%. Siswa menilai asesmen mudah dipahami, praktis untuk di kerjakan, dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Uji efektivitas dari analisis hasil belajar uji coba produk secara terbatas menunjukkan persentase 86,6%, yang berarti asesmen formatif berbasis TaRL berbantuan Kahoot efektif karena telah melampaui batas minimal ≤85%. Selain itu, ketuntasan belajar siswa mencapai 93,3%, juga melebihi KKM yang ditetapkan. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan TaRL mampu mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih tepat sasaran. Dengan demikian, asesmen formatif berbantuan Kahoot yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA kelas IV

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan e-LKPD untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII.I SMP Negeri 1 Kuta Utara. Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7–74. https://doi.org/10.1080/0969595980050102

Damayanti, R., & Dewi, D. A. (2021). Pemanfaatan media Kahoot! sebagai media evaluasi hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 27–35. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1297

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Halimatussakdiah, H., Zulkarnaini, Z., & Rahayu, R. (2023). Pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot! terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.29407/jpdn.v9i1.20045

Heritage, M. (2010). Formative Assessment: Making It Happen in the Classroom. Corwin Press.

Hermawati, T., & Solihin, R. (2023). Penggunaan media Kahoot! untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2), 112–121. https://doi.org/10.21009/jtp.v25i2.3231

Hidayat, A., Sari, N., & Putri, W. (2023). Pemanfaatan Kahoot! dalam pelatihan untuk meningkatkan partisipasi peserta. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 14(2), 88–97.

Irwan, I., Firdaus, F., & Kurniawan, A. (2019). Penerapan Kahoot! sebagai media pembelajaran interaktif di kelas. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(3), 101–109. https://doi.org/10.24036/jip.v7i3.230

Kemendikbud. (2023). Panduan Implementasi Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mayudana, I. K. (2020). Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran: Konsep dan Implementasi. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha.

Muzayanati, S., Hartati, L., & Yuliana, D. (2022). Pengaruh penggunaan Kahoot! terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 145–155. https://doi.org/10.26740/jpm.v11n2.p145-155

Nurhayah. (2023). Penerapan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik di SMPN 5 Duapanua Pinrang. Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Piaget, J. (2002). The Psychology of the Child. New York: Basic Books.

Popham, W. J. (2017). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know (8th ed.). Pearson.

Rismayanti, N., & Wahyuni, S. (2022). Penggunaan media Kahoot dalam evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JPTIK), 6(2), 134–141. https://doi.org/10.24114/jptik.v6i2.14567

S-3 Pendidikan Sains FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. (2025, 2 Juli). Teaching at the Right Level (TaRL): Pendekatan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. UNESA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukiyanto, S., Rahmad, R., & Siregar, D. (2023). Efektivitas penggunaan Kahoot! dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(1), 56–64. https://doi.org/10.33387/jipm.v12i1.20123

Suarti, N. W., & Astuti, N. K. A. (2023). Implementasi Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45–53.

Suryani, I. (2021). Pemanfaatan media berbasis Android dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 55–64. https://doi.org/10.21009/jtp.v10i1.1455

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis: University of Minnesota.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.

Downloads

Published

2025-12-13

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>