ANALISIS KESALAHAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRINGGASELA TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • nurul ambia Universitas Mataram
  • Nani Kurniati Universitas Mataram
  • Tabita Wahyu Triutami Universitas Mataram
  • Sri Subarinah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.29293

Keywords:

Errors Analysis; Mathematical Reasoning; Number Patterns; Gender.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan penalaran dalam menyelesaikan masalah pola bilangan. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan prosedur penalaran matematis ditinjau dari jenis kelamin. Tahapan penalaran matematis dalam penelitian ini meliputi mengidentifikasi sebuah pola, membuat dugaan, memberikan bukti, dan memberikan argumen tanpa bukti. Subjek penelitian kelas VIII A dan VIII B SMPN 1 Pringgasela tahun ajaran 2024/2025 dipilih dengan purposive sampling. Untuk memperdalam hasil penelitian dipilih 3 siswa untuk setiap jenis kelamin. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen tes pola bilangan dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh persentase kesalahan penalaran matematis yaitu: (i) siswa perempuan tahap mengidentifikasi sebuah pola 50%, membuat dugaan 33%, memberikan bukti 17%, dan memberikan argumen tanpa bukti 22%; (ii) siswa laki-laki tahap mengidentifikasi sebuah pola 22%, membuat dugaan 100%, memberikan bukti 67%, dan memberikan argumen tanpa bukti 56%; (iii) penyebab kesalahan siswa perempuan kurang teliti memahami soal dan kurang terbiasa dalam menyimpulkan hasil akhir; (iv) penyebab kesalahan siswa laki-laki karena kurang memahami materi pola bilangan, kurang teliti dalam perhitungan, kurang teliti memahami soal dan tidak terbiasa dalam menyimpulkan hasil akhir.   Kata Kunci: Analisis Kesalahan; Penalaran Matematis; Pola Bilangan; Jenis Kelamin.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

idwan, M. (2017). Profil kemampuan

penalaran matematis siswa

ditinjau dari gaya belajar.

KALAMATIKA Jurnal

Pendidikan Matematika, 2(2),

193–206.

https://doi.org/10.22236/kalam

atika.vol2no2.2017pp193-206

Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018).

Kemampuan Penalaran

Matematis Siswa Berdasarkan

Gender Pada Materi Geometri.

Jurnal Numeracy, 5(1), 41-48.

Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., &

Hapipi. (2021). Analisis

Kesalahan Dalam

Menyelesasikan Soal Cerita

Matematika Ditinjau Dari Gaya

Belajar Siswa. Griya Journal of

Mathematics Education and

Application, 1(3), 348-358.

https://doi.org/https://doi.org/10

.29303/griya.v1i3.80

Sari, N. I. P., Subanji, & Hidayanto, E.

(2018). Diagnosis kesalahan

penalaran

matematis siswa dalam

menyelesaikan masalah pola

bilangan. Jurnal Kajian

Pembelajaran Matematik, 2(2),

64–69.

http://journal2.um.ac.id/index.p

hp/jkpm/article/view/1065

Siswanto dan Siti Khabibah. (2016).

“Penalaran Siswa Dalam

Memecahkan Masalah

Matematika Ditinjau dari

Perbedaan Jenis Kelamin’.

Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika, 2(10): diakses

pada tanggal 7 januari 2024

dari

(jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/i

ndex.phpeuclid/articel/downloa

d/128/124).

Suparman, S., Jupri, A., Musdi, E.,

Amalita, N., Tamur, M., &

Chen, J. (2021). Male and

Famale studentsds’

mathematical reasoning skills

in solving trygonometry

problems. Beta: Jurnal Tadris

Matematika, 14(1), 34-52.

https://doi.org/10.24-

0414/betajtm.v14il.441.

Yustitia, V. (2017). Profil Kemampuan

Penalaran Mahaiswa PGSD

Unipa Surabaya Dalam

Pemecahan Masalah

Matematika Sekolah. Jurnal

Pendidikan Sekolah.

https://doi.org/10.30870/jpsd.v

3i2.2133

Zulfah, N. A. A., Kusumaningsih, W.,

& Endahwuri, D. (2021). Profil

kemampuan penalaran

matematis dalam

menyelesaikan soal cerita

ditinjau dari gaya belajar siswa.

Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika, 6(2), 277–284.

https://scholar.archive.org/wor

k/pgzsnkei5vdwnn4nnvopks4jfi

/access/wayback/http://journal.

upgris.ac.id/index.php/JIPMat/

article/download/9495/pdf.

Downloads

Published

2025-07-11