PENGARUH VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IQRA’ KOTA PADANG

Quasy Eksperimen

Authors

  • Era Rahmadani Putri Affilisi Universitas Negeri Padang
  • Vivi Anggraini Universitas Negri Padang
  • Yulsyofriend Universitas Negri Padang
  • Nenny Mahyuddin Universitas Negri Padang
  • Elise Muryanti universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31442

Keywords:

Video animasi Powtoon, menyimak,anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video animsai Powtoon terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di Tk Iqra’ Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasy eksperimen. Subjek penelitian penelitian berjumlah 20 anak yang terbagi dalam dua kelompok: B2 (10 anak) sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa video animasi Powtoon, dan kelas B1 (10 anak) sebagi kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tujuh butir item dengan empat kategori penilaian, yaiti bb (1), MB (2), BSH (3), dan BSB (4). Analisis data diawali dengan uji normaliatas dan uji homogenitas untuk memastikan distribusi data kesamaan dan varians. Setelah dipastikan normal dan homogen, dilanjutkan dnegan uji hopotesi menggunakan paired smple t-test dan independen saple t-test. Hasil analisis menunjukan adanya peningkatan skor yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen, yaitu rata-rata sebasar 70 poin, dibandingakan dengan kelompok kotrol yang mengalami kenaikan sebesar 55 poin. Tentunya ini menunjukkan bahwa video animasi Powtoon memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan menyimak anak usia dini. Dengan demikian, media pembelajaran berbasia video animasi Powtoon dapat menjadi altenatif yang efektif dalam peningkatan aspek perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun khususnya  kemampuan menyimak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini ,Vivi & Adi Priyanto. (2019). Stimulasi Keterampila Menyimak Terhadapa Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1),30-44

Arianti, T. (2016). Pentingnya Pendidkan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak (The Inportance Of Chilhood Education For Development). Julnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Dewi, K. (2017). Pnetingnya media pemebelajaran untuk anak usia dini. Radatul Athfal: Jurnal Pendidika Anak Usia Dini.Plembang.

Dr.Heru Kurniawan, M. ., & Kasmiati, M. P. I. (n.d.). pengembangan bahasa anak uisa dini.

(2001). Obesity: Assessment and management in primary care. American Family Physician, 63(11), 2185-2196.

Madyawati, dkk. (2017). Strategi Perkembangan Bahasa pada Anak. Jakrta : Kencana

Otto, Baverly. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Pramedia Grup

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). In PT. Bumi Aksara.

Taringan. (2015). Menyimak sebagai Suatu Kterampilan Bahasa. Bandung:Angkasa

Vygotsky, L. S., Cole, M., John-Steiner, V., Scribner, S., Souberman, E., & Wertsch, J. V. (1979). The Development of Higher Psychological Processes. In The American Journal of Psychology (Vol. 92, Issue 1).

Chudri. (2023). Pengaruh Video Animasi Powtoon terhadap kemampuan berhiting ank usia 5-6 tahundi taman kanak-kanak aisyiyah bungo pasang padang. L Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education,.

Downloads

Published

2025-08-08