ANALISIS PENGARUH METODE PENILAIAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MIPA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34223Keywords:
penilaian berbasis proyek, pemahaman konsep, MIPA, pembelajaran aktif, siswa SMPAbstract
Memahami konsep dalam pembelajaran MIPA merupakan landasan penting dalam membentuk pemikiran ilmiah dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Namun, kesulitan memahami konsep dasar masih menjadi tantangan besar di tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode penilaian berbasis proyek terhadap pemahaman konsep MIPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 Bekasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen, melibatkan dua kelas sebagai kelompok eksperimental dan kontrol, masing-masing berjumlah 30 siswa yang dipilih dengan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan kuesioner respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode penilaian berbasis proyek dan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional (p < 0,05). Siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematika dan ilmu pengetahuan alam sebesar 27% lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Sebagian besar siswa juga merespons positif metode ini karena memberikan pengalaman belajar kontekstual dan kolaboratif. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa penilaian berbasis proyek efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep dan motivasi belajar.
Downloads
References
Aseptianova, A., Nawawi, S., & Pesisa, L. (2019). Analisis pemahaman konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 4 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 59–65.
Dewi, S. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 204–215.
Faizin, A., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2021). Penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran berbasis proyek. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 3(1).
Janah, F. R., & Hidayati, S. N. (2025). Analisis pemahaman konsep IPA siswa SMP di Surabaya. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1), 204–209.
Nisa, A. R. K., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dalam PJJ terhadap pemahaman materi. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(1), 61–66.
Pratiwi, B. A., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pembelajaran diferensiasi berbasis proyek untuk pengembangan keterampilan menulis di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 212–221.
Pratiwi, N. K. R. (2022). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis multirepresentasi terhadap pemahaman konsep siswa SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 359–366.
Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk membantu siswa berpikir kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43–54.
Suhandi, A., Sinaga, P., Kaniawati, I., & Suhendi, E. (2009). Efektivitas media simulasi virtual pada pendekatan pembelajaran konseptual interaktif. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 35–48.
Taliak, J., Al Farisi, T., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi efektivitas metode pembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan kreativitas siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583–589.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.