PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD DI GUGUS I KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33830Keywords:
Kurkkilum merdeka, hasil belajar,matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan observasi. Instrumen angket berisi 30 butir pernyataan yang diisi oleh 77 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan respons positif terhadap penerapan Kurikulum Merdeka dan memiliki hasil belajar yang tergolong tinggi. Penerapan Kurikulum Merdeka terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif, serta pemahaman siswa terhadap materi matematika melalui pendekatan pembelajaran yang fleksibel, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan uji korelasi Pearson, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,442 dengan signifikansi p = 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan Kurikulum Merdeka dan hasil belajar siswa. Kurikulum Merdeka mampu meningkatkan keterampilan dan kebiasaan peserta didik dalam pembelajaran, pengetahuan dan kesiapan pembelajaran, metode mengajar guru, serta meningkatkan sikap baik peserta didik pada lingkungan sosial keluarga, sekolah maupun masyarakat.Downloads
References
Arum, N. (2023). Pengaruh
penerapan Kurikulum Merdeka
terhadap hasil belajar matematika
kelas IV SDIT Hidayah Ckper
tahun pelajaran 2023/2024. Jurnal
Pendidikan Dasar, 11(2), 101–110.
Damayanti, S. A. (2024). Efektivitas
media pembelajaran dan respon
guru serta siswa terhadap produk
media pembelajaran diukur
menggunakan angket. Pendas:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
9(4), 679-695.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis
Multivariate dengan Program IBM
SPSS 23 (Edisi 8). Semarang:
Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Haryono (2015). Filsafat Matematika:
Suatu Tinjauan Epistemologi dan
Filosofis. Bandung: Alfabeta.
Norlina, Safrihady, & Dewi Mariana.
(2023). Pengaruh Implementasi
Kurikulum Merdeka terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Matematika Kelas V SD Negeri 26
Singkawang. Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 10(2).
Nurajijah, M., Khaerunnisa, E., &
Hadi, C. A. F. S. (2023).
Kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa berdasarkan
Teori APOS pada materi program
linear. Jurnal Educatio FKIP
UNMA, 9(2), 785–797.
Oktaviani, S., & Ramayanti, F.
(2023). Analisis kesiapan sekolah
dalam mengimplementasikan
Kurikulum Merdeka Belajar di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,
7(3), 1454–1460.
Rahmadi, I. (2015). Kemampuan
pemecahan masalah matematis
siswa dan upaya
meningkatkannya. Jurnal
Pendidikan Matematika, 9(1), 15–
25.
Rizal, M., Tayeb, T., & Latuconsina,
N. (2016). Kemampuan
pemecahan masalah dan
komunikasi matematis siswadalam pembelajaran. Jurnal
Pendidikan Matematika, 7(2), 45–
56.
Salsabila, Fatma Mayzatul Azura, &
Febri Muhamar (2024). Sejauh
mana siswa/i memahami
matematika. Effect: Jurnal Kajian
Konseling, 2(2), artikel 224.
Sariningsih, N., Safrihady, & Mariana,
D. (2023). Pengaruh implementasi
Kurikulum Merdeka terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran
Matematika kelas V SD Negeri 26
Singkawang. Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 10(2)
Sugiyono. (2019). Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Alfabeta: Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.