PENGARUH STRATEGI THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SDN 024 TARAI BANGUN

Authors

  • Lisa Oktafindari Universitas Riau
  • Eddy Noviana Universitas Riau
  • Munjiatun Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38241

Keywords:

The Power of Two, learning outcomes, PPKn, collaborative learning.

Abstract

This study aims to determine the effect of The Power of Two learning strategy on students’ learning outcomes in Pancasila and Civic Education (PPKn) among fourth-grade students at SDN 024 Tarai Bangun. This research employed a quantitative approach using a quasi-experimental method with a Nonequivalent Control Group Design. The samples consisted of two classes: the experimental class that received learning through The Power of Two strategy and the control class that was taught using conventional methods. Data were collected through pretest and posttest instruments. The results of the independent sample t-test showed a significance value of 0.006 < 0.05, indicating a significant effect of The Power of Two strategy on learning outcomes. The average posttest score of the experimental class was 82.54, higher than the control class, which was 76.00. The N-Gain score of 0.6177 (medium category) further confirmed that the strategy effectively enhanced students’ cognitive performance. Thus, The Power of Two is proven to improve PPKn learning outcomes by promoting collaboration, active engagement, and critical thinking.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. N. (2017). Penerapan strategi pembelajaran The Power of Two sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Watujara. 1–23.

Abdullah, A. N., & Mema, A. (2023a). Strategi Pembelajaran The Power of Two Sebagai Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Inpres. Jurnal Binagogik, 10(1), 214–220.

Abdullah, A. N., & Mema, A. (2023b). Strategi Pembelajaran The Power of Two Sebagai Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Inpres. 10(1), 214–220.

Anggraeni, T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran The Of Power Of Two (Kekuatan Berdua) Menggunakan Media Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA B SMAN 1 Seberida Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi.

Ardi, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bulukumba.

Ardi, M., Latuconsina, N. K., Angriani, A. D., & Kusumayanti, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(1), 1.

Asri, S. (2017). Penerapan strategi pembelajaran The Power of Two untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa. 1–23.

Astria, N. Y., & Hatta, U. B. (2018). Pembelajaran Pkn Dengan Strategi The Power of Two Di Sd Negeri 02.

Barokah, A., Susanti, E., Febriyani, C., Dearezha, P., & Nadila, P. (2024). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk kesadaran hukum bagi remaja. Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia,

3(2), 1281–1286.

Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.

Deliani, N. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Strategi Belajar Peta Konsep pada Pembelajaran Pkn Kelas V Sdn 3 Mengandungsari Kec.Sekampung Udik Kab.Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, 1–184.

Devi, R. W. R. (2017). Penerapan Metode The Power of Two Dalam Menginfakkan Harta Di Luar Zakat. 170.

Dirnalisa, R. A. (2019a). Penerapan Strategi Pembelajaran The Power of Two untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Salo.

Dirnalisa, R. A. (2019b). Penerapan Strategi Pembelajaran The Power of Two untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Salo.

Febrianti, A. N., & Suryati, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran The Power of Two terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 111–118.

Fish, B. (2020). Penerapan model pembelajaran The Power of Two dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Alasa. 2507(February), 1–9.

Fitriana, R. (2017). Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IV SD Inpres Talaborong (Bajeng Barat, Gowa). Procedia Manufacturing, 1(22 Jan), 1–17.

Hadi, S. (2020). Penerapan Metode The Power of Two Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MA NW Najhut Taklim Pengadang Tahun Ajar 2019/2020. 81–82.

Hanifli, H. (2017). Penerapan Strategi The Power of Two Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas X Sman 9 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 11.

Hasibuan, H., Siregar, K. S., & Rambey, M. J. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Pkn Menggunakan Strategi The Power of Two Di Kelas Ivsekolah Dasarnegeri 100204 Sihopur. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(3), 45–50.

Hasriadi. (2019). Penerapan strategi pembelajaran The Power of Two untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa SD Babussalam Pekanbaru.

Hayati, R., Praja, A. L., & Mu, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Aplikasi Kastil Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Peserta Didik Sekolah Dasar. 07(01), 4301–4320.

Heldanita, H. (2021). Model-Model Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan.

Heldanita, H., Asri, S., Marlisa, W., Andriani, M., Sari, H. P., Murhayati, S., & Susiba. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran The Power of Two Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 133–144.

Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Studi komparasi strategi Snowball Throwing dan strategi The Power of Two terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Jambangan Grobogan. 3(2), 91–102.

Hindun, I., & Miharja, J. (2020). Novateur Publications International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology [Ijiert] Critical Thinking Skills of Students With High Academic Ability: Profile and Its Effect on Cognitive Learning Outcomes. Website: Ijiert.Org, 7(6), 61–66.

Jaya Zalukhu, T. P., Harefa, Y., Zebua, S., & Lase, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran The Power of Two Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 4 Alasa. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 33–41.

Johariyah, S., & Resti, Y. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tingkat MI. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 193–204.

Kadir, Y. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran The Power of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora, 4(2), 650–656.

Keller, K. dan. (2016). Nilai-nilai pendidikan agama Islam pada program studi Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2004, 6–25.

Lisa, N., Sahnan, M., & Satria, E. (2017). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Dalam Pembelajaran Pkn Dengan Strategi True or False Di Sd Negeri 13 Surau

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Ranah Kognitif. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430.

Mas’udah, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Daur Hidup Hewan Melalui Model Snowball Throwing. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 4(2), 86–98.

Masri’ah. (2018). Peningkatan hasil belajar melalui penerapan strategi pembelajaran The Power of Two and Four materi fikih.

Mengembangkan, D., & Mengajar, C. (2022). Yuk Belajar PKn Menjadi Sebuah " Alat " Bagi Guru PKn. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 388–396.

Nurhasanah, N. (2018). Penerapan Metode Outdoor Study untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn pada Siswa Kelas IV SDN Karangreja 02 Kabupaten Bekasi. Universitas Negeri Jakarta.

Nurhidayati, U., & Fathoni, A. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran The Power of Two pada Materi Energi Bunyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MIN 06 Sukoharjo.

Pd, M. I., Al-masithoh, S., & Th, M. I. (2021). Perspektif Al-Qur’an.

Pertiwi, N. (2017). Pengaruh metode kooperatif strategi The Power of Two terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran matematika. 1–23.

Purwaningsih. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(4), 422–427.

Putrawangsa, S., & Dkk, siti N. (2019). Buku Strategi Pembelajaran. In Cv. Reka Karya Amerta (Issue April, pp. 1–107).

Putri, R. & Ghufron, A. (2019). Efektivitas strategi The Power of Two terhadap kecakapan critical thinking siswa SMA.

Putri, R. (2024). The effectiveness of The Power of Two strategy on critical thinking skills high school student. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 15(1), 37–48.

Rahima, A. R., Kadariyah, N., & Hasanah, N. I. (2023). The Use of Questioning Strategy in Promoting Students Critical Thinking. Journal of English Language Teaching and English Linguistics, 8(2), 69–79.

Ratih, & Lisnawati. (2018). Penerapan strategi pembelajaran The Power of Two untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. 3(2), 91–102.

Retnasari, L., & Rahman, Z. H. (2016). Pengembangan dan Praktik Pembelajaran PPKn SD ( Materi Strategi & Model Pemebalajaran PPKn SD ). Modul Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Salah, M., Syarat, S., Gelar, M., & Pendidikan, M. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif.

Seselia. (2017). Peningkatan minat belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran PKn dengan strategi The Power of Two di SD Negeri 02 Kampung Olo.

Setiawati, I., Mahfuroh, L., & Azha, N. F. (2024). Pentingnya pembelajaran PKN di SD untuk menumbuhkan kesadaran berdemokrasi sejak dini. 5–22.

Setiawati, I., Mahfuroh, L., & Azha, N. F. (2024). Pentingnya Pembelajaran PKN di SD Untuk Menumbuhkan Kesadaran Berdemokrasi Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10.

Siramba, F. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4189–4192.

Sya’fiatul, M. (2019). Strategi The Power of Two dan implikasinya terhadap efektivitas pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Downloads

Published

2025-12-14