PENGARUH FILM ANIMASI OMAR DAN HANA DALAM KEMAMPUAN MENGENAL DOA HARIAN DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 3 ALAI KOTA PADANG

Authors

  • Mutiara Sukma Ireni Universitas Negeri Padang
  • Asdi Wirman Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35490

Keywords:

Kemampuan Mengenal Doa Harian, Film Animasi, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini didorong oleh belum maksimalnya kemampuan mengenal doa harian, yang terlihat saat kegiatan membaca doa bersama, sebagian anak kurang mampu merespon doa dan bagaimana cara mengucapkan lafal doa dengan baik dan benar ditandai dengan saat membaca doa anak hanya diam dan saling memandangi temannya. Selain itu, guru kurang bervariasi dalam memilih kegiatan untuk mengembangkan kemampuan mengenal doa harian anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh film animasi Omar dan Hana dalam kemampuan mengenal doa harian di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 3 Alai Kota Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain Quasi Eksperimen. Seluruh murid TK Kemala Bhayangkari 3 Alai Kota Padang dari kelas B1 hingga B6 yang berjumlah 90 anak menjadi populasi penelitian ini. Dari jumlah tersebut, kelas B1 dipilih sebagai kelompok kontrol dan kelas B3 sebagai kelompok eksperimen, masing-masing terdiri atas 15 anak. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t yang diolah lewat SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil uji t, kolom sig pada Levene’s Test for Equality of Variances memperlihatkan angka 0,070 > 0,05, yang berarti 0,000 < 0,05. Berdasar kriteria uji t, nilai sig di bawah 0,05 menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, film animasi Omar dan Hana terbukti memberi pengaruh terhadap kemampuan anak mengenali doa-doa harian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, N., Ali, M., & Miranda, D. (2013). Peningkatan aspek perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun tk al- ikhas ketapang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(8), 1–15.

Anisa, N., & Wathon, A. (2022). Implementasi Media Audiovisual Cerita Islami Untuk Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral (Nam) Pada Anak Usia Dini. Sistim Informasi Manajemen, 5(1), 71–91.

Hadiyanto, A., Effendi, M. R., Narulita, S., & Wajdi, F. (2020). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. . Fikra Publika.

Nurbaiti. (2024). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Hafalan Doa Sehari-Hari Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok Bermain Kasih Ibu Kecamatan Semparuk. Jurnal Lunggi: Jurnal Literasi Unggulan, 2(1), 89–96.

Sugiyono, P. Penelitian Pendekatan (2018). Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta.

Suryana. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. In Prenada media.

Wardati, L., Husna, N., Khairunisa, A., & Lubis, H. (2020). Pola kerjasama guru dan orang tua pada masa pandemi covid 19 di

RA Masjid Agung Medan Polonia. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 165–183

Downloads

Published

2025-11-05