EFEKTIFITAS PPL MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI RA AL HASANAH

Authors

  • Sunimaryanti STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Lesis Andre STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Dika Rama Y STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Wenny Septiana Valin STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Linda Sari STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Dika Febriani STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Riska Syafrianti STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Leziana STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Fifi Andika Sari STITNU Sakinah Dharmasraya
  • Sri Wahyu Rezki STITNU Sakinah Dharmasraya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33432

Keywords:

PPL mahasiswa, sosial emosional, anak usia dini, efektivitas

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa di lembaga PAUDmemiliki kontribusi penting dalam mengembangkan keterampilan anak, khususnyapada aspek sosial emosional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnyapembelajaran yang mampu menumbuhkan rasa percaya diri, kemandirian, sertakemampuan berinteraksi anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untukmenganalisis efektivitas PPL mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan sosialemosional anak di RA Al Hasanah. Penelitian menggunakan metode kualitatifdeskriptif dengan subjek 20 anak usia dini. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi selama kegiatan PPL berlangsung. Analisisdilakukan dengan membandingkan perkembangan anak sebelum dan sesudahkegiatan PPL.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan padaaspek sosial emosional anak. Sebanyak 70% anak menunjukkan peningkatankepercayaan diri, 65% anak lebih aktif berinteraksi dengan teman sebaya, 60%anak mampu mengelola emosi dengan baik, dan 75% anak mulai menunjukkansikap empati. Secara keseluruhan, 68% dari 20 anak mengalami perkembangansosial emosional yang lebih baik setelah adanya kegiatan PPLmahasiswa.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa PPL mahasiswa efektif dalammengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di RA Al Hasanah.Program ini tidak hanya bermanfaat bagi anak, tetapi juga menjadi pengalamannyata bagi mahasiswa dalam menerapkan teori pembelajaran anak usia dini kedalam praktik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, D. (2020). Perkembangan

Sosial Emosional Anak Usia

Dini. Jakarta: Prenadamedia

Group.

Astuti, S. (2019). Pengaruh Pola Asuh

terhadap Perkembangan

Emosi Anak. Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 5(2), 112–121.

Creswell, J. W. (2018). Research

Design: Qualitative,

Quantitative, and Mixed

Methods Approaches (5th ed.).

Los Angeles: SAGE

Publications.

Gunawan, I. (2021). Metode

Penelitian Kualitatif dalam

Pendidikan. Malang:

Universitas Negeri Malang

Press.

Hurlock, E. B. (2015). Perkembangan

Anak. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, R. (2022). Perkembangan

Sosial Emosional Anak Usia

Dini. Bandung: Alfabeta.

Hidayati, R. (2022). Psikologi

Perkembangan Anak Usia Dini.

Bandung: Alfabeta.

Kurniasih, I. (2020). Strategi Guru

dalam Mengembangkan

Kecerdasan Emosional Anak.

Jurnal Obsesi: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini,

4(2), 389–400.

Lestari, S. (2018). Hubungan Interaksi

Teman Sebaya dengan

Perkembangan Sosial Anak.

PAUDIA: Jurnal Penelitian

dalam Bidang Pendidikan Anak

Usia Dini, 7(1), 45–55.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, T. (2017). Perkembangan

Sosial Emosional Anak Usia

Dini. Yogyakarta: UNY Press.

Nugraha, A. (2019). Empati Anak Usia

Dini dalam Interaksi Sosial.

Golden Age: Jurnal Ilmiah

Tumbuh Kembang Anak Usia

Dini, 4(2), 56–65.

Papalia, D. E., Olds, S. W., &

Feldman, R. D. (2016). Human

Development (13th ed.). New

York: McGraw-Hill.

Putri, A. R. (2021). Program PPL

Mahasiswa dalam

Pengembangan Karakter Anak

Usia Dini. Jurnal Pendidikan

Islam Anak Usia Dini, 6(1), 22–

33.

Pratiwi, D. (2021). Implementasi PPL

Mahasiswa dalam

Pembelajaran Anak Usia Dini.

Yogyakarta: Deepublish.

Rahayu, N. (2022). Peran Mahasiswa

PPL dalam Meningkatkan

Kualitas Pendidikan Anak Usia

Dini. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sari, L. (2021). Pengembangan Sosial

Emosional Anak Usia Dini.

Jakarta: Kencana.Santrock, J. W. (2018). Life-Span

Development (16th ed.). New

York: McGraw-Hill Education.

Setiawan, R. (2019). Peningkatan

Percaya Diri Anak melalui

Bermain Peran. Jurnal PAUD

Teratai, 8(2), 88–97.

Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-

faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2018). Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini.

Jakarta: PT Indeks.

Syafril, M. (2021). Kegiatan KKN

Mahasiswa dalam

Meningkatkan Mutu Pendidikan

Masyarakat. Jurnal Ilmiah

Pengabdian kepada

Masyarakat, 5(1), 77–89.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in

Society: The Development of

Higher Psychological

Processes. Cambridge, MA:

Harvard University Press.

Yuliani, S. (2020). Hubungan Antara

Kemampuan Mengelola Emosi

dengan Interaksi Sosial Anak.

Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 9(1), 34–44

Wahyuni, S. (2021). Pendidikan Anak

Usia Dini: Teori dan Praktik di

Era Modern. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-09-13