EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING (CORE) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X FASE E SMK NEGERI 9 PADANG

Authors

  • salmiatul husna Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Trisna Helda Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Lira Hayu Afdetis Mana Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32413

Keywords:

model Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE), teks negosiasi, menulis, pembelajaran bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, khususnya dalam pembelajaran teks negosiasi. Selama ini pembelajaran menulis masih didominasi metode konvensional seperti ceramah yang membuat siswa pasif, kurang termotivasi, dan kesulitan memahami struktur serta kaidah kebahasaan teks negosiasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true experiment menggunakan desain posttest-only control design. Populasi penelitian berjumlah 444 siswa kelas X fase E SMK Negeri 9 Padang tahun ajaran 2024/2025 yang tersebar dalam 13 kelas, terdiri atas 7 kelas perhotelan dan 6 kelas kuliner, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks negosiasi siswa yang tidak menggunakan model CORE memperoleh nilai rata-rata 69,90 dengan kualifikasi cukup, sedangkan siswa yang menggunakan model CORE memperoleh rata-rata 86,41 dengan kualifikasi baik sekali. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan signifikan (p < 0,05) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti model CORE berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Selain itu, hasil perhitungan N-gain score menunjukkan rata-rata sebesar 85,1% dengan kategori efektif, nilai minimal 28,08% dan maksimal 92,44%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model CORE efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X fase E SMK Negeri 9 Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Fattah Nasution, dkk. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37

Bahri. (2019). Keterampilan Berbagasa dan Apresiasi Sastra Berbasis Interaktif. Sukabumi: CV Haura Utama.

Fadly, W. (2022). Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bening Pustaka.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Kasmita, Ardana, & Gunamantha. (2021). Pengaruh Model Core Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Gugus 02 Kuta Utara. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 42–50. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i1.249

Kurniawan, D. (2022). Metode Pembelajaran di Era Digital 4.0. Padang : PT Global Eksekutif Teknoligi.

Maharani. (2019). Keterampilan Menulis. Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Maryana. (2021). Efektifitas Model Ppembelajaran Core (Connection, Organizing Reflekting, Extending) terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa SMA Negeri Purwodadi. LJLEL: Linggau Jurnal Language Education.

Ph.D.Ummul Aiman, dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum Merdeka. Ar Ruzz Media.

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Soesana, dkk. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung Alfabeta.

Downloads

Published

2025-09-02