PENGARUH FINANCIAL SELF EFFICACY DAN MENTAL ACCOUNTING TERHADAP PERILAKU KEUANGAN GENERASI-Z DI KABUPATEN SUMBAWA

Authors

  • Sinta Cahyatullah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Denny Hambali Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.30066

Keywords:

Perilaku Keuangan, Financial Self Efficacy, Mental Accounting, Generasi Z, Manajemen Keuangan Pribadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial self-efficacy dan mental accounting terhadap perilaku keuangan Generasi Z di Kabupaten Sumbawa. Di tengah tantangan unik yang dihadapi Generasi Z dalam mengelola keuangan di era digital, penting untuk memahami faktor-faktor psikologis yang membentuk keputusan finansial mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda, yang melibatkan 100 responden Generasi Z di Kabupaten Sumbawa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam mengelola aspek-aspek keuangan, semakin bijaksana pula perilaku keuangan yang ditunjukkan. Serupa dengan itu, mental accounting juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan, yang mengindikasikan bahwa praktik kognitif untuk mengkategorikan dana secara mental efektif dalam membantu Generasi Z mengendalikan pengeluaran dan mencapai tujuan keuangan. Nilai Adjusted R-square sebesar 0,552 menunjukkan bahwa kedua variabel independen tersebut mampu menjelaskan 55,2% variabilitas dalam perilaku keuangan. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya program edukasi keuangan yang tidak hanya berfokus pada pengetahuan, tetapi juga pada pembangunan kepercayaan diri (self-efficacy) dan pengenalan strategi praktis seperti mental accounting. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pemangku kepentingan, termasuk lembaga pendidikan dan pemerintah daerah, dalam merumuskan intervensi yang lebih efektif untuk meningkatkan kesehatan finansial Generasi Z di Kabupaten Sumbawa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonides, G., & Ranyard, R. (2018). Mental accounting and the theory of the consumer. Journal of Economic Psychology, 69, 1-13.

Aulia, R., & Rasyid, R. (2021). Pengaruh literasi keuangan dan financial self-efficacy terhadap perilaku manajemen keuangan mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 6(3), 525-536.

Farrell, L., Fry, T. R., & Risse, L. (2016). The importance of financial self-efficacy in financial education. Journal of Economic Education, 47(1), 37-51.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herawati, N. T., Candiasa, I. M., Sukartha, I. M., & Suryani, N. P. A. (2020). The influence of financial literacy, financial behavior and income on investment decision. Accounting, 6(6), 995-1002. https://doi.org/10.5267/j.ac.2020.7.009

Lestari, G. T., Nasution, M. F., & Faried, M. (2024). The Influence of Financial Literacy, Financial Self-Efficacy, and Mental Accounting on Financial Management Behaviour in Micro Businesses. Jurnal Ekonomi, 12(2), 1516-1527.

Lown, J. M. (2011). Development and validation of a financial self-efficacy scale. Journal of Financial Counseling and Planning, 22(1), 54-63.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2023. Jakarta: OJK.

Pratama, Y. D., & Yushita, N. (2022). The Effect of Mental Accounting and Financial Literacy on Financial Management Behavior among University Students. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 26(1), 1-12. https://doi.org/10.26905/jkdp.v26i1.7543

Puspitasari, E., & Widyastuti, T. (2022). Mengapa pengetahuan keuangan tidak cukup? Analisis perilaku keuangan mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 24(1), 1-10.

Radianto, W. E., Efrata, T. C., Dewi, L., Effendi, L. V., & Salim, I. R. (2022). The Roles of Financial Self Efficacy and Mental Accounting in Increasing Financial Motivation and Behavior. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(3), 2248–2255. https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i3.6476

Sari, D. P., & Purnawati, N. K. (2021). Peran mental accounting dalam meningkatkan perilaku manajemen keuangan mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi, 31(8), 2058-2071.

Setiyani, R., Solikhah, B., & Widyastuti, U. (2022). Financial self-efficacy, financial literacy, and financial behavior of undergraduate students: Evidence from Indonesia. Cogent Business & Management, 9(1), 2022. https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2097485

Stolper, O. A., & Walter, A. (2017). Financial literacy, financial advice, and financial behavior. Journal of Business Economics, 87(5), 581-643.

Thaler, R. H. (1985). Mental Accounting and Consumer Choice. Marketing Science, 4(3), 199-214. https://doi.org/10.1287/mksc.4.3.199

Thaqi, A., & Mustafa, A. (2021). The effect of mental accounting on financial behavior: The mediating role of lifestyle. International Journal of Financial Studies, 9(4), 59.

Wulandari, D., & Nidar, S. R. (2020). Pengaruh mental accounting dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan pada mahasiswa. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 8(3), 565-578.

Xiao, J. J., & Porto, N. (2017). Financial education and financial satisfaction: A review. Journal of Financial Counseling and Planning, 28(2), 276-287.

Downloads

Published

2024-12-31