ANALISIS PENGGUNAAN PUNISHMENT DAN REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aprilia Noor Widyaningrum Universitas PGRI Yogyakarta
  • Muhardila Fauziah Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30995

Keywords:

Punishment, Reinforcement, Discipline

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan punishment (hukuman) dan reinforcement (penguatan) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SD Negeri Winongo. Kedisiplinan siswa merupakan aspek penting dalam mendukung proses belajar mengajar yang tertib dan efektif. Melalui pendekatan ini, diharapkan dapat diketahui bagaimana strategi yang diterapkan oleh guru dan pihak sekolah dalam membentuk perilaku disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di kelas, wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan siswa, serta dokumentasi terkait kegiatan yang mendukung kedisiplinan. Analisis data dilakukan secara induktif dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari hasil temuan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa punishment yang diberikan guru bersifat mendidik, seperti teguran, tugas tambahan, atau sanksi ringan, yang diterapkan secara adil dan konsisten. Sementara itu, reinforcement diberikan dalam bentuk pujian, hadiah, maupun penghargaan simbolik saat siswa menunjukkan perilaku disiplin. Berdasarkan triangulasi data dari kepala sekolah, guru, dan siswa, diperoleh kesimpulan bahwa kombinasi antara punishment dan reinforcement yang diterapkan secara tepat dan berimbang mampu meningkatkan kedisiplinan siswa secara signifikan.

 

Kata Kunci: Punishment, Reinforcement, Kedisiplinan

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin. (2017). Pengaruh Punishment dan Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1-10.

Aunurrika, S., & Puspitaningrum, N. S. E. (2023). Pemberian Reinforcement Positif Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa MTs X. Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI), 5(2), 56-66.

Kristina, F. D., & Tangkin, W. P. (2022). Pemberian Reinforcement Sebagai Upaya Mendisiplinkan Siswa Kelas III SD Pada Pembelajaran Daring. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(3), 879-886.

Lestari, N. F., & Muslihat, A. (2023). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Motivasi Kerja (Studi Kasus Karyawan di Cikarang). Jurnal Perspektif, 21(2), 137-142.

Mardilla, M., Darmiany, D., & Husniati, H. (2021). Hubungan antara Reinforcement Positif dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 19 Rabangodu Utara Kota Bima. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 537-545.

Nur, N. (2024). Penerapan Reward and Punishment dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MI DDI Ar Rahim. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(1), 574-579.

Nurhayati. (2020). Penegakan Disiplin dengan Pendekatan Restorative Justice di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 11-20.

Rizaldi, R., Alfitri, A., Waspodo, W., & Sriati, S. (2023). Paradigma Kebebasan Dan Pembebasan Sebagai Sebuah Ilmu Pengetahuan Kritis: Indonesia. Jurnal Studia Administrasi, 5(1), 53-60.

Sa'adah, N., Deliani, N., & Batubara, J. Implementasi Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di TPQ Masjid Al-Furqon. QOUBA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 119-129.

Sadirman. (2020). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Kerja Karyawan di PT. XYZ. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Universitas Islam Sultan Agung, 1(1), 1-10.

Downloads

Published

2025-10-16