PENGARUH ECOBRICK TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK SABBIHISMA 4 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34892Keywords:
Ecobrick, Kreativitas, Anak Usia DiniAbstract
Kreativitas merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki pada anak usia dini. Kreativitas anak usia dini ialah suatu proses kognitif yang berasal dari 4P yaitu pribadi, pendorong, proses, dan produk. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dalam pengembangan kemampuan kreativitas anak yaitu kegiatan ecobrick. Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum berkembangnya kreativitas pada anak, kurangnya kesempatan anak dalam menemukan ide-ide, serta media yang digunakan guru kurang menarik. Penelitian ini bertujuan guna melihat pengaruh kegiatan ecobrick terhadap kemampuan kreativitas anak usia dini di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian seluruh anak di taman kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling yaitu B5 dan B2 dengan jumlah masing-masing kelas terdiri dari 12 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Analisis data melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil dari pre-test dan post-test menunjukkan bahwa rata-rata gain score pada kelas eksperimen mencapai 9,75, sementara kelas kontrol hanya 6,75, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ecobrick memiliki pengaruh positif dalam mengembangkan kemampuan kreativitas anak usia dini.
Downloads
References
Aprilian, A. D., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis kreativitas anak usia 5–6 tahun ditinjau dari media ecobrick. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 78–87. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/2559
Duratussania, F. D., Halimatussa’diyah, D., & Alpian, Y. (2024). Menumbuhkan Budaya Hidup Bersih Siswa dengan Memanfaatkan Media Ecobrick di Sekolah Dasar. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(3), 517–523. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i3.1644
Mayar, F., Wahyuni, S., Mudaris, M., Ollyvia, G., & Mahdaleni, M. (2024). Mengasah kreativitas anak usia dini dari bahan Loose Parts. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nafisah, Aisyah Durrotun. 2022. Bunga Rampai Teori dan Praktik Bermain Untuk Anak Usia Dini. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Nurlina, F. U., Laali, S. A., Susilaningsih, C. Y., Yunita, Risnajayanti, Idhayani, N., Sudiyarti, Wahyuni, N. S., & Yulina, E. (2024). Pendidikan Anak Usia Dini (A. Asari, Ed.). PT MAFY Media Literasi Indonesia
Safi’i, A. (2019). Creative learning: Strategi pengembangan kreativitas anak berbakat. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta
Sumiyati. (2020). Upaya Meningkatkan Green Behaviour Melalui Pembuatan Ecobrick dari Sampah Anorganik di TK Al Hidayah Pasuruhan-Cilacap [Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak eUsia Dini Teori Dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Yuliani, A & Kristiana, D (2024). Penerapan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 11–23. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.18362
Yusiyaka, R. A., & Yanti, A. D. (2021). Ecobrick: Solusi Cerdas Dan Praktis Untuk Pengelolaan Sampah Plastik. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2),68. https://doi.org/10.19184/jlc.v5i2.30819
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















