PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LAPBOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Indah Amalia Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Afridha Laily Alindra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wina Mustikaati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27975

Keywords:

Problem Based Learning (PjBL), Lapbook, Pemahaman Konsep IPS

Abstract

Pemahaman konsep merupakan landasan utama dalam proses pembelajaran. Tanpa pemahaman konsep yang kuat, siswa akan mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman konsep siswa menjadi prioritas dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media lapbook pada kelas eksperimen dan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PowerPoint pada kelas kontrol terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental berbentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep IPS yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, yang diberikan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep IPS antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah perlakuan. Rata-rata N-gain kelompok eksperimen mencapai 63,69%, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal ini mengindikasikan bahwa model PjBL berbantuan media lapbook efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Pustaka Pelajar.

Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991). Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning. Educational Psychologist, 26(3–4), 369–398. https://doi.org/10.1080/00461520.1991.9653139

Dahri, N. (2022). Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model pembelajaran abad 21. CV. MUHARIKA RUMAH ILMIAH.

Halimah, L., Marwati, I., & Abdillah, F. (2020). Fostering Students’ Creativity through Lapbooking: A Case Study in an Indonesian Primary School Context. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 2969–2979. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080725

Karim Abdul. (2015). PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Sekolah Tinggi Islam Negeri Kudus.

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, Mokh. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI) , 17(1), 39–47.

Roviati, E., Widodo, A., Purwianingsih, W., & Riandi, R. (2019). Development of Argumentation-Based Critical Thinking Skills Tests in Microbiology Laboratory. Scientiae Educatia, 8(1), 76. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v8i1.475

Sapriya. (2006). Konsep Dasar IPS. UPI Press.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D Pengarang Dr Sugiyono. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. PT. Bumi Aksara.

Suweni, Dianasari, & Prabawati Nurhabibah. (2023). Penıngkatan Hasıl Belajar Model Project Based Learnıng Berbasıs Lapbook Kelas III SDN 1 Semplo. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1609–1618. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7127

Wulandari, R., Mustadi, A., & Rahayuningsih, Y. (2021). Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Lapbook terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 300. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14511

Yuniati, A., & Indriayu, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Keberagaman Budaya dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Lapbook. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91557

Downloads

Published

2025-08-15