PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LAPBOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27975Keywords:
Problem Based Learning (PjBL), Lapbook, Pemahaman Konsep IPSAbstract
Pemahaman konsep merupakan landasan utama dalam proses pembelajaran. Tanpa pemahaman konsep yang kuat, siswa akan mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman konsep siswa menjadi prioritas dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media lapbook pada kelas eksperimen dan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PowerPoint pada kelas kontrol terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental berbentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep IPS yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, yang diberikan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep IPS antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah perlakuan. Rata-rata N-gain kelompok eksperimen mencapai 63,69%, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal ini mengindikasikan bahwa model PjBL berbantuan media lapbook efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa sekolah dasar.Downloads
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Pustaka Pelajar.
Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991). Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning. Educational Psychologist, 26(3–4), 369–398. https://doi.org/10.1080/00461520.1991.9653139
Dahri, N. (2022). Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model pembelajaran abad 21. CV. MUHARIKA RUMAH ILMIAH.
Halimah, L., Marwati, I., & Abdillah, F. (2020). Fostering Students’ Creativity through Lapbooking: A Case Study in an Indonesian Primary School Context. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 2969–2979. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080725
Karim Abdul. (2015). PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Sekolah Tinggi Islam Negeri Kudus.
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, Mokh. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI) , 17(1), 39–47.
Roviati, E., Widodo, A., Purwianingsih, W., & Riandi, R. (2019). Development of Argumentation-Based Critical Thinking Skills Tests in Microbiology Laboratory. Scientiae Educatia, 8(1), 76. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v8i1.475
Sapriya. (2006). Konsep Dasar IPS. UPI Press.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D Pengarang Dr Sugiyono. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. PT. Bumi Aksara.
Suweni, Dianasari, & Prabawati Nurhabibah. (2023). Penıngkatan Hasıl Belajar Model Project Based Learnıng Berbasıs Lapbook Kelas III SDN 1 Semplo. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1609–1618. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7127
Wulandari, R., Mustadi, A., & Rahayuningsih, Y. (2021). Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Lapbook terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 300. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14511
Yuniati, A., & Indriayu, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Keberagaman Budaya dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Lapbook. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91557
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.