ANALISIS KESALAHAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRINGGASELA TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.29293Keywords:
Errors Analysis; Mathematical Reasoning; Number Patterns; Gender.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan penalaran dalam menyelesaikan masalah pola bilangan. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan prosedur penalaran matematis ditinjau dari jenis kelamin. Tahapan penalaran matematis dalam penelitian ini meliputi mengidentifikasi sebuah pola, membuat dugaan, memberikan bukti, dan memberikan argumen tanpa bukti. Subjek penelitian kelas VIII A dan VIII B SMPN 1 Pringgasela tahun ajaran 2024/2025 dipilih dengan purposive sampling. Untuk memperdalam hasil penelitian dipilih 3 siswa untuk setiap jenis kelamin. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen tes pola bilangan dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh persentase kesalahan penalaran matematis yaitu: (i) siswa perempuan tahap mengidentifikasi sebuah pola 50%, membuat dugaan 33%, memberikan bukti 17%, dan memberikan argumen tanpa bukti 22%; (ii) siswa laki-laki tahap mengidentifikasi sebuah pola 22%, membuat dugaan 100%, memberikan bukti 67%, dan memberikan argumen tanpa bukti 56%; (iii) penyebab kesalahan siswa perempuan kurang teliti memahami soal dan kurang terbiasa dalam menyimpulkan hasil akhir; (iv) penyebab kesalahan siswa laki-laki karena kurang memahami materi pola bilangan, kurang teliti dalam perhitungan, kurang teliti memahami soal dan tidak terbiasa dalam menyimpulkan hasil akhir. Kata Kunci: Analisis Kesalahan; Penalaran Matematis; Pola Bilangan; Jenis Kelamin.Downloads
References
idwan, M. (2017). Profil kemampuan
penalaran matematis siswa
ditinjau dari gaya belajar.
KALAMATIKA Jurnal
Pendidikan Matematika, 2(2),
193–206.
https://doi.org/10.22236/kalam
atika.vol2no2.2017pp193-206
Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018).
Kemampuan Penalaran
Matematis Siswa Berdasarkan
Gender Pada Materi Geometri.
Jurnal Numeracy, 5(1), 41-48.
Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., &
Hapipi. (2021). Analisis
Kesalahan Dalam
Menyelesasikan Soal Cerita
Matematika Ditinjau Dari Gaya
Belajar Siswa. Griya Journal of
Mathematics Education and
Application, 1(3), 348-358.
https://doi.org/https://doi.org/10
.29303/griya.v1i3.80
Sari, N. I. P., Subanji, & Hidayanto, E.
(2018). Diagnosis kesalahan
penalaran
matematis siswa dalam
menyelesaikan masalah pola
bilangan. Jurnal Kajian
Pembelajaran Matematik, 2(2),
64–69.
http://journal2.um.ac.id/index.p
hp/jkpm/article/view/1065
Siswanto dan Siti Khabibah. (2016).
“Penalaran Siswa Dalam
Memecahkan Masalah
Matematika Ditinjau dari
Perbedaan Jenis Kelamin’.
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika, 2(10): diakses
pada tanggal 7 januari 2024
dari
(jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/i
ndex.phpeuclid/articel/downloa
d/128/124).
Suparman, S., Jupri, A., Musdi, E.,
Amalita, N., Tamur, M., &
Chen, J. (2021). Male and
Famale studentsds’
mathematical reasoning skills
in solving trygonometry
problems. Beta: Jurnal Tadris
Matematika, 14(1), 34-52.
https://doi.org/10.24-
0414/betajtm.v14il.441.
Yustitia, V. (2017). Profil Kemampuan
Penalaran Mahaiswa PGSD
Unipa Surabaya Dalam
Pemecahan Masalah
Matematika Sekolah. Jurnal
Pendidikan Sekolah.
https://doi.org/10.30870/jpsd.v
3i2.2133
Zulfah, N. A. A., Kusumaningsih, W.,
& Endahwuri, D. (2021). Profil
kemampuan penalaran
matematis dalam
menyelesaikan soal cerita
ditinjau dari gaya belajar siswa.
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika, 6(2), 277–284.
https://scholar.archive.org/wor
k/pgzsnkei5vdwnn4nnvopks4jfi
/access/wayback/http://journal.
upgris.ac.id/index.php/JIPMat/
article/download/9495/pdf.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.