EFEKTIVITAS METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 25 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29408Keywords:
Kata Kunci: Match Up, Wordwall, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode struktural analitik sintetik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran keterampilan membaca pada siswa kelas 1 SD negeri 25 palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-experimental design one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SD negeri 25 Palembang yaitu kelas 1A yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Berdasarkan nilai posttest rata-rata yang diperoleh kelas kontrol sebesar 65,37 dan kelas eksperimen sebesar 85,55. Pengujian hipotesis data penelitian ini menggunakan uji t-test dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu jika thitung > ttabel. Diperoleh dengan nilai yaitu thitung =11,734 > ttabel = 2,056 dan sig. (2-tailed) = 0,099< 0,05 maka dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau hipotesis menyatakan bahwa terbukti ada keefektifan metode struktural analitik sintetik terhadap hasil dalam pembelajaran keterampilan membaca pada siswa kelas 1 SD negeri 25 Palembang.
Downloads
References
Abdiyah, L. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 5(2), 127-136.
Aenor Rofek, S., & Aenor Rofek , S. (2022). Model-Model Pembelajaran. malang
: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 4(4), 263-268.
Asrulla, A., Risnita, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320-26332.
Dedi Siswanto. (2019). Pelaksanaan Metode SAS Dalam Kegiatan
Belajar M,engajar Membaca Dan Menulis Permulaan di Kelas 2 SDN 2 LOLU.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 N0. 2
Harianto, E. (2020 Februari). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.Jurnal Didaktika, 9.
Hasanah, H. (2016, Juli). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal At-Taqaddum, 8.
Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis pengukuran temperatur udara dengan metode observasi. Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-15.
Helwah, D. M., Arisati, K., & Mufidah, N. Z. (2023). Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca di Kelas Pemula Madarsah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1- 9.
Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.
Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir Lppm Universitas Asahan Vol. 5 N0. 4 .
Herlinyanto. (2019). Membaca Pemahaman dengan Strategi KWL Pemahaman dan Minat Membaca. Yogyakarta: Deepublish Publisher .
Hery Wardiyati. (2019). Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik
Sintetik)Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah.jurnal Pajar Vol. 3 N0.
Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017, September). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya Dengan Metode TAM. Jurnal Informatika, 4.
Isaqjon, T. (2022). Strategies and techniques for improving Efl learners’ reading skills.
Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar 2022. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 55-65.
Kadir. (2019). Statistika Terapan . Depok: PT RajaGrafindo Persada. Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2018). Pengantar Statistika Penelitian.
Depok: PT RajaGrafiindo Persada.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar.Mataram: Sanabil.
Muliani, R. D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. 2 (2), 133–139.
Mulyati. (2017). Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Kencana.
Mujtahidah, N., Yusuf, M., Guntur, M., & Aswar, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Kreatif Pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 05 Salamae Kota Palopo. Jurnal Konsepsi, 12(3), 53-61.
Nafi'ah, s. a. (2018). Model-Model pembelajaran Bahasa Indonesiadi SD/MI.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Nurjanah. (2019, Desember ). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Psikomotorik Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Al-Athfal, 2.
Paling, S., Sari, R., Bakar, R. M., Yhani, P. C. C., Mukadar, S., Lidiawati, L., & Indah, N. (2024). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).
Pritchard. 2021. Psychology for the Classroom: Constructivism and Social Learning. London: Routledge.
Ramadani, R. (2015, Juni). Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Menebalkan Huruf. Jurnal Pendidikan Anak, 4.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174-7187.
Ridha, N. (2017, Juni). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 1, 66.
Rofek, A., & Entantri, E. (2022). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Kalimat Petunjuk Kerja Operasional Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas V Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 12(2), 281-289.
Roslian Lubis, H. T., & Roslian Lubis , H. T. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Daring Siswa Kelas Vii Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Simpang Tiga Laebingke Kecamatan Sirandorung. Jurnal Mathedu.
Santosa, T. A., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., Fradila, E., & Arsih, F. (2021). Meta-analisis: Pengaruh bahan ajar berbasis pendekatan Stem pada pembelajaran ekologi. Journal of Digital Learning and Education, 1(1), 1- 9.
Sari, E. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education, 74-82.
Solchan T.W, d. (2019). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Suci Trismayanti. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar. 4(1), 88–100.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, P. D. (2024). Metode pebelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1-12.
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1-12.
Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84-94.
Surayya, S., & Mubarok, H. (2021). Pengaruh Aplikasi Marbel Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 193-204.
Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1083-1091.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















