STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DI MAN MALUKU TENGGARA

Authors

  • Muhlis Reniwuryaan Universitas Muslim Indonesia
  • Nurlaelah Universitas Muslim Indonesia
  • Subaedah Universitas Muslim Indonesia
  • Akhmad Syahid Universitas Muslim Indonesia
  • Ratika Nengsih Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35101

Keywords:

Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanggulangi kenakalan remaja di kelas X IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Maluku Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan remaja yang terjadi di MAN Maluku Tenggara tergolong kenakalan ringan seperti bolos, terlambat datang ke sekolah, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, mengganggu teman di kelas, merokok, serta menunjukkan perilaku kurang sopan terhadap guru maupun teman sebaya. Faktor penyebab munculnya kenakalan tersebut berasal dari lingkungan keluarga yang kurang memberikan perhatian, pengaruh negatif teman sebaya, serta lemahnya kontrol diri siswa. Adapun strategi guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja dilakukan melalui tiga pendekatan, yaitu strategi preventif dengan memberikan pembinaan akhlak dan kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah dan membaca Al-Qur’an; strategi kuratif dengan memberikan bimbingan dan nasihat kepada siswa yang bermasalah; serta strategi represif berupa penerapan sanksi yang bersifat mendidik serta kerja sama dengan wali kelas dan orang tua. Melalui penerapan ketiga strategi tersebut, kenakalan remaja di sekolah dapat diminimalisir dan karakter siswa menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, serta mencerminkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ermawita, Ermawita, Juliati Juliati, and Halisnawati Halisnawati. 2023. “Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Sebagai Solusi Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Di Sekolah Menengah.” Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 2(4):238–49. doi: https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i4.3977.

Khairi, Ahmad Imam. 2020. “Masyarakat Modern Dan Kenakalan Remaja: Suatu Telaah Sosial.” ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial 2(1):147–68. doi: https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i2.3243.

Khoiriyah, Nur Kholilah, Rahil Salsabila, Wieke Adinda Putri, and Benny Prasetiya. 2022. “Peran Guru PAI Terhadap Kenakalan Remaja Di SMAN 1 Kota Probolinggo.” AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 4(2):299–308. doi: https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.477.

Lutfya, Zahara, Imah Yulianti, and Linda Yarni. 2024. “Perkembangan Moral Remaja.” Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 3(3):108–19. doi: https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2851.

Mahesha, Abdi, Dinie Anggraeni, and Muhammad Irfan Adriansyah. 2024. “Mengungkap Kenakalan Remaja: Penyebab, Dampak, Dan Solusi.” Primer: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2(1):16–26. doi: https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.278.

Nurlaelah, Nurlaelah. 2023. “Upaya Sekolah Dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik Di SMP N 35 Makassar.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(3):5168–79. doi: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2700.

Purwanto, Ngalim. 2019. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putra, Ahda Tauchidi, Sauqi Futaqi, and Khotimatus Sholikhah. 2024. “Fenomena Kenakalan Remaja Dan Alternatif Penanggulangannya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Madrasah Aliyah Sabilul Muttaqin Margoagung Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro.” Jurnal Murid 1(3):211–20.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Sardipan, Aisya Apriliani, Muh Asri Hente, and Fitriani Ayuningtias. 2021. “Peranan Orang Tua Dalam Upaya Mengatasi Kenakalan Remaja Di Kelurahan Poboya Kecamatan Mantikulore Kota Palu.” Jurnal Kolaboratif Sains 4(4):211–15. doi: https://doi.org/10.56338/jks.v4i4.1830.

Situmorang, Yohanes Natanael, IAKN Tarutung, Albertus Hengka Nove, Renonsi Br. Manik, Jui Samarta Wani Giawa, Filia Hutauruk, and Daud Robin Pakpahan. 2024. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik: Studi Kasus Kenakalan Remaja.” 2024 4(2):10–18. doi: https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i2.13795.

Sunandar, Uus. 2021. “Peranan Tokoh Masyarakat Dan Kesadaran Orang Tua Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Di Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.” Jurnal Inovasi Penelitian 2(7):1995–2000.

Syahid, Akhmad, and Syamsul Bachri. 2020. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar.” Jurnal Ilmiah Islamic Resources 16(1):81–99.

Syaputra, Laode Daffa Valderama, Ali Mohtarom, Wiwin Fachrudin Yusuf, and Askhabul Kirom. 2024. “Peran Guru PAI Dalam Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di SMA Antartika Sidoarjo.” Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(4):386–98. doi: https://doi.org/10.71242/62pjb612.

Downloads

Published

2025-11-11