METODE DAN MODEL INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SAINS

Authors

  • Suhardis UIN Suska Riau, Indonesia
  • Juni Mahanis UIN Suska Riau, Indonesia
  • Alpizar UIN Suska Riau, Indonesia
  • Abu Bakar UIN Suska Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.29386

Keywords:

Integrasi Pendidikan Islam, Ilmu Sains, Model Kurikulum, Pendidikan Holistik, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Dikotomi antara ilmu agama dan ilmu sains dalam sistem pendidikan masih menjadi persoalan fundamental yang memengaruhi paradigma berpikir peserta didik. Pendidikan Agama Islam (PAI) cenderung diajarkan secara normatif-teologis, sementara sains bersifat empiris-objektif, yang sering kali menyebabkan terjadinya pemisahan antara nilai dan pengetahuan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, integrasi antara PAI dan sains menjadi kebutuhan strategis untuk menciptakan sistem pendidikan yang holistik, spiritual, dan rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis model integrasi yang dapat digunakan dalam pendidikan Islam agar mampu menyatukan aspek keimanan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research), dimana data diperoleh dari berbagai literatur akademik dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa model integrasi yang dapat diterapkan, antara lain model integratif-paralel, integratif-tematik, dan integrasi transdisipliner. Masing-masing model tersebut memiliki pendekatan berbeda dalam menyatukan nilai-nilai Islam dengan substansi sains, baik melalui struktur kurikulum maupun pendekatan pembelajaran. Kesimpulannya, integrasi antara PAI dan sains tidak hanya memungkinkan pembelajaran yang lebih menyeluruh dan bermakna, tetapi juga membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual dan etis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Komariah, & Satori, D. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Am, I. A., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran tematik integratif pada kurikulum 2013 di kelas rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35–46.

Ashari, S. P., Latip, A., Rahman, A., Pd, S., Waluyanti, E., & Esti Kusminingsih, S. S. (2025). Pendidikan Agama Islam dalam Lensa Filsafat Ilmu. Uwais Inspirasi Indonesia.

Basri, B., Mahyiddin, M., Putra, A. J., & Wahidah, W. (2023). Pola Pengembangan Budaya Akademik Pada Pendidikan Tinggi Islam Negeri Aceh. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 90–106.

Dawis, A. M., Meylani, Y., Heryana, N., Alfathoni, M. A. M., Sriwahyuni, E., Ristiyana, R., … Baali, Y. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian.

Hakim, L. (2020). Pendidikan Islam Integratif: Best Practice Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. Gestalt Media.

Hanum, R. (2019). Integrasi Ilmu Dalam Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Di Aceh (Studi Kasus SD IT Aceh Besar dan Bireuen). Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Hidayat, F. (2015). Pengembangan paradigma integrasi ilmu: Harmonisasi Islam dan sains dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 299–318.

Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2020). Model pengembangan kurikulum Tyler dan implikasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197–218.

Irawan, D., & Putra, R. S. (2022). Integrasi Ilmu Pengetahuan: Kajian Interdisipliner, Multidisipliner dan Transdisipliner Ilmu Pendidikan Islam Kontemporer. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), 132–140.

Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage publications.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.

Mumtazah, M. N., Pambayun, K. A. P., Rohmatic, Z. A., & Al-Faruqi, M. Z. (2025). Integrasi Tafsir Tarbawi dan Sains Dalam Mewujudkan Lingkungan Pendidikan yang Islami dan Berkelanjutan. Nawasena: Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 1(02), 15–22.

Negeri, G. P. A. I. S. M. P., & Mrebet, P. (n.d.). Model Pembelajaran Pai Integratif.

Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 63–74.

Nurhayati, Lias Hasibuan, K. I. R. (2021). Determinas Minat Belajar Dan Sikap Tehadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(10), 2013–2015.

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.

Pettalongi, S. S. (2022). Integrasi Ilmu di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin.

Yulanda, A. (2019). Epistemologi Keilmuan Integratif-Interkonektif M. Amin Abdullah Dan Implementasinya Dalam Keilmuan Islam. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 18(1), 79–104.

Downloads

Published

2025-06-30