STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI MI ISKANDAR MUDA BATAM

Authors

  • Selpi Indramaya Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33045

Keywords:

strategi pembelajaran, pendidikan agama islam, efektivitas pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diterapkan di MI Iskandar Muda Batam, serta menganalisis faktor pendukung, faktor penghambat, dan efektivitas penerapannya terhadap hasil belajar siswa. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya strategi pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan pemahaman konsep agama, pembentukan karakter religius, dan motivasi belajar peserta didik di tingkat madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan belajar mengajar, wawancara dengan guru PAI, kepala madrasah, dan beberapa siswa, serta studi dokumentasi terhadap perangkat pembelajaran dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di MI Iskandar Muda Batam menggunakan berbagai strategi, antara lain ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemanfaatan media sederhana seperti papan tulis serta alat peraga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abnisa, A. P. (2024). Peranan Motivasi Belajar PAI Siswa Melalui Metode Tanya Jawab di SMAN 6 Tangerang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 375–380. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2066

Arikunto, S. (2022). Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta. Jurnal EMBA, 1(3).

Asfiana, A., Fitriyani, F., & Rokhimawan, M. A. (2024). Analisis Tantangan dan Kelebihan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 187–193. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1215

Asrori, A., & Saputro, R. D. A. (2025). The Relationship between Differentiated Instruction and Academic Achievement in the Teaching of Islamic Education under Indonesia’s Independent Curriculum. Al-Mudarris: Journal Of Education, 8(1), 82–99.

Fehbrina, N., & Ritonga, A. A. (2024). Kreativitas Guru PAI dalam Menerapkan Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Instructional Development Journal, 7(1), 107. https://doi.org/10.24014/idj.v7i1.29767

Firmansyah, M. I., Surahman, C., Lestari, W., Septiani, S., & Sudaryat, M. R. (2023). Pendidikan Agama Islam dan Pembangunan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Eksplorasi. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(1), 46–58. https://doi.org/10.32729/edukasi.v21i1.1378

Furqon, Z., & Haryanti, E. (2024). Differentiated Learning Strategies: Tailoring Islamic Education to Meet Diverse Student Needs. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 4(2), 109–122.

Hanif Al-Fikri Budiman, I., Ilmanun, L., Vita Puri Dalimunthe, W., Putri, A., Adelia, T., Aramitha Lubis, S., & Luthfiyah, A. (2023). Analisis Proses Pembelajaran dan Sarana Prasarana Madrasah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31985–31992. Retrieved from https://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation/article/view/1574,

Harahap, L. R., & Darlis, A. (2025). Teachers ’ Creativity in Teaching Islamic Education to Improve Students ’ Learning Discipline in Elementary Schools. 10(2), 516–531.

Hasmiza, H., & Humaidi, M. N. (2023). Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digitalisasi. Research and Development Journal of Education, 9(1), 97. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13928

Ihwanah, A., Idi, A., Karoma, K., Afifah, N., & Diana. (2024). Character Building Through Differentiated Learning of Islamic Religious Education in the Digital Era. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 29(2), 178–192. https://doi.org/10.19109/td.v29i2.24890

Khairullah Khairullah, & Erwan Yusuf. (2024). Strategi Pengajaran Pendidikan Agama Islam yang Efektif di Madrasah Ibtidaiyah Ihya Ulumiddin Banjarmasin: Perspektif Guru. Akhlak : Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 1(3), 01–10. https://doi.org/10.61132/akhlak.v1i3.85

Kusmawati, H., Noor Fajri, L., Fauzan, M., & Asyhari, M. (2023). Problematika Madrasah dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, Vol 2(1), 275–278.

Maimanah, M., Masfufah, & Majid, A. B. A. (2025). EDUSOSHUM Journal of Islamic Education and Social Humanities Implementation of Technology-Enhanced Learning Media Based on Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) to Improve Student Engagement in PAI Learning. Journal of Islamic Education and Social Humanities, 5(1), 74–83.

Moleong, J. (2022). Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif Cetakan keduapuluh dua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, G., Rahmawati, S., Saepudin, A., & Suhardini, A. D. (2024). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MEDIA SMART BOX PADA MATA PELAJARAN PAI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 231–245.

Nurdin, Z. (2023). TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah. Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 02(01), 1–19.

Nurhayati. (2023). DETERMINASI KINERJA GURU : PENGEMBANGAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Jurnal Mumtaz Juli, 3(2), 106–116.

Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.

Prasetyo, A., & Sadad, R. (2025). PERAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR MADRASAH IBTIDAIYAH. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02).

Rohmiati, E. (2025). The Use of Digital Media in Learning Islamic Religious Education: Opportunities and Challenges. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 14(1), 33–45. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v14i1.1952

Rosita, D., Prabowo, F., & Istiningsih. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 284–298.

Saldana, M. B. M. A. M. H. J. (1 C.E.). Qualitatif Analisys Data. Universitas Negeri Arizona.

Salsabila, R., & Yusuf, I. (2024). View of Pengaruh Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 013 Balikpapan Barat. 8, 35349–35356. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/19184/13843

Siti Shoimah, & Khuriyah, K. (2024). Strategi Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Congol. Khazanah Akademia, 8(01), 14–25. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v8i01.296

Subairi, A., Karim, N., & Zaitun. (2024). Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keagamaan, 21(1), 512–526. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.

Sugiyono. (2022). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Yantika, A. V., Al Khansa, E., Adib, M., Armayoga, B., Zulaikhah, S., & Syafe’i, I. (2025). KONSEP DASAR STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN PAI DI SD/MI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 123–144.

Zahro, N. F. (2025). Kendala Dan Solusi Dalam Pengajaran Pendidikan Islam Di Sekolah Dasar Negeri. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 12(1), 446–455.

Zulfa, S. (2024). Application of Problem Based Learning Model to Improve Learning Outcomes of Al-Qur ’ an and Hadith , Generous and Miserly Materials at Madrasah Tsanawiyah. Research Journal On Teacher Professional Development, 2(2).

Downloads

Published

2025-09-11