Pengaruh PENGARUH FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PENGUATAN ETIKA DIGITAL PESERTA DIDIK

Abstract, Abstrak,Pendahuluan,Metodologi,Hasil dan Pembahasan,Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka

Authors

  • Vina Nanda Sugesti UIN Raden Intan Lampung
  • Sulastri UIN Raden Intan Lampung
  • Muhammad Abdullah Sidiq UIN Raden Intan Lampung
  • Siti Zulaikha UIN Raden Intan Lampung
  • Syaiful Anwar UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35029

Keywords:

Etika Digital, Pendidikan Islam, Akhlak

Abstract

Penelitian ini membahas perubahan signifikan terhadap pola interaksi, proses pembelajaran, dan perilaku peserta didik yang telah  membawa perkembangan teknologi digital pada era modern. Penggunaan media digital memungkinkan peserta didik memperoleh informasi secara cepat membangun jejaring sosial yang luas, dan mengembangkan keterampilan baru serta akses terhadap internet. Khususnya dalam aspek etika penggunaan teknologi, kemajuan tersebut juga menghadirkan tantangan baru. Landasan moral dan spiritual yang kuat menunjukkan adanya kesenjangan antara penguasaan teknologi dengan fenomena seperti penyebaran hoaks, ujaran kebencian, pelanggaran privasi, serta perilaku tidak sopan di media sosial. Integral dari tujuan pendidikan dalam konteks pendidikan islam, tidak hanya dipandang sebagai aspek tambahan melainkan sebagai bagian penguatan etika peserta didik. Pada nilai-nilai tauhid, akhlak, dan keseimbangan antara akal serta wahyu memberikan kerangka konseptual yang berakar filsafat pendidikan islam. Dalam kehidupan nyata maupun ruang digital yang membimbing peserta didik untuk berperilaku etis baik nilai-nilai tersebut dapat menjadi pedoman moral.

 

            Dengan demikian, pembahasan mengenai etika digital menjadi relevan dan mendesak untuk dikaji dalam membentuk peran filsafat pendidikan islam. Meskipun berbagai penelitian telah membahas secara khusus mengaitkan nilai-nilai filsafat pendidikan Islam dengan penguatan etika digital masih terbatas kajian yang literasi digital dan pendidikan karakter. Oleh karena itu, penelitian ini khususnya dalam membentuk etika digital peserta didik di era modern dapat diimplementasikan dalam konteks pembelajaran berupaya untuk menganalisis secara mendalam bagaimana prinsip-prinsip dalam filsafat pendidikan islam. Kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Sugiyono. Metode Penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 15 ed. Bandung: Alfabeta, 2020.

Jurnal :

Abul Maqauli, Abdulloh. “Penerapan Lesson Study Guru Pai Menggunakan Discovery And Collaboration Learning.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol.4, no. N0.1 (2025). https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPAI/article/view/42290.

Ainia, Dela Khoirul. “Peran Etika Digital dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter di Era Digital.” PAKAR Pendidikan 22, no. 2 (4 Juli 2024): 127–35. https://doi.org/10.24036/pakar.v22i2.528.

Burhanuddin, Bintang Arif Samudra, Mat Amin, dan Salminawati. “Filsafat Pendidikan Islam di Era Digital: Membangun Karakter Religius di Tengah Arus Teknologi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan 3, no. 4 (26 Juni 2025): 5443–51. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.1434.

Farid, Miftah, Muhammad Iqbal Al-Kautsary, dan Asep Hilmi Muhamad Sidik. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an (Analisis Corak Tafsir Tarbawi dalam Qs. Luqman Ayat 12-19).” Jurnal Al-Qiyam 5, no. 1 (16 Februari 2024): 1–14. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v5i1.457.

Oranga, Josephine, dan Audrey Matere. “Qualitative Research: Essence, Types and Advantages.” OALib 10, no. 12 (2023): 1–9. https://doi.org/10.4236/oalib.1111001.

Viviana Fahira. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran.” Tadzakki: Jurnal Pembelajaran Agama Islam Vol.1, no. No.1 (2021). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jpai890/article/view/114799.

Zaimina, Ach. Barocky. “LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI ERA SOCIETY 5.0: ANALISIS PUSTAKA TEMATIK.” AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (23 November 2024): 199–208. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.1093.

Zamri, Fatin Nur Shahira, Adam Linoby, Nurul Diyana Sanuddin, Norlaila Azura Kosni, Nurul Nadiah Shahudin, dan Mohd Aizzat Adnan. “Elucidating the Effects of Single and Combine Fruit-Dervied Polyphenol Supplementation on High-Intensity Intermittent Performance.” International Journal of Research and Innovation in Social Science IX, no. I (2025): 4518–24. https://doi.org/10.47772/IJRISS.2025.9010345.

Downloads

Published

2025-11-12