PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INDTRUCTION (PBI) TERHADAP KETERAMPILAN MENGLIHWAHANAKAN TEKS ANEKDOT KE BENTUK KOMIK STRIP SISWA FASE E SMA NEGERI 1 TANDUN

Authors

  • sovia lidiya fitrika Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Trisna Helda Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Indriani Nisja Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32710

Keywords:

model Problem Based Instruction (PBI), teks anekdot, mengalihwahakan, komik strip, pembelajaran bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Instruction (PBI) dalam meningkatkan keterampilan mengalihwahakan teks anekdot ke bentuk komik strip siswa Fase E, Selama ini pembelajaran mengalihwahanakan masih didominasi metode konvensional seperti ceramah yang membuat siswa pasif, kurang termotivasi, dan kesulitan memahami struktur teks anekdot. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true experimental design menggunakan desain posttest-only control design. Populasi penelitian berjumlah 239 siswa kelas X fase E SMA Negeri 1 Tandun tahun ajaran 2024/2025 yang tersebar dalam 7 kelas, sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengalihwahanakan  teks anekdot ke bentuk komik strip siswa tanpa menggunakan model Problem Based Instruction memperoleh nilai rata-rata 68,03 dengan kualifikasi lebih dari  cukup, sedangkan siswa yang menggunakan model Problem Based Instruction memperoleh rata-rata 89,80 dengan kualifikasi baik sekali. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan signifikan (p < 0,05) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti model Problem Based Instruction berpengaruh dalam pembelajaran mengalihwahanakan teks anekdot ke bentuk komik strip.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Af’idah, M., & Asmarani, S. S. (2020). Teks Anekdot Ruang Lingkup Teks Anekdot (Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Anekdot) (R. Pulungan (ed.)). Geupedia.

Afrida, P. D., & Ramdhanti, D. (2018). Proses Menulis Kreatif (1st ed.). Perpustakaan Nasioanal.

Anjani, A. D., & Andari, N. (1945). Alih wahana manga tower of god ke dalam anime Kami no Tou. 566–579.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Istarani. (2023). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Abdussalarn & M. Siddik (eds.)). Media Persada.

Jusar, S. (2024). Buat komikmu Sendiri Panduan Mudah Untuk Pemula

Kosasih. (2014a). Jenis-jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Y. Mulyadi (ed.)). Penerbit Yrama Widya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alvabeta, cv. Bandung.

Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (2008th ed.). Angkasa Bandung.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (D. T. T. T. Trianto (ed.)). Penadamedia Grup.

Downloads

Published

2025-09-11