Artikel PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATERI PENGAMALAN PANCASILA UNTUK SISWA SD KELAS IV

Authors

  • Fathiinatut Taqiyyah Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Universitas Muria Kudus
  • Fatikhatun Najikhah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28464

Keywords:

Komik Digital, Canva, Pengamalan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan komik digital berbasis aplikasi canva pada materi pengamalan Pancasila sebagai media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran siswa kelas VI SDN 2 pendosawalan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Metode pengembangan komik digital berbasis aplikasi canva ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa kelas IV SDN 2 Pendosawalan. Instrument yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi, dan lembar angket. Hasil dari kelayakan media pembelajaran mendapatkan kategori “Sangat Layak” dari validator ahli materi dan ahli media sebesar 92% dan 93%. Kepraktisan media pembelajaran mednapatkan kategori “Sangat Praktis” dari respon siswa dan guru sebesar 83% dan 92%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa komik digital telah layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan ini berimplikasi bahwa proses pembelajaran menjadi efektif, siswa lebih berminat membaca dengan kalimat sederhana, mudah dipahami dan adanya variasi gambar pada komik tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi Mulia, Y., Kristin, F., & Kristen Satya Wacana Salatiga, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. 4.

Aisyah Fadilah, Kiki Rizki Nurzakiyah, Nasywa Atha Kanya, Sulis Putri Hidayat, & Usep Setiawan. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 01–17.

Andang Dewi, P., Syawaluddin, A., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Materi Nilai-Nilai Pancasila Kela V Di SD Negeri Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Ayu, S., Pinatih, C., & Semara Putra, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Daniyati, A., Bulqis Saputri, I., Aqila Septiyani, S., & Setiawan, U. D. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. In Journal of Student Research (JSR) (Vol. 1, Issue 1).

Dwi Riyanti, D., Wibawa, S., & Sarjanawiyata Tamansiswa, U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Kodya (Komik Media Digital Keragaman Budaya) Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri Pleret Kidul. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09 Nomor 1, 2548–6950.

Febriyandani, R. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323–330. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index

Hana, Y., Wahyu K, S., Utami, R., Wijayanti, L., Wilda, A., & Najikhah, F. (2023). Penerapan Media Pop Up Book Terhadap Minat Baca Siswa Kelas IV SDN 3 Karangbener. 481–489. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mj

Huangfu, J., Li, R., Xu, J., & Pan, Y. (2025). Fostering Continuous Innovation in Creative Education: A Multi-Path Configurational Analysis of Continuous Collaboration with AIGC in Chinese ACG Educational Contexts. Sustainability (Switzerland), 17(1). https://doi.org/10.3390/su17010144

Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). ELSE (Elementary School Education Journal) Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. 7(1). https://doi.org/10.3065

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 2. https://www.canva.com.

Lathifah, A. S. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Konstruktivisme: Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 4(1), 69–76. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v4i1.2838

Meilani, N., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital Menggunakan Canva Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research.

Nasution, F. U., & Tambunan, H. P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Digital Interaktif Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas V Sd. IJEB: Indonesian Journal Education Basic, 02(01), 22–27. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJEB

Nasution, Y. K., Hidayat, R., & Safitri, N. (2024). Pengembangan E-Modul Menggunakan Heyzine Flipbook Pada Materi Norma Dalam Adat Istiadat Daerahku.

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978

Nurafrilian, S., Sukamanasa, E., Suchyadi3, Y., Fkip, P., & Pakuan, U. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Canva Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Sumber Energi.

Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar dalam Kehidupan Sehari-hari. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 116–124. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.191

Pinatih, K. A. M., & Wiarta, I. W. (2022). Media Pembelajaran Cerita Bergambar Berbasis Problem Solving Pada Materi Volume Kubus dan Balok Muatan Pelajaran Matematika Kelas V. 4.

Priamada, A. I., & Utomo, A. C. (2024). Pengembangan Media Flipchart Berbasis Komik pada Materi Sila-sila Pancasila untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2). https://jurnaldidaktika.org

Puspaningrum, A. N., Pratiwi, I. A., & Zuliana, E. (2024). Pengembangan Media Komantatika (Komik Pengolahan Data Matematika) Melalui Pendekatan Rme Untuk Memantik Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SDIT Al-Akhyar.

Putri, A., Azzahra Arrasuli, B., & Putri Adelia, R. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Canva.

Rahmayani, W., Syahrilfuddin, H., & M. Jaya Adi Putra. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital (KODIG) pada Elemen Pemahaman IPAS pada Fase B. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 315–328. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i3.2621

Rifqa Afisa, Z., Fajrie, N., Pratiwi, I. A., Fkip, P., & Kudus, U. M. (2023). Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V MI PIM Mujahidin.

Rijalul Akbar, M., Arie Shandi, S., & Taman Siswa Bima, S. (2021). Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa.

Rita Kumala Sari. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 60–69.

Riza, A., Sahari, S., & Salim, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Mata Pelajaran PPKn.

Salma, J. K., Pandita Bastari, R., & Prajana, A. M. (2021). Perancangan Komik Digital tentang Anxiety Disorder untuk meningkatkan Awareness. Vol 8, No. 6, 2840.

Suharti, Retno Dabu Rusmawati, & Nunung Nurjati. (2022). Pengembangan Komik Digital Huruf Jawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas VII di SMP Negeri 29 Surabaya. 14(1).

Syahnaz, E., Wijaya, V., Wahyuni, S., Studi Teknik Multimedia Politeknik Negeri Sambas, P., Salahuddin, K., & Wijaya Sri Wahyuni, V. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran IPS Siswa SDN 02 Kelas III Kab. Sambas Development Of Digital Comic Media In The Learning Of Social Sciences Students SDN 02 Class III Kab. Sambas Info Artikel Abstrak. Journal of Scientech Research and Development, 2(2). http://idm.or.id/JSCR

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. 10.

Wulan Sari, A., & Dwi Wicaksono, V. (2022). Pengembangan Media Komik Literasi Islam Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Nilai-Nilai Pancasila Kelas V SD Plus Darul Ulum Jombang.

Wulandari, D., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2023). Analisis Kebutuhan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar di Bojonegoro. Journal on Education, 06(01).

Yulianti, G., Benardi, Permana, N., & Wijayanti, F. A. K. (2023). Transformasi Pendidikan Indonesia: Menerapkan Potensi Kecerdasan Buatan(AI).

Yuniarti, A., Safarini, F., Rahmadia, I., Putri, S., & Biologi, P. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. 4(2).

Yuyun Asnawati, & Sutiah. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.20

Downloads

Published

2025-06-25