METODE METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM NASKAH ARAB BIDAYATUL HIDAYAH: ANALISIS KUALITATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KLASIK
Abstract, Abstrak,Pendahuluan,Metodologi,Hasil dan Pembahasan,Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35095Keywords:
Pendidikan Islam, Bidayatul Hidayah, Pembentukan AkhlakAbstract
Penelitian ini membahas metode pendidikan Islam yang terdapat dalam naskah Arab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali sebagai pendekatan klasik yang memiliki relevansi penting terhadap pembentukan karakter dan moral peserta didik di era modern. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya meliputi aspek akidah, ibadah, dan akhlak yang berperan dalam membentuk manusia beriman, berilmu, dan beramal saleh. Melalui metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, bermain, dan hukuman edukatif, konsep pendidikan dalam karya tersebut menunjukkan keseimbangan antara dimensi spiritual dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap teks dan literatur yang berkaitan dengan pemikiran Al-Ghazali. Hasil kajian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip pendidikan klasik dalam Bidayatul Hidayah tetap relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan Islam masa kini, terutama dalam membentuk perilaku beradab dan berakhlak mulia. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori pendidikan Islam berbasis nilai-nilai tasawuf dan akhlak Al-Ghazali yang integratif dengan tantangan era modern.
Downloads
References
Buku :
Dr. Saifudin Amin, MA. Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arba’in An Nawawiyah. Diedit oleh MEI Dr. Abdurrahman Misno, 2021.
Jurnal :
Aisyah, Dewi, MuhammadZiyan Naufal, dan Syibromilisi Syibromilisi. “METODE TAZKIYAT AN-NAFS AL-GHAZALI DALAM PENDIDIKAN ISLAM UNTUK GENERASI MILENIAL.” Khulasah : Islamic Studies Journal 7, no. 2 (14 Juni 2025): 1–15. https://doi.org/10.55656/kisj.v7i2.330.
Bunaya, Bunaya, dan Ilham Abdul Jalil. “Character Transformation through Islamic Education: Literature Study of Al-Ghazali and Ibnu Miskawaih’s Thoughts.” Elementaria: Journal of Educational Research 2, no. 1 (7 Agustus 2024): 61–72. https://doi.org/10.61166/elm.v2i1.42.
Dewi Sri Wahyuni,Lilies N. Tangge, Afadil Afadil. “STUDI TENTANG DAMPAK PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MORAL TERHADAP PEMBENTUKAN KATAKTER PESERTA DIDIK: (SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW).” SOSPENDIS : Sosiologi Pendidikan Dan Pendidikan IPS Vol.2, no. No.01 (2024): Hal.130-137.
Dr. Saifudin Amin, MA. Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arba’in An Nawawiyah. Diedit oleh MEI Dr. Abdurrahman Misno, 2021.
Khusnul Khotimah, Ayu Novia Sari. “IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH DAN RELEVANSINYA PADA KONTEKS MODERNISASI.” JANUARI : AL-FURQAN : JURNAL AGAMA, SOSIAL, DAN BUDAYA Vol.3, no. No.1 (2024): Hal.165-180.
Rhoni Rodin, Wahyudi Putra, Sujirman Sujirman, Murni Yanto, Beni Azwar, Ifnaldi Ifnaldi. “PENDEKATAN KLASIK DALAM TEORI ORGANISASI DAN RELEVANSINYA DENGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM : SISTEMATIC REVIEW.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol.8, no. No.01 (2025): Hal. 353-366.
Rizky Gilang Kurniawan, S.Pd. Teori dan Metode Pembelajaran: Fondasi Teoretis dan Metodologis Menuju Transformasi Pembelajaran Modern. Lutfi Gilang, 2025.
Susi Susanti, Usiono. “SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: HAKIKAT METODE PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol.4, no. No.1 (2024): Hal.28-35.
Syed Salim Syed Shamsuddin, Muhammad Farid Wajdi Ab. Rahim, Mohammad Aizuddin Abdul Aziz. “TERMINOLOGI AL-IKHTIYĀR DALAM MAZHAB SYAFIE DAN PENENTUAN PENDAPAT MUKTAMAD: ANALISIS IKHTIYĀRĀT FIQHIYYAH IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB BIDĀYAT AL-HIDĀYAH.” LexForensica Vol.1, no. No.1 (2024): Hal.50-55.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















