Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok terhadap Gaya Komunikasi Verbal Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 1 Tambaksogra
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32920Keywords:
TikTok, Gaya Komunikasi Verbal, Media Sosial, Peserta Didik, Sekolah DasarAbstract
Fenomena meningkatnya penggunaan media sosial TikTok di kalangan anak usia sekolah dasar menimbulkan kekhawatiran terhadap perubahan pola komunikasi, terutama dalam gaya komunikasi verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan TikTok terhadap gaya komunikasi verbal peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Tambaksogra, baik dari sisi positif maupun negatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada 27 siswa dari total 59 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen berupa angket skala Guttman yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, dan uji t melalui program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan TikTok terhadap gaya komunikasi verbal dengan nilai R sebesar 0,404 yang menunjukkan hubungan sedang, R Square sebesar 0,163 yang berarti kontribusi sebesar 16,3%, serta nilai signifikansi uji t sebesar 0,037 < 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh nyata. TikTok terbukti dapat meningkatkan keberanian berbicara, kreativitas, dan memperluas wawasan, namun juga berpotensi menurunkan keterampilan berbahasa formal serta batas antara bahasa santai dan bahasa baku. Temuan ini menegaskan bahwa TikTok menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk gaya komunikasi anak, meskipun faktor eksternal lain seperti keluarga dan lingkungan tetap berperan besar.Downloads
References
Abidin, A. R., Abidin, M., Pendidikan,
D. P., Islam, A., Ambon, I.,
Universitas, D., Negeri, I., &
Makassar, A. (2021). Urgensi
Komunikasi Model Stimulus
Organism Response (S-O-R)
Dalam Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal
Pendidikan Agama Islam, 6(2): 74-
90.
Ali, Mm., Hariyati, T., Yudestia Pratiwi,
M., & Afifah Sekolah Tinggi Agama
Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, S.
(2022). Metodologi Penelitian
Kuantitatif Dan Penerapan Nya
Dalam Penelitian. In Education
Journal, 2(2).
Annida, F. W., Setiadi, G., & Kuryanto,
M. S. (2024). Dampak Penggunaan
Media Sosial Tiktok terhadap
Perilaku Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 8(2): 1574–1580.
Diah Saputri, I., & Arief, M. (2023).
Penggunaan Aplikasi Tiktok oleh
Divisi Media Sosial Dalam
Mempromosikan Portal Berita
Media Indonesia. In Jurnal Cyber
PR, 2(3): 126-138.
Firmansyah D., Dede., (2022). Teknik
Pengambilan Sampel Umum dalam
Metodologi Penelitian;Literature
Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Holistik (JIPH), 1(2); 84-144.
Joelio, G., Nugrah, L., Saputra, M.,
(2022). Penerapan Metode Service
Quality Dalam Analisis Persepsi
Konsumen Pada Pelayanan
Pemesanan Barang E-Commerce
di Universitas Prima Indonesia.
JUSIKOM PRIMA (Jurnal Sistem
Informasi dan Ilmu Komputer
Prima), 5(2); 40-45.
Ma’arifah, M., Mareza, L., (2024).
Kemampuan Literasi Numerisasi
Peserta Didik Di SD
Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal
PGSD Universitas
Lamappapoleonro, 2(2): 59-64.
Marisa, S. (2022). Komunikasi Verbal
dan Non Berbal dalam
Pembelajaran. In Analytica
Islamica, 11(2): 402-416.Nafi’ardina, N., & Amalia, N. (2024).
Kajian Dampak Tiktok Pada Siswa
Sekolah Dasar: Kelebihan,
Kekurangan, Dan Implikasi
Pendidikan. Jurnal Elementaria
Edukasia, 7(1): 2392-2410.
Pratiwi, N, I., Husen, A. (2021).
Analisis Penggunaan Aplikasi Tik
Tok Pada Remaja Di Denpasar
Saat Pandemi. Jurnal The Source,
3(2): 27-33.
Putri, S. A. W., Hermawan, R. A.,
Amalia A.S, I., & Thoriq, A. R.
(2022). Tiktok: Dalam
Mengembangkan Keterampilan
Berbicara Ditinjau dari Kebiasaan
Merepetisi dan Penambahan Diksi
di SDN Piyungan. JMIE (Journal of
Madrasah Ibtidaiyah Education),
6(1): 65-74.
Risnawati, W. S., Purbasari, I., &
Kironoratri, L. (2022). Analisis
Penggunaan Aplikasi Tiktok
terhadap Perubahan Perilaku
Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP
(Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan),
5(8): 3029-3036.
Sani Munadi, S., Rifai, M., Noprial
Lubis, R., & Akmalia, R. (2023).
Peran Komunikasi Verbal Dalam
Penanaman Akhlak Pada Anak
Usia Dini. Tarbiyah: Jurnal Ilmu
Pendidikan dan Pengajaran, 2(1):
174-177.
Santoso, M., & Sukartiningsih, R.
(2021). Pengaruh Pemanfaatan
Media Sosial TikTok terhadap
Keterampilan Berbicara Siswa
Kelas IV SDN Trosobo II. JPGSD,
9(9): 3188-3197.
Setyawati, Rr., Mareza, L., Hamka,
M., (2022). Digital Resilience:
Opportunities And Threats For
Adolescents In A Virtual World.
Acta Informatica Malaysia (AIM),
6(2): 67-71.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Kombinasi (Mix Methods). Bandung:
Alfabeta.
Zuniananta, L, E. (2021). Penggunaan
Media Sosial Sebagai Media
Komunikasi Informasi di
Perpustakaan. Jurnal Ilmu
Perpustakaan, 10(4): 37-42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.