LITERASI BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN SBDP KELAS VI DI SD NEGERI 3 PURBALINGGA LOR

Authors

  • Zahra Nabila Effri Oktania Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Lia Mareza Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32880

Keywords:

literasi budaya, pembelajaran SBDP, lagu daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat literasi budaya siswa melalui pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP), serta mengevaluasi faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat penerapannya pada siswa kelas VI di SD Negeri 3 Purbalingga Lor. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan awal bahwa banyak siswa belum mampu menguasai lirik dan melodi lagu daerah serta belum memahami makna budaya yang terkandung dalam pembelajaran musik tradisional. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumen pembelajaran, dengan sumber data dari guru, siswa, dan dokumentasi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SBDP sudah digunakan sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai budaya, terutama melalui aktivitas menyanyikan lagu daerah dan memainkan alat musik tradisional. Meski demikian, terdapat sejumlah hambatan seperti kurangnya minat siswa terhadap musik tradisional, pengaruh budaya modern, serta terbatasnya sarana pendukung. Faktor pendukung mencakup keterlibatan aktif guru, dukungan fasilitas dari sekolah, serta kegiatan musik berbasis budaya lokal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya optimalisasi strategi pembelajaran seni budaya agar mampu meningkatkan apresiasi siswa terhadap budaya daerah dan menumbuhkan pemahaman budaya secara lebih mendalam sejak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aurelliam, R. (2024). Menghidupkan cinta tanah air lewat lagu daerah: Pendidikan di Desa Ngargosoko yang penuh nilai budaya. Kompasiana.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D. D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1), 1–9.

Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewarganegaraan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 7–16.

Creswell, J. W. (2019). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Grimonia, E. (2023). Dunia Musik: Sains-Musik untuk Kebaikan Hidup. Nuansa Cendekia.

Hartono, K., Kusumastuti, E., Pratiwinindya, R. A., & Lestari, A. W. (2022). Strategi penanaman literasi budaya dan kreativitas bagi anak usia dini melalui pembelajaran tari. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5476–5486.

Hidayat, R., & Susanto, M. (2021). Pengaruh pembelajaran seni musik terhadap perkembangan keterampilan dan rasa percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan Seni, 12(1), 45–58.

Hirsch, E. D., Jr. (1987). Cultural literacy: What every American needs to know. Boston, MA: Houghton Mifflin.

Lumbanraja, U. (2022). Kendala guru dalam mengajar mata pelajaran seni musik di sekolah dasar di Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias. Jurnal Pendidikan Musik, 11(1), 23–31.

Manzilatul Rochmah, F. A., & Andaryani, E. T. (2023, Oktober 6). Rendahnya minat siswa sekolah dasar terhadap kesenian tradisional. BeritaBojonegoro.com.

Mareza, L. (2018). Strategi dan model pembelajaran seni rupa bagi anak berkebutuhan khusus. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 1(2), 86–96.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). California: Publications. (hlm. 33)

Muwahidah Nurhasanah, S., Alfin, K. Z., & Idharudin, A. J. (2025). Peran seni hadroh dalam meningkatkan keterampilan dan karakter anak di TPA Al-Barokah Nglantung Bangunrejo. Kreasi: Jurnal Inovasi dan Pengabdian kepada

Putri, N. W., & Hidayat, R. (2021). Peran kepala sekolah dalam mengembangkan potensi siswa pada bidang seni musik. Jurnal Pendidikan Seni Musik Indonesia, 3(2), 45–55

Putri, R. A. (2024). Penerapan lagu daerah sebagai media literasi budaya di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1).

Santosa, A. (2020). Peran pelestarian lagu daerah dalam membangun identitas budaya. Jurnal Budaya Indonesia, 15(2), 45–56.

Sudirman, M., & Santosa, E. (2019). Pengembangan kreativitas melalui pembelajaran seni di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Seni, 10(2), 123–135.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, A. (2019). Pemahaman musik dan ekspresi emosional dalam pembelajaran seni musik. Jurnal Pendidikan Seni, 18(1), 45–56.

Wahyuni, A. R., Utami, E., & Sari, D. P. (2022). Pendampingan gerakan peduli budaya dengan menyanyikan lagu daerah. Harmoni: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 55–62.

Wati, S., & Iskandar, T. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis budaya lokal dalam meningkatkan literasi budaya siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 77–89.

Downloads

Published

2025-09-12