PROSES TERBENTUKNYA INTEGRASI PAI DAN SAINS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.29397Keywords:
Integrasi PAI dan Sains, Paradigma Tauhid, Pendidikan Islam, Kurikulum, Pendekatan HolistikAbstract
Dikotomi antara ilmu agama dan ilmu sains dalam sistem pendidikan Islam masih menjadi tantangan besar yang berdampak pada cara pandang peserta didik terhadap pengetahuan. Pendidikan Agama Islam (PAI) cenderung diajarkan secara normatif dan spiritual, sedangkan ilmu sains bersifat empiris dan rasional, sehingga keduanya sering kali berjalan secara terpisah. Padahal, dalam perspektif Islam, tidak ada pemisahan antara wahyu dan akal, antara nilai spiritual dan realitas ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses terbentuknya integrasi antara PAI dan sains, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research), di mana data diperoleh dari literatur akademik, jurnal ilmiah, dan dokumen kebijakan pendidikan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses integrasi PAI dan sains terbentuk melalui tiga tahap utama: konstruksi paradigma keilmuan berbasis tauhid, rekonstruksi kurikulum berbasis nilai Islam, dan kolaborasi pedagogis lintas disiplin. Faktor-faktor kunci yang mendukung integrasi antara lain adalah kesadaran epistemologis pendidik, desain kurikulum yang fleksibel, serta dukungan kelembagaan. Kesimpulannya, integrasi PAI dan sains merupakan proses sistemik dan berkelanjutan yang menuntut pergeseran paradigma dari pendekatan dikotomis menuju pendekatan holistik-transformatif yang menempatkan wahyu dan sains sebagai dua sumber ilmu yang saling melengkapi.Downloads
References
Arifuddin, A. (2015). Konsep Integrasi Ilmu dalam Pandangan Ismail Raji Al-Faruqi. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 3(1).
Ashari, M. K., Faizin, M., Yudi, U., Aziz, Y., & Irhami, H. (2023). Konstruksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Interdisipliner dalam Menanamkan Sikap Religius Peserta Didik. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(2), 307–322.
Bowen, G. A. (2018). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40.
Edison, E., Hitami, M., & Anwar, A. (2021). Persepsi dan implementasi integrasi Islam dan sains di SMA IT Al Ihsan Pekanbaru. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 381–394.
Hajita, M. (2024). Paradigma integrasi agama Dan sains dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 265–289.
Kustati, M., Sepriyanti, N., & Kurnia, A. (2024). Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Moderasi Beragama: Tinjauan Literatur. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(2), 332–350.
Mahanis, J., & Pd, M. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Kajian Teoritis dan Praktis. Goresan Pena.
Mahanis, J., & Varadila, U. (2025). The Influence of Digital Marketing on the Attraction of Educational Institutions in the Technology Era. International Journal of Global Sustainable Research, 3(5), 391–396.
Mannan, A. (2018). Transformasi nilai-nilai tauhid dalam perkembangan sains dan teknologi. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 4(2), 252–268.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muzhiat, A., & Kartanegara, M. (2020). Integrasi Ilmu Dan Agama; Studi Atas Paradigma Integrasi, Komparasi, Difusi Menuju Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Yang Unggul. Al Qalam, 37(1), 69–88.
Nurhayati, Juni Mahanis, E. N. (2025). Challenges in Implementing School Vision and Mission in Riau Islands.
Nurhayati, Lias Hasibuan, K. I. R. (2021). Determinas Minat Belajar Dan Sikap Tehadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(10), 2013–2015.
Nurhayati. (2025). Peran Stakeholder dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis Inovasi di SMP II Luqman Al Hakim 02 Batam. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 5(April).
Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.
Permana, R. S. G., Anam, C., & Sahroni, M. (2025). Analisis Strategi Pengembangan Profesional Dosen di Perguruan Tinggi: Tinjauan Literatur. Journal of Studies in Educational Management and Research, 1(1), 45–49.
Saumantri, T. (2019). Wacana Integrasi Ilmu Dalam Pandangan Al-Ghozali. JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 5(2), 128–138.
Witono, N., Mahanis, J., & Bakar, A. (2025). Strategic Steps for Integrating Religious and Scientific Education in the Context of Learning Material Comprehension for Senior High School Students in Batam. International Journal of Global Sustainable Research, 3(5), 383–390.
Zainiyati, H. S. (2014). Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang. Ulumuna Journal of Islamic Studies, 18(1), 134–158.
Zed, M. (2018). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.