Pengaruh Model PjBL PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA BHINEKA TUNGGAL IKA DI SD NEGERI SEMBUNGAN

Authors

  • Deva Apriyantoro Universitas PGRI Yogyakarta
  • Muhardila Fauziah Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30882

Keywords:

Project-Based Learning Model, Learning Achievement, Pancasila Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) terhadap prestasi belajar. 2) Peningkatan Prestasi belajar
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam
pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Keragaman budaya Indonesiaku kelas
V SD Negeri Sembungan Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
eksperimen dengan desain one group pre test – post test. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sembungan yang berjumlah 18 siswa. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang
digunakan menggunakan uji t-test (Paired sample t-test) Hasil dari penelitian ini
adalah 1) Model pembelajaran PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap
prestasi belajar Pendidikan Pancasila materi Keragaman Budaya Indonesiaku pada
peserta didik kelas V SD Negeri Sembungan, hal ini dilihat dari nilai t-test sebesar -
12.183 dengan sig (2-tailed) 0,000 (< 0,05) yang berarti bahwa model pembelajaran
PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila
materi Keragaman Budaya Indonesiaku pada peserta didik kelas V SD Negeri
Sembungan. 2) Terjadi peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Pendidikan
Pancasila, hal ini dilihat dari peningkatan nilai rata-rata, pada pre test nilai rata-rata
70,11 setelah diberikan perlakuan terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 79,06.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Prestasi Belajar, Pendidikan Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anindita, T. (2011). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Pada Peserta didik Smk Bina Peserta didik Bekasi.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Effect Of Project Based Learning With Microhydro Power Plants Media On Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa

Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Venty Fau, Y. T., Bago, A. S., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., Lase, I. P. S., Laia, B., Ndraha, L. D. M., & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2045-2052.2022

Ristanti, S. M. (2022). Studi Komparasi Hasil Belajar Kognitif IPS Menggunakan Model Pembelajaran Scramble dan Model Pembelajaran Mnemonik di Kelas IV MI Miftahul Huda Sukolilo. Electronic Theses of IAIN Ponorogo

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2025-10-16