EFEKTIVITAS DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD AL-ZAYTUN

Authors

  • Muhamad Rizki Mubarok Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Henri Peranginangin Tanjung Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34130

Keywords:

Learning outcomes, role of the group discussion method, Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang Efektivitas Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Pokok masalah pertama dari penelitian ini yaitu efektivitas diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun. Pokok masalah yang kedua yaitu diskusi kelompok berlangsung dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah efektivitas diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun dan diskusi kelompok berlangsung dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara kepada guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan pengisian lembar soal kepada siswa kelas VB07 MI Al-Zaytun serta observasi pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa hasil belajar siswa pada saat pembelajaran sebelum menggunakan metode diskusi kelompok terbukti hasil belajarnya kurang. Yang dimana memperoleh rata-rata 68,18. Sedangkan hasil belajar pada saat menggunakan diskusi kelompok memperoleh rata-rata 85,90. Data pendukung lainnya yaitu dengan wawancara oleh guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jadi terbukti bahwa pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keefektivitasan diskusi kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Zaytun, M. (2020). Pusat Pendidikan Pengembangan Budaya Toleransi dan Perdamaian Menuju Masyarakat Sehat, Cerdas, dan Manusiawi. Retrieved from https://www.al-zaytun.sch.id/index.html

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Jawa timur: Zifatama Publisher.

Murdiyanto, E. (2020). METODE PENELITIAN (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Nilacakra.

Ganesha, I. G. (2023). Learning Science with Numbered Heads Together (NHT) based on Growth Mindset Improving Science Literacy and Learning Agility of Elementary School Students. Pegem Journal of Education and Instruction, 13, 4.

Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan, 652–656.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan dan Sains, volume 02, no 3.

Najichun, M., & Winarso, W. (2016). Hubungan Persepsi Siswa tentang Guru Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Psikologi Undip, Vol.15 No.2.

Nurhayati, R., Suranto, & Astuti Dwiningrum, S. I. (2023). The Effect of Innovative Learning on Student Achievement in Indonesia: A Meta-Analysis. Pegem Journal of Education and Instruction, Vol. 13, No. 3.

Ule, M. Y., Kusumaningtyas, L. E., & Widyaningrum, R. (2023). Studi Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah.

Downloads

Published

2025-10-16

Most read articles by the same author(s)