Penggunaan Game Clash Of Champions Sebagai Evaluasi Pembelajaran IPAS Materi Peta Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32981Keywords:
Clash of champions, evaluasi pembelajaran, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan game clash of champions sebagai evaluasi pembelajaran IPAS materi peta kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest Design yaitu penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja yang dipilih secara random. Instrument yang digunakan berupa tes. Hasil menunjukan adanya peningkatan sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan berupa game clash of champions sebagai evaluasi pembelajaran IPAS materi pet akelas IV sekolah dasar. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukan bahwa nilai rata-rata post test lebih besar dari rata-rata pre test. Rata-rata post test sebesar 81,10 yang berada pada kategori cukup baik, dan rata-rata pre test 63,00 yang berada pada kategori cukup. Hasil perhitungan N-Gain menunjukan bahwa nilai rata-rata 60,50 dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan game clash of champions sebagai evaluasi pembelajaran IPAS materi pet akelas IV efektif digunakan dan dapat dijadikan alternatif baru dalam evaluasi pembelajaran.
Keywords: Clash of champions, evaluasi pembelajaran, IPAS
Downloads
References
A.M.Irfan Taufan Asfar, A.M.Iqbal Akbar Asfar, M. F. H. (2019). Teori Behaviorisme.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT. Rineka Cipta.
Asrul, Hasan Saragih, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran (A. Yunus (ed.); 1st ed.). Perdana Publishing.
Erlisnawati. (2016). Masalah Motivasi Belajar Siswa SD Pada IPS. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 89–97.
Guslinda, G., & Witri, G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 1(1), 1. https://doi.org/10.31258/jta.v1i1.1-13
Khairudin, M. (2014). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Game Class Of Champions Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(1), 36–45.
Moh. Eko Nasrulloh, N. M. I. A. (2016). Meningkatkan Keterlibatan Siswa Melalui Pembelajaran Proyek. 6(2), 1–23.
Noviana Eddy, M. N. H. (2018). Penerapan Model Pembelaaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204–210.
Nur’Aini, I. (2022). Penerapan Edutainment Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Tawadhu, 6(1), 22–35.
Nur Aidila Fitria, Muhammad Yoga Julyanur, & Eka Widyanti. (2024). Langkah-langkah Evaluasi Pembelajaran. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 285–294. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1572
Putri, F., Zakir, S., Djambek, D., Alamat, B., Kampus, :, Jalan, I. I., Aur, G., Putih, K., Agam, K., & Barat, S. (2023). Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 172–180. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i4.1783
Rima, L., Bahasa, J. P., & Vol, S. I. (2021). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 10 No. 1 Januari 2021 http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm. 10(1), 55–63.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Dr. Nuryono April (ed.); 3rd ed.). ALFABETA, cv.
Sugiyono, P. D. (2021). Metode Penelitian Pendidikan(Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan (M. . Dr. Nuryanto Apri S.Pd, S.T. (ed.); ke-3). ALFABETA, cv.
Vani Mar’atul Jannah, Luthfiyati Nurafifah, A. S. (2024). Metode team games tournament berbasis clash of champions untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi. 23, 44–54.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















