PENGEMBANGAN PERMAINAN KECIL BERORENTASI MATERI UNTUK PEMANASAN DALAM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Nurjasman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rolly Afrinaldi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Resty Gustiawati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28703

Keywords:

: Sarana ,Prasarana ,Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan kecil berorientasi materi untuk pemanasan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMK Negeri 1 Karawang. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 80 siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika dan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan teknik sampling jenuh. Produk yang dihasilkan berupa model permainan kecil seperti Bola Beracun, SOS, Rebut Cones, dan Lempar Tangkap Bola, yang dirancang untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kesiapan fisik siswa dalam pembelajaran PJOK. Hasil uji coba menunjukkan bahwa model permainan ini dinilai efektif dalam meningkatkan aktivitas dan antusiasme siswa selama sesi pemanasan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap inovasi pembelajaran PJOK yang menyenangkan dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, S., Suranto, T., & Nurseto, A. (2013). Peregangan St atis dan Manfaatnya dalam Olahraga. Jurnal Kesehatan Olahraga, 15(2), 78-85.

Anderson, B. E., Smith, J. R., & Johnson, L. M. (2014). Pentingnya Pemanasan dalam Kinerja Atletik. Jurnal Ilmu Olahraga, 32(5), 455-462.

Apriliani, R., Sari, D., & Putri, A. (2020). Evaluasi Model Pembelajaran ADDIE dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(4), 300-310.

Arikunto, Suharsini. (2006). Prosuder Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Barfirman, A., & Wahyuri, R. (2019). Pemanasan dalam Pendidikan Jasmani: Teori dan Praktik. Jurnal Ilmu Olahraga, 14(1), 67-75.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan.

Ermawati, E., & Rufaidah, N. (2019). Model Pengembangan ADDIE dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 201-210.

Fahrizqi, M., Rahman, A., & Sari, D. (2021). Pemanasan Dinamis: Kunci untuk Pencegahan Cedera dalam Olahraga. Jurnal Kedokteran Olahraga dan Kebugaran Fisik, 61(4), 567-573.

Farhani, N. (2019). Pendidikan Karakter dalam Membangun Generasi Masa Depan Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 15-22.

Gustiawati, 2017. (2017). Penerapan Materi Model Pembelajaran Permainan Kecil Di Dalam Pemanasan Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas Vi Sdn Mekarsari 05 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Motion. Jurnal Riset Physical Education, 8(1), 50-58. https://doi.org/10.33558/motion.v8i1.453

Hartati, S., dkk. (2012). Permainan Kecil dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Penerbit XYZ.

Hidayat, A. (2022). Pengembangan Permainan Edukatif dalam Pembelajaran PJOK untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(2), 123-130.

I Mode Yoga Prawata ( 2021:222). Implememtasi Kurikulum Belajar Mandiri Mata. Sibatik jurnal, 2(7),2085-2090.

Iqroni, M. (2020). Pengaruh Permainan Kecil terhadap Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani, 8(2), 45-52.

Kiswanto 2018) (Yulienugroho,2015). Tingkat pengetahuan siswa tentang pentingnya pemanasan dan pendiginan pada sekolah sepak bola (SSB) tunas harapan kecamatan lubuk basung kabupaten agam. Jurnal patriot, I, 249-256

Mawarni, R., & Hendriyani, S. (2021). Pengembangan Permainan Kecil dalam Pembelajaran PJOK di SMK Negeri 1 Karawang. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(3), 150-160.

Mistry, Dhali, & Sahu, 2019). (2021) Surve sarana dan prasarana Pendidikan jasmani, olahraga dan Kesehatan di SMA/SMK Negeri se-kota Mojekorto. Jurnal Pendidikan jasmani dan Kesehatan, 9(1), 133-137. http:// ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani.

Mustaqim, M. (2016). Analisis Kebutuhan Siswa dan Guru dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani, 8(2), 45-52.

Prasetyo, H. (2022). Pentingnya Pengalaman Praktis dalam Pendidikan SMK untuk Meningkatkan Daya Saing Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 45-53.

Pratama, A., & Yuliandra, R. (2021). Peran Pemanasan dalam Pendidikan Jasmani: Sebuah Studi tentang Kinerja Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(3), 123-130.

Rahayu, S. (2023). Inovasi dan Adaptasi Siswa SMK di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(4), 200-210.

Rahman, M. (2023). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Pendidikan Jasmani: Meningkatkan Keterlibatan Siswa Melalui Permainan Kecil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 45-52.

Rusttandi, A. (2021). Model ADDIE dalam Pengembangan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(4), 200-210.

Santrock, J. W. (2021). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sari, D., Rahman, A., & Putri, R. (2021). Aktivitas Ekstrakurikuler dan Pengembangan Soft Skills Siswa SMKN 1 Karawang. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 101-110.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Takizawa, K. (2012). Pemanasan dan Dampaknya terhadap Kinerja serta Pencegahan Cedera. Jurnal Kedokteran Olahraga Internasional, 33(6), 455-460.

Waruwu, A. (2023). Metode Penelitian Kombinasi dalam Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 25-34.

Downloads

Published

2025-09-24