PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD DI GUGUS I KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Authors

  • Tegar madani Universitas Mataram
  • Muhammad Turmuzi Universitas Mataram
  • Baiq Yuni Wahyuningsih Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33830

Keywords:

Kurkkilum merdeka, hasil belajar,matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan observasi. Instrumen angket berisi 30 butir pernyataan yang diisi oleh 77 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan respons positif terhadap penerapan Kurikulum Merdeka dan memiliki hasil belajar yang tergolong tinggi. Penerapan Kurikulum Merdeka terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif, serta pemahaman siswa terhadap materi matematika melalui pendekatan pembelajaran yang fleksibel, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan uji korelasi Pearson, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,442 dengan signifikansi p = 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan Kurikulum Merdeka dan hasil belajar siswa. Kurikulum Merdeka mampu meningkatkan keterampilan dan kebiasaan peserta didik dalam pembelajaran, pengetahuan dan kesiapan pembelajaran, metode mengajar guru, serta meningkatkan sikap baik peserta didik pada lingkungan sosial keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arum, N. (2023). Pengaruh

penerapan Kurikulum Merdeka

terhadap hasil belajar matematika

kelas IV SDIT Hidayah Ckper

tahun pelajaran 2023/2024. Jurnal

Pendidikan Dasar, 11(2), 101–110.

Damayanti, S. A. (2024). Efektivitas

media pembelajaran dan respon

guru serta siswa terhadap produk

media pembelajaran diukur

menggunakan angket. Pendas:

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

9(4), 679-695.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis

Multivariate dengan Program IBM

SPSS 23 (Edisi 8). Semarang:

Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Haryono (2015). Filsafat Matematika:

Suatu Tinjauan Epistemologi dan

Filosofis. Bandung: Alfabeta.

Norlina, Safrihady, & Dewi Mariana.

(2023). Pengaruh Implementasi

Kurikulum Merdeka terhadap Hasil

Belajar Siswa pada Mata Pelajaran

Matematika Kelas V SD Negeri 26

Singkawang. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 10(2).

Nurajijah, M., Khaerunnisa, E., &

Hadi, C. A. F. S. (2023).

Kemampuan pemahaman konsep

matematis siswa berdasarkan

Teori APOS pada materi program

linear. Jurnal Educatio FKIP

UNMA, 9(2), 785–797.

Oktaviani, S., & Ramayanti, F.

(2023). Analisis kesiapan sekolah

dalam mengimplementasikan

Kurikulum Merdeka Belajar di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,

7(3), 1454–1460.

Rahmadi, I. (2015). Kemampuan

pemecahan masalah matematis

siswa dan upaya

meningkatkannya. Jurnal

Pendidikan Matematika, 9(1), 15–

25.

Rizal, M., Tayeb, T., & Latuconsina,

N. (2016). Kemampuan

pemecahan masalah dan

komunikasi matematis siswadalam pembelajaran. Jurnal

Pendidikan Matematika, 7(2), 45–

56.

Salsabila, Fatma Mayzatul Azura, &

Febri Muhamar (2024). Sejauh

mana siswa/i memahami

matematika. Effect: Jurnal Kajian

Konseling, 2(2), artikel 224.

Sariningsih, N., Safrihady, & Mariana,

D. (2023). Pengaruh implementasi

Kurikulum Merdeka terhadap hasil

belajar siswa pada mata pelajaran

Matematika kelas V SD Negeri 26

Singkawang. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 10(2)

Sugiyono. (2019). Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Alfabeta: Bandung

Downloads

Published

2025-10-01