IMPLEMENTASI PERMAINAN JALAN-JALAN BERBASIS FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33215Keywords:
permainan edukatif, flashcard, pemahaman konsep, matematika, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi permainan "Jalan-Jalan Matematika" berbasis flashcard terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas I Sekolah Dasar. Penelitian dilaksanakan di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen matching only, yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (30 siswa) yang diberi perlakuan dengan permainan “Jalan-Jalan Matematika” berbasis flashcard dan kelompok kontrol (30 siswa) yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, post-test, observasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, n-Gain, serta uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan pemahaman konsep matematika dengan rata-rata skor post-test lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil uji n-Gain menunjukkan peningkatan pada kategori sedang hingga tinggi. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran melalui permainan berbasis flashcard sangat positif, di mana siswa lebih termotivasi, aktif, dan antusias. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan “Jalan-Jalan Matematika” berbasis flashcard berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas I Sekolah Dasar.Downloads
References
Alpansyah, & Hashim, A. T. (2021). Kuasi Eksperimen: Teori Dan Penerapan Dalam Penelitian Desain Pembelajaran (Guepedia, Ed.). Guepedia.
Warmansyah, J., Utami, T., Faridy, F., Syarfina, Marini, T., & Ashari, N. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (A. Ulinnuha & Tarmizi, Eds.). PT Bumi Aksara.
Yolanda, D. D. (2020). Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Discovery Learning (Guepedia, Ed.). Guepedia.
Jurnal :
Astuti, N. D., & Pctaviani, S. (2023). Meningkatkan Hasil Matematika Melalui Pembelajaran Belajar Model Matematika Realistik Berbasis Teori Belajar Bruner. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 571–575.
Siregar, E. B., Hidayah, N., Karo, B., Samosir, D., Rajagukguk, W., & Medan, U. N. (2024). Kualitas Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 34–50.
Wahyu Hidayat, P. (2018). Analisis Profil Minat Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Matematika Sd Pada Mahasiswa S1 Pgsd Stkip Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal LEMMA, 4(2), 62–74.
Hodgson, J., & Weil, J. (2011). Commentary: how individual and profession-level factors influence discussion of disability in prenatal genetic counseling. Journal of Genetic Counseling, 1-3.
Fariq, A. (2011). Perkembangan dunia konseling memasuki era grobalisasi. Pedagogi, II Nov 2011(Universitas Negeri Padang), 255-262.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.