PEMBINAAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI EDUKASI AGAMA ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA

Authors

  • Selpi Indramaya Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33058

Abstract

Tujuan penulisan tulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui berkenaan dengan pembinaan kecerdasan emosional anak melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di Keluarga. Keluarga  adalah lembaga pendidikan pertama dan utama bagi anak manusia. Guru pertama anak manusia adalah ibunya sebab suara pertama yang didengarnya adalah detak jantung ibunya lalu suara yang dikeluarkan ibunya. Kemudian ayah adalah orang yang sangat berperan terhadap kejiwaan anaknya dimasa depan sehingga orangtua mesti harus mampu memberikan pembelajaran yang baik dan benar semenjak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwizra, A., Sar’an, S., Oktarina, R., Ikhwandri, I., Adrianto, A., & Roza, Y. (2023). Keluarga sebagai lembaga pendidikan pada masa Rasulullah. Jurnal Menata: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 40–49.

Azwar, S. (2020). Metode Penelitian: Yogyakarta. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Burhanudin, Y. (1999). Kesehatan Mental, Cet. 1. Bandung: Pustaka Mulia.

Dewi, N. (2015). Pembinaan Kecerdasan Spiritual Anak Dalam Keluarga. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 20–38.

Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam menyikapi bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Jarbi, M. (2021). Tanggungjawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendais, 3(2), 128.

Kemenag. (2021). Al-Qur’an Terjemahan.

Kountur, R. (2018). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. Ppm.

Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). Peran orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53–62.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi).

Nisa, A. W. C., & Susandi, A. (2021). Kontribusi Pendidikan Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(02), 154–170.

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.

Rahmi, S. (2021). Kerja Sama Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik di Sekolah. AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16(2).

Ramli, R., & Prianto, N. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 14–29.

Sari, L. W. (2023). PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI DESA TABA KELINTANG KECAMATAN BATIKNAU KABUPATEN BENGKULU UTAR. UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

Sugiyono. (2022). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Downloads

Published

2025-09-23