PENGEMBANGAN APLIKASI NUTRIPLAY SEBAGAI KAMPANYE SEKOLAH SEHAT BERGIZI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
educational game, development, 4D Development Model, elementary school, health, AplikasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa masih sedikit sekolah menjumpai media pembelajaran program kampanye sekolah sehat bergizi, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Nutriplay sebagai kampanye sekolah sehat bergizi pada siswa sekolah dasar. Dengan metode penelitian yang digunakan berupa pengembangan D&D (Design and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Nutriplay terbukti layak dan memperoleh respon positif sebagai media pembelajaran kampanye sekolah sehat bergizi pada siswa sekolah dasar yang berimplikasi terhadap peningkatan kesadaran siswa mengenai pentingnya mengonsumsi makanan bergizi, menjauhi makanan yang tidak bergizi dan pemahaman gizi seimbang atau isi piringku.Downloads
References
Akmal, M. L., Pernadi, D., & Kusumaningrum, J. (2025). Analisis sentimen program makan siang gratis menggunakan multinomial naive bayes. Jurnal Ilmiah Sinus (JIS), 23(1), 117–126. https://doi.org/https://doi.org/ 10.30646/sinus.v23i1.899
Amalia, N. N., Sunaengsih, C., & Sujana, A. (2025). Peran pembelajaran berbasis masalah berbantuan media video untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas v sd pada materi siklus air. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 2548–6950. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23026
Andin, A., Risti, D., Latifah, I., Panuntun, M., Nur, M., Selviani, R., & Saptatiningsih, R. I. (2025). Penerapan nilai pancasila melalui program makan bergizi gratis. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 3(1), 370–383.
Ardelia, M. P., Namira, A. R., & Chairunnisa, V. T. (2024). Peran makan siang gratis dalam janji kampanye Prabowo Gibran dan realisasinya. Jolasos : Journal of Law and Social Society, 1(1), 1–10.
Azhara, A. R., Aufa, F. W., Febriyani, F., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan aplikasi web takwai sebagai media edukasi tentang etika penggunaan produk teknologi bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4494–4502.
Azizah, H., Handajani, S., Romadhoni, I. F., & Miranti, M. G. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis video interaktif pada materi pengetahuan bumbu dan rempah program keahlian tata boga untuk siswa smk. Jurnal Tata Boga, 12(2), 15–24. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/
Dermawan, A., Mahanim, M., & Siregar, N. (2022). Upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Asahan. Jurnal Bangun Abdimas, 1(2), 98–104. https://doi.org/10.56854/ba.v1i2.124
Erianti, N., Afiani, K. D. A., & Putra, D. A. (2023). Pengembangan media game data master pada pembelajaran matematika untuk siswa kelas V sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5423–5434. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11681
Fauziah, J., Trisnawati, K. D., Rini, K. P. S., & Putri, S. U. (2024). Stunting: Penyebab, gejala, dan pencegahan. Jurnal Parenting Dan Anak, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/jpa.v1i2.220
Fitriahadi, E., Suparman, Y. A., Silvia, W. T. A., Wicaksono G, K., Syahputra, A. F., Indriyani, A., Ramadhani, I. W., Lestari, P., & Asmara, R. F. (2023). Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya stunting. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 411–416. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.154
Gunawan, S. M., & Kalbuadi, M. J. C. (2022). Programmer tanpa coding. SCU Knowledge Media.
Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Hayati, N., & Supardi. (2023). Media pembelajaran berbasis digital (teori & praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Karomah, U., Wahyuni, F. C., & Trisnasari, Y. D. (2024). Program penyelenggaraan makan siang sekolah: Studi literatur tentang dampak kesehatan, hambatan dan tantangan. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 4(1), 93–103. https://doi.org/10.55480/saluscultura.v4i1.188
Meilita, I., Timur, L. S., & Asbari, M. (2023). Pendidikan melalui permainan: Membangun kreativitas dan inovasi pada generasi digital. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 02(05), 68–72.
Nainggolan, G. A., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Development of augmented reality media technology andoid-based applications on learning “cultural diversity in indonesia” elementary school. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(4), 1048–1063. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v10i4.10027
Nurhayati, Aslan, & Susilawati. (2023). Penggunaan teknologi gadget sebagai media pembelajaran pada anak usia dini di Raudhatul Atfhal Al-Ikhlas Kota Singkawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(3), 485–500.
Nursoba, W., Angga, P. D., & Tahir, M. (2023). Pengembangan media piramase (piramida makanan sehat) bagi peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 1071–1081. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5108
Rahmawati, A., Aeni, A. N., & Ismail, A. (2024). Pengembangan media kampanye sekolah sehat berbasis teknologi pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 589–597. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.911
Rambe, A. H., Parapat, H. F., & Hadinata, R. (2024). Pemanfaatan media berbasis game dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(3), 11–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30 651/else.v8i3.24251
Renggani, S. A., Priyanto, W., & Handayani, D. E. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran IPAS kelas 4 SD. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 233–241. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8115
Rohim, A., & Wardhani, I. S. (2024). Media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 91–101. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2721
Rukmana, T., Angga, P. D., & Zain, M. I. (2023). Media bahan ajar digital makanan sehat bagi peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Educatio, 9(4), 1071–1081. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5108
Salsabila, A. H., Iriani, T., & Sri Handoyo, S. (2023). Penerapan model 4D dalam pengembangan video pembelajaran pada keterampilan mengelola kelas. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 495–505. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.553
Sari, W., Nugraha, R. G., & Ali, E. Y. (2025). Development of bejami (belajar ekonomi) learning media based on android applications as an innovation in social studies learning in grade v of elementary school. Jurnal Cakrawala Pendas, 11(1), 65–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v11i1.11868
Sitompul, B. (2022). Kompetensi guru dalam pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823
Sukmawati, Ainiyah, S. W., & Rohma, E. A. (2025). Pengaruh game edukasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik; studi kasus SDN Daleman I. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jmia. v2i1.3361 Pengaruh
Sunaengsih, C., Djuanda, D., Irawati, R., Isrok’atun, I., Karlina, D. A., & Juneli, J. A. (2023). Survey on transformational leadership models in improving the quality of academic services of elementary schools. Mimbar Sekolah Dasar, 10(2), 429–455. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v10i2.51289
Tifani, A. Z., & Nurhanifah. (2023). Implikasi permainan latto-latto terhadap aspek perkembangan anak yang kecanduan gadget. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 125–135. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.169
Wibowo, D. P., S, I., Tristiyanti, D., Normila, & Sutriyawan, A. (2023). Pola asuh ibu dan pola pemberian makanan berhubungan dengan kejadian stunting. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 6(2), 116–121. https://doi.org/10.33006/jikes.v6i2.543
Zahro, S. Al, Antoni, F., & Ratnawati, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran pengenalan makanan sehat augmented reality bagi anak sekolah dasar kelas 1. Jurnal Teknologi, 16(2), 92–101. https://doi.org/10.34151/jurtek.v16i2.4238
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.