PENGEMBANGAN WEBSITE PANDAKU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29946Keywords:
Website, Problem Based Learning, Berpikir KritisAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang layak dan mengetahui cara website Pandaku berbasis Problem Based Learning dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar pada materi hubungan antar sila Pancasila. Penelitian ini dilakukan di SDN Tanjung Barat 07, Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan kuesioner. Hasil uji ahli pengembangan website Pandaku memperoleh nilai rata-rata 91% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Selain itu, pada tahap uji coba pengguna website Pandaku memperoleh hasil persentase 94% pada uji one to one, 95% pada uji small group, dan 90% pada field test. Merujuk pada hasil analisis data kelayakan, website Pandaku berbasis PBL merupakan produk yang valid dan layak digunakan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil uji coba kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh N-Gain sebesar 0,57. Maka website Pandaku berbasis PBL pada materi hubungan antar sila Pancasila ini efektif digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.Downloads
References
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Anwar, R. N., Husna, A. R., Nurjanah, A., Kartika, N., Winggasari, M., & Rahmasiwi, D. S. (2021). Pembuatan Website Sebagai Media Promosi Terpercaya SD Muhammadiyah 1 Padas. 5, 7–12.
Baroroh, A. Z., Kusumastuti, D. A., & Kamal, R. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran. Perspektif : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(4), 269–286. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1952
Dalimunthe, A., Affandi, M., & Suryanto, E. D. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL MODEL ADDIE. 8(1), 17–22.
Erinsyah, Moh. F., Sasmito, G. W., Wibowo, D. S., & Bakti, V. K. (2024). Sistem Evaluasi Pada Aplikasi Akademik Menggunakan Metode Skala Likert Dan Algoritma Naïve Bayes. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 13(1), 74–82. https://doi.org/10.34010/komputa.v13i1.10940
Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650
N.F., I. A., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatankan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8153–8162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3762
Novitasari, D., Nopriyanti, T. D., & Rosita, L. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Literasi Numerasi untuk Siswa Kelas V SD. Indonesian Research Journal on Education, 4(2). https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.479
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Pradnyana, P. B., & Indrayanti, R. (2023). ANALISIS BAHAN AJAR FASE A PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1 SD NEGERI 2 SULAHAN. 79–84.
Rifa’i, R. M., & Subiantoro, A. W. (2022). KELAYAKAN WEB PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TOPIK SISTEM PERNAPASAN UNTUK PENGEMBANGAN LITERASI KESEHATAN SISWA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 6(1), 31. https://doi.org/10.32502/dikbio.v6i1.3690
Sa’diyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 9940–9945.
Said, S. (2023). Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan & Ekonomi. Vol. 6, No. 2 Juni 2023 e-ISSN: 2614-6002. 6(2).
Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. ANDI.
Winandar, M. L. (2024). PENGEMBANGAN WEBSITE ED-CIVIQ BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Zakiah, L., Komarudin, & Somantri, M. (2025). The Sundanese Cultural Story Book As A Learning Media For Local Wisdom-Based in Pancasila and Civic Education Learning For Elementary School Students In Bandung.
Zakiah, L., Sarkadi, & Marini, A. (2023). Teachers’ strategies in teaching social tolerance to elementary school students in Jakarta, Indonesia.
Zakiah, L., Sarkadi, Marini, A., & Ariatmi, S. Z. (2025). Digital storybook based on local wisdom representing students’ cultural literacy and citizenship. AIP Conference Proceedings, 3142, 020034. https://doi.org/10.1063/5.0262031
Zakiah, L., Sarkadi, Marini, A., Komarudin, Casmana, A. R., & Kusmawati, A. P. (2023). Implementation of Teaching Multicultural Values Through Civic Education for Elementary School Students.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.