Pengaruh Social Media Marketing, Brand Love dan Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific pada Konsumen Generasi-Z di Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Muhammad Gilang Satria Wibawa Universitas Teknologi Sumbawa
  • Tomy Dwi Cahyono Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.30070

Keywords:

Social Media Marketing, Brand Love, Influencer Marketing, Keputusan Pembelian, Skintific, Generasi-Z.\

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing, Brand Love, dan Influencer Marketing terhadap keputusan pembelian produk Skintific pada konsumen Generasi-Z di Kabupaten Sumbawa. Dalam menghadapi dinamika pasar kosmetik yang didorong oleh digitalisasi dan preferensi konsumen muda, penting untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS), melibatkan 100 responden Generasi-Z yang memiliki pengalaman atau minat terhadap produk Skintific di Kabupaten Sumbawa. Hasil analisis menunjukkan bahwa Social Media Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, di mana strategi konten yang menarik dan interaksi aktif terbukti efektif. Selain itu, Brand Love juga berkontribusi positif dan signifikan pada keputusan pembelian, mengindikasikan bahwa ikatan emosional yang kuat dengan merek mendorong loyalitas. Sementara itu, Influencer Marketing menunjukkan pengaruh positif dan signifikan, menegaskan bahwa rekomendasi dari influencer yang dipercaya sangat memengaruhi pilihan konsumen. Nilai R-square sebesar 0.685 menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mampu menjelaskan 68.5% variabilitas dalam keputusan pembelian. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya merek Skintific untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital, membangun kecintaan merek yang mendalam, dan memanfaatkan kolaborasi influencer yang otentik guna meningkatkan daya saing di pasar kosmetik Generasi-Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert, N., & Merunka, D. (2013). The role of brand love in consumer-brand relationships. Journal of Consumer Marketing, 30(3), 258-266.

Bagozzi, R. P., Batra, R., & Ahuvia, A. (2016). Brand love: development and validation of a practical scale. Marketing Letters, 27(1), 1-14.

Batra, R., Ahuvia, A., & Bagozzi, R. P. (2012). Brand love. Journal of Marketing Management, 28(5-6), 586-602.

Carroll, B. A., & Ahuvia, A. C. (2006). Some antecedents and outcomes of brand love. Marketing Letters, 17(2), 79-89.

Christivany, C., & Pradana, A. (2023). Impact Social Media Marketing and Brand Love on Purchase Decision: Evidence from K-pop Fans. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 197-212.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: The impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798-828.

Djafarova, E., & Rushworth, C. (2017). Exploring the credibility of online celebrities' Instagram profiles in influencing the purchase decisions of young female users. Computers in Human Behavior, 68, 1-7.

Efendi, O., & Sari, M. (2025). Persepsi Gen Z terhadap Penggunaan Social Media Marketing pada Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 5(1), 44-56.

Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of Marketing Research, 18(1), 39-50.

Freberg, K., Graham, K., McGaughey, K., & Freberg, L. A. (2011). Who are the social media influencers? A study of public perceptions of personality. Public Relations Review, 37(1), 90-92.

Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griselda, F. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Skincare Skintific melalui Platform Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 8(2), 112-124.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2019). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Jakpat. (2025). 2024 Online Shopping Trends: 62% of Gen Z Shop via Live Shopping.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer marketing: how message value and credibility affect consumer trust of branded content on social media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58-73.

Mangold, W. C., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357-365.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357-365.

Panopoulos, A., Ki, C., & Kim, J. (2023). Digital Marketing Trends and Their Effectiveness in Reaching Gen Z. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 3(1), 33-45.

Rinaldy, A. R. F., & Jatmiko, R. D. (2025). The Impact of Social Media Marketing on Brand Loyalty among Generation Z: The Mediating Role of Brand Experience, Brand Love, and Brand Trust. Jamanika, 5(1), 1-17.

Septiani, F., & Pratama, R. (2025). The Impact of Influencer Marketing on Consumer Purchasing Decisions. SSRN Electronic Journal.

Siahaan, F. S., & Putri, A. (2025). Impact of Influencer Endorsement on Purchase Decision: Mediating Role of Brand Image and Moderating Effect of Customer Trust. International Journal of Management and Digital Business, 4(1), 19–31.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, H., Listiana, N., & Nugroho, F. (2024). The Influence of Social Media Marketing and Influencer Marketing on Consumer Behaviour (Case Study of Gen-Z In Kota Depok, West Java). Neo Journal of Economy and Social Humanities, 3(2), 64–72.

Wulandari, D., & Nidar, S. R. (2024). The Influence of Social Media on Gen Z Consumer Behavior in E-Commerce. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 34-45.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through web sites: a critical review of extant knowledge. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4), 362-375.

Downloads

Published

2025-07-14