EFEKTIFITAS PPL MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI RA AL HASANAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33432Keywords:
PPL mahasiswa, sosial emosional, anak usia dini, efektivitasAbstract
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa di lembaga PAUDmemiliki kontribusi penting dalam mengembangkan keterampilan anak, khususnyapada aspek sosial emosional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnyapembelajaran yang mampu menumbuhkan rasa percaya diri, kemandirian, sertakemampuan berinteraksi anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untukmenganalisis efektivitas PPL mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan sosialemosional anak di RA Al Hasanah. Penelitian menggunakan metode kualitatifdeskriptif dengan subjek 20 anak usia dini. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi selama kegiatan PPL berlangsung. Analisisdilakukan dengan membandingkan perkembangan anak sebelum dan sesudahkegiatan PPL.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan padaaspek sosial emosional anak. Sebanyak 70% anak menunjukkan peningkatankepercayaan diri, 65% anak lebih aktif berinteraksi dengan teman sebaya, 60%anak mampu mengelola emosi dengan baik, dan 75% anak mulai menunjukkansikap empati. Secara keseluruhan, 68% dari 20 anak mengalami perkembangansosial emosional yang lebih baik setelah adanya kegiatan PPLmahasiswa.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa PPL mahasiswa efektif dalammengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di RA Al Hasanah.Program ini tidak hanya bermanfaat bagi anak, tetapi juga menjadi pengalamannyata bagi mahasiswa dalam menerapkan teori pembelajaran anak usia dini kedalam praktik.Downloads
References
Andayani, D. (2020). Perkembangan
Sosial Emosional Anak Usia
Dini. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Astuti, S. (2019). Pengaruh Pola Asuh
terhadap Perkembangan
Emosi Anak. Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 5(2), 112–121.
Creswell, J. W. (2018). Research
Design: Qualitative,
Quantitative, and Mixed
Methods Approaches (5th ed.).
Los Angeles: SAGE
Publications.
Gunawan, I. (2021). Metode
Penelitian Kualitatif dalam
Pendidikan. Malang:
Universitas Negeri Malang
Press.
Hurlock, E. B. (2015). Perkembangan
Anak. Jakarta: Erlangga.
Hidayat, R. (2022). Perkembangan
Sosial Emosional Anak Usia
Dini. Bandung: Alfabeta.
Hidayati, R. (2022). Psikologi
Perkembangan Anak Usia Dini.
Bandung: Alfabeta.
Kurniasih, I. (2020). Strategi Guru
dalam Mengembangkan
Kecerdasan Emosional Anak.
Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini,
4(2), 389–400.
Lestari, S. (2018). Hubungan Interaksi
Teman Sebaya dengan
Perkembangan Sosial Anak.
PAUDIA: Jurnal Penelitian
dalam Bidang Pendidikan Anak
Usia Dini, 7(1), 45–55.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Musfiroh, T. (2017). Perkembangan
Sosial Emosional Anak Usia
Dini. Yogyakarta: UNY Press.
Nugraha, A. (2019). Empati Anak Usia
Dini dalam Interaksi Sosial.
Golden Age: Jurnal Ilmiah
Tumbuh Kembang Anak Usia
Dini, 4(2), 56–65.
Papalia, D. E., Olds, S. W., &
Feldman, R. D. (2016). Human
Development (13th ed.). New
York: McGraw-Hill.
Putri, A. R. (2021). Program PPL
Mahasiswa dalam
Pengembangan Karakter Anak
Usia Dini. Jurnal Pendidikan
Islam Anak Usia Dini, 6(1), 22–
33.
Pratiwi, D. (2021). Implementasi PPL
Mahasiswa dalam
Pembelajaran Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Deepublish.
Rahayu, N. (2022). Peran Mahasiswa
PPL dalam Meningkatkan
Kualitas Pendidikan Anak Usia
Dini. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Sari, L. (2021). Pengembangan Sosial
Emosional Anak Usia Dini.
Jakarta: Kencana.Santrock, J. W. (2018). Life-Span
Development (16th ed.). New
York: McGraw-Hill Education.
Setiawan, R. (2019). Peningkatan
Percaya Diri Anak melalui
Bermain Peran. Jurnal PAUD
Teratai, 8(2), 88–97.
Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-
faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2018). Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: PT Indeks.
Syafril, M. (2021). Kegiatan KKN
Mahasiswa dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan
Masyarakat. Jurnal Ilmiah
Pengabdian kepada
Masyarakat, 5(1), 77–89.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in
Society: The Development of
Higher Psychological
Processes. Cambridge, MA:
Harvard University Press.
Yuliani, S. (2020). Hubungan Antara
Kemampuan Mengelola Emosi
dengan Interaksi Sosial Anak.
Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 9(1), 34–44
Wahyuni, S. (2021). Pendidikan Anak
Usia Dini: Teori dan Praktik di
Era Modern. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.