Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa dengan Menerapkan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Kelas III Sekolah Dasar Negeri Rawa Badak Utara 03

Authors

  • Aullia Azzahrah Universitas Negeri Jakarta
  • Gusti Yarmi Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30539

Keywords:

Kata Kunci: membaca pemahaman, model CIRC, pembelajaran kooperatif, siswa sekolah dasar

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki siswa sekolah dasar untuk menunjang keberhasilan belajar di berbagai mata pelajaran. Namun, hasil observasi dan tes tertulis di SDN Rawa Badak Utara 03 menunjukkan bahwa siswa kelas III masih mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, menentukan ide pokok, dan mengungkapkan pendapat pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas III, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca siswa, yaitu pada siklus I sebanyak 19 siswa (59,37%) mencapai ketuntasan, dan pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa (87,5%). Dengan demikian, penerapan model CIRC terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Media Akademi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Fase B.

Mangundap, E. G. M., Katuuk, D. A., Monigir, N. N., & Kumolontang, D. (2021). Penerapan CIRC untuk meningkatkan pemahaman teks fiksi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 21–29.

Nurnugroho, N., & Rochiyati, S. (2021). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model CIRC pada siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(3), 101–108.

OECD. (2023). PISA 2022 results. https://www.oecd.org/pisa/

Setyoko, S., Sidauruk, V. G. S., & Triwibowo, K. B. (2020). Penerapan model CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 45–54.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research, and practice (2nd ed.). Allyn & Bacon.

Downloads

Published

2025-10-29

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>