EFEKTIVITAS MEDIA MATCH UP BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATERI MEMATUHI ATURAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 25 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29406Keywords:
Match Up, Wordwall, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media match up berbantuan wordwall terhadap hasil belajar dalam materi mematuhi aturan pada siswa kelas II SD Negeri 25 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre eksperimental desain one shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 25 Palembang yaitu kelas IIA dan IIB yang berjumlah 66 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan nilai posttest rata – rata yang diperoleh kelas kontrol sebesar 56,12 dan kelas eksperimen sebesar 79,09. Pengujian hipotesis data penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel. Diperoleh dengan nilai yaitu thitung = 5,869 > ttabel = 0, 344 dan sig. (2-tailed)= 0,000 < 0,05 maka dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau hipotesis menyatakan bahwa terbukti ada efektifitas media match up berbantuan wordwall terhadap hasil belajar dalam materi mematuhi aturan pada siswa kelas II SD Negeri 25 Palembang.
Kata Kunci: Match Up, Wordwall, Minat Belajar
Downloads
References
Ahmad Rijali, “Analisis Data Kualitatif”, Jurnal Alhadharah, Vol. 17, No. 33, Juni 2018, hlm. 14.
Ana Widyastuti, Implementasi Project Based Learning Pada Kurikulum 2022 Prototipe Merdeka Belajar, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2022), hlm. 55.
Andriani Safitri, dkk, “ Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa
Indonesia”, Junal Basicedu , Vol.6, No.4, 2022, hlm. 4-5
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Panduan implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Kementerian
Pendidikan,Kebudayaan,Riset,danTeknologi.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id
Chumi Zahroul Fitriyah, Rizki Putri Wardani, “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.12, No.3, September 2022, hlm.5.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., & Khamdi, I. M. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik |
Jurnal JendelaPendidikan.
https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/309
Hardani, S., dkk. (2020). Metodologi penelitian kualitatif (hal. 161-162). Jamaludin, dkk, “Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan
Kampus Mengajar di Sekolah Dasar”, Jurnal Cakrawala Pendas, Vol 8 No 3, 2022, hlm. 02.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi. Jakarta: Kemdikbud.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017), hlm. 06.
Nurul Hikmah, Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini
(Tangerang Selatan: Bait Qur’ani Multimedia, 2022), hlm.18.
Rizky Satria, dkk, Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Jakarta: Badan, Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek Republik Indonesia, 2022), hlm. 23.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Peserta didik Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Sugiyono. (2018), hlm. 409. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018), hlm. 410. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018), hlm. 411. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018), hlm. 418 . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke-17). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















