ANALISIS IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DITINJAU DARI MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS 3 DI SD N CEPOKO 1 SUMBERLAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30337Keywords:
Literasi, Gerakan Literasi SekolahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah, minat baca peserta didik dan juga faktor pendorong dan penghambat program Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cepoko 1 Sumberlawang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian peserta didik kelas 3, guru kelas 3, dan kepala sekolah.Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung terhadap kegiatan literasi, wawancara dengan peserta didik, guru kelas dan kepala sekolah, serta dokumentasi seperti foto kegiatan literasi di sekolah diterapkan. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan literasi sekolah di SD N Cepoko 1 Sumberlawang sudah berjalan pada tahap pengembangan, dengan jadwal pelaksanaan memilikii hari khusus. Minat baca yang tergolong sedang di lihat dari hasil wawancara terhadap peserta didik. Dan faktor pendorong Gerakan literasi sekolah adalah komitmen dari kepala sekolah dan juga guru yang berusaha ingin mengoptimalkan program Gerakan literasi sekolah, sedangkan faktor penghambat yaitu berkurangnya waktu pelaksanaan GLS, buku-buku bacaan yang itu-itu saja membuat peserta bosan untuk membaca.Downloads
References
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774
Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. 6(5), 8879–8885.
Kemendikbud, D. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/07/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah-2019.pdf
Marlina, N. A., & Ardiyaningrum, M. (2021). Hubungan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Karanggayam. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 12(1), 1. https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(1).1-11
Puspitasari, N. A. (2022). Yudiwinata, H. P. (2014). Permainan tradisional dalam budaya dan perkembangan anak. Paradigma, 2(3). Jurnal Basicedu, 6(3), 4342–4350. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Salma, A., & Madzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7, 122–127. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/17555/10534
Santosa, E., Nugroho, P. J., & Siram, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Equity In Education Journal, 1(1), 56–61. https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1553
Ulpah, M. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Mariyah Ulpah1, Laelia Nurpratiwiningsih2, Moh. Toharudin3 1,2,3 PGSD Universitas Muhadi Setiabudi. 8(19), 286–294.
Wibowo, W. (2019). Pengelolaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Mendukung Karya Tulis Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 279. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5075
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.