Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok terhadap Gaya Komunikasi Verbal Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 1 Tambaksogra

Authors

  • Nadhila Pramelia Putri Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Lia Mareza Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32920

Keywords:

TikTok, Gaya Komunikasi Verbal, Media Sosial, Peserta Didik, Sekolah Dasar

Abstract

Fenomena meningkatnya penggunaan media sosial TikTok di kalangan anak usia sekolah dasar menimbulkan kekhawatiran terhadap perubahan pola komunikasi, terutama dalam gaya komunikasi verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan TikTok terhadap gaya komunikasi verbal peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Tambaksogra, baik dari sisi positif maupun negatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada 27 siswa dari total 59 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen berupa angket skala Guttman yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, dan uji t melalui program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan TikTok terhadap gaya komunikasi verbal dengan nilai R sebesar 0,404 yang menunjukkan hubungan sedang, R Square sebesar 0,163 yang berarti kontribusi sebesar 16,3%, serta nilai signifikansi uji t sebesar 0,037 < 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh nyata. TikTok terbukti dapat meningkatkan keberanian berbicara, kreativitas, dan memperluas wawasan, namun juga berpotensi menurunkan keterampilan berbahasa formal serta batas antara bahasa santai dan bahasa baku. Temuan ini menegaskan bahwa TikTok menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk gaya komunikasi anak, meskipun faktor eksternal lain seperti keluarga dan lingkungan tetap berperan besar.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. R., Abidin, M., Pendidikan,

D. P., Islam, A., Ambon, I.,

Universitas, D., Negeri, I., &

Makassar, A. (2021). Urgensi

Komunikasi Model Stimulus

Organism Response (S-O-R)

Dalam Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal

Pendidikan Agama Islam, 6(2): 74-

90.

Ali, Mm., Hariyati, T., Yudestia Pratiwi,

M., & Afifah Sekolah Tinggi Agama

Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, S.

(2022). Metodologi Penelitian

Kuantitatif Dan Penerapan Nya

Dalam Penelitian. In Education

Journal, 2(2).

Annida, F. W., Setiadi, G., & Kuryanto,

M. S. (2024). Dampak Penggunaan

Media Sosial Tiktok terhadap

Perilaku Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 8(2): 1574–1580.

Diah Saputri, I., & Arief, M. (2023).

Penggunaan Aplikasi Tiktok oleh

Divisi Media Sosial Dalam

Mempromosikan Portal Berita

Media Indonesia. In Jurnal Cyber

PR, 2(3): 126-138.

Firmansyah D., Dede., (2022). Teknik

Pengambilan Sampel Umum dalam

Metodologi Penelitian;Literature

Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Holistik (JIPH), 1(2); 84-144.

Joelio, G., Nugrah, L., Saputra, M.,

(2022). Penerapan Metode Service

Quality Dalam Analisis Persepsi

Konsumen Pada Pelayanan

Pemesanan Barang E-Commerce

di Universitas Prima Indonesia.

JUSIKOM PRIMA (Jurnal Sistem

Informasi dan Ilmu Komputer

Prima), 5(2); 40-45.

Ma’arifah, M., Mareza, L., (2024).

Kemampuan Literasi Numerisasi

Peserta Didik Di SD

Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal

PGSD Universitas

Lamappapoleonro, 2(2): 59-64.

Marisa, S. (2022). Komunikasi Verbal

dan Non Berbal dalam

Pembelajaran. In Analytica

Islamica, 11(2): 402-416.Nafi’ardina, N., & Amalia, N. (2024).

Kajian Dampak Tiktok Pada Siswa

Sekolah Dasar: Kelebihan,

Kekurangan, Dan Implikasi

Pendidikan. Jurnal Elementaria

Edukasia, 7(1): 2392-2410.

Pratiwi, N, I., Husen, A. (2021).

Analisis Penggunaan Aplikasi Tik

Tok Pada Remaja Di Denpasar

Saat Pandemi. Jurnal The Source,

3(2): 27-33.

Putri, S. A. W., Hermawan, R. A.,

Amalia A.S, I., & Thoriq, A. R.

(2022). Tiktok: Dalam

Mengembangkan Keterampilan

Berbicara Ditinjau dari Kebiasaan

Merepetisi dan Penambahan Diksi

di SDN Piyungan. JMIE (Journal of

Madrasah Ibtidaiyah Education),

6(1): 65-74.

Risnawati, W. S., Purbasari, I., &

Kironoratri, L. (2022). Analisis

Penggunaan Aplikasi Tiktok

terhadap Perubahan Perilaku

Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP

(Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan),

5(8): 3029-3036.

Sani Munadi, S., Rifai, M., Noprial

Lubis, R., & Akmalia, R. (2023).

Peran Komunikasi Verbal Dalam

Penanaman Akhlak Pada Anak

Usia Dini. Tarbiyah: Jurnal Ilmu

Pendidikan dan Pengajaran, 2(1):

174-177.

Santoso, M., & Sukartiningsih, R.

(2021). Pengaruh Pemanfaatan

Media Sosial TikTok terhadap

Keterampilan Berbicara Siswa

Kelas IV SDN Trosobo II. JPGSD,

9(9): 3188-3197.

Setyawati, Rr., Mareza, L., Hamka,

M., (2022). Digital Resilience:

Opportunities And Threats For

Adolescents In A Virtual World.

Acta Informatica Malaysia (AIM),

6(2): 67-71.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Kombinasi (Mix Methods). Bandung:

Alfabeta.

Zuniananta, L, E. (2021). Penggunaan

Media Sosial Sebagai Media

Komunikasi Informasi di

Perpustakaan. Jurnal Ilmu

Perpustakaan, 10(4): 37-42.

Downloads

Published

2025-09-11