“Tinjauan Sistematis Tantangan dan Peluang Implementasi Model Pembiayaan Pendidikan Berbasis Human Capital untuk Pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul di Indonesia"
Model Pembiayaan Pendidikan Berbasis Human Capital untuk Pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27721Keywords:
Pembiayaan Pendidikan, Human Capital, Sumber Daya ManusiaAbstract
Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul merupakan prasyarat essensial bagi kemajuan suatu bangsa. Dalam konteks Indonesia, pembiayaan pendidikan berbasis human capital sebagai bentuk investasi dalam Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan langkah strategis yang harus ditinjau secara komprehensif baik dari segi peluang atau pun tantangan. Tujuan dari penelitian ini adalah tinjauan sistematis terhadap literatur terkait tantangan dan peluang implementasi model pembiayaan pendidikan berbasis human capital dalam konteks pendidikan di Indonesia, serta kontribusinya terhadap pembangunan SDM unggul. Selain itu, penelitian ini akan merumuskan rekomendasi pengambilan keputusan yang muncul dari analisis tersebut serta mengidentifikasikan gap penelitian yang relevan. Melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR), studi ini mengeksplorasi isu-isu kritis seperti standar pembiayaan, optimalisasi alokasi dana, menajemen anggaran pendidikan, serta tantangan akuntabilitas dan ekuitas. Hasil analisis mengindikasikan bahwa terdapat pengakuan kuat terhadap pendidikan sebagai “investasi human capital” yang didukung oleh regulasi, efisiensi alokasi, tranparansi, dan disverifikasi sumber pendanaan. Pembiayaan yang strategis dapat meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan, mendorong inovasi, serta pada akhirnya meghasilkan SDM yang lebih berkompeten dan berdaya saing. Berdasarkan temuan yang ada, rekomendasi kebijakan meliputi pengembangan kerangka kerja nasional yang jelas untuk investasi human capital dalam pendidikan, impementasi pembiayaan berbasis konerja, peningkatan transparasi dan akuntabilitas, serta disversifikasi sumber dana. Penelitian ini mengidentifikasi gap dalam analisis biaya-manfaat, peran pemangku kepentingan non-pemerintah, pengukuran dampak jangka panjang, dan analisis kebijakan pembiayaan vokasi yang lebih terarah.Downloads
References
Buku:
Becker, G. S. (1964). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis, with Special Reference to Education. New York: National Bureau of Economic Research.
Nasution, F. (2022). Pembiayaan Pendidikan sebagai Investasi Human Capital. Medan: Assunnah Press.
World Bank. (2019). The Human Capital Project: Human Capital in the Age of Technology. Washington, D.C.: World Bank
Jurnal:
Ad’hiah, I. dan Rahmat, S. (2022). Analisis Terhadap PP No. 18 Tahun 2022 atas Perubahan PP No. 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan. Jurnal Maslahah, 2 (2), 1-16.
Aflaha, A. et al. (2021). Analisis Standar Pembiayaan Pendidikan. Masile-Jurnal Studi Ilmu Keislaman, 1(1), 24-59.
Anggraini, A. et al. (2025). Strategi Optimalisasi Pendanaan Pendidikan di Daerah 3T: Tantangan dan Solusi untuk Pemerataan Akses dan Kualitas. Cendekia, 3 (1), 71-80.
Apriliantono dan Jimale, A. (2023). Menjaga Akses Pendidikan Yang Adil: Tantangan dan Solui dalam Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. Al Marhalah, 7 (2), 166-174.
Arsal, F., dan Hidayat, A. (2024). Masalah Pembiayaan Pendidikan di Indonesia: Kenaikan Biaya Pendidikan. Journal Research and Education Studies, 5 (1), 1-12.
Asdil, A. et al. (2022). Pembiayaan Pendidikan dan Prestasi Siswa. Journal Research and Education Studies, 3 (2), 80-94.
Chairyani, D., Rahman, K., dan Muazza. (2022). Pengaruh Biaya Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Swasta. Jurnal Visionary, 10 (2), 74-78.
Fauzi, A. (2020). Analisis Biaya Mutu Dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1 (1), 51-62.
Ferdi, W. (2016) Pembiayaan pendidikan: Suatu Kajian Teoritis Financing of Education: A Theoritical Study. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19 (4), 565-578.
Istiyarini, P. dan Hanif, M. (2024). Model Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Analisis Konsep dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan) di SMP Negeri 2 Karangewas. Global-Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1 (1), 51-60.
Kisno. et al. (2021). Pembiayaan Pendidikan dan Kualitas Pendidikan di SMK Swasta Methodist Tanjung Morowa. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 15 (2), 2017-226.
Komariyah, S. et al. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Yang Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (02), 78-86.
Muhammad S. dan Ikhsan. (2022). Analisis Biaya Pendidikan Perguruan Tinggi Vokasi. Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial dan Budaya, 6 (4), 20-26.
Muhayat, B. et al. (2024). Analisis Pembiayaan Pendidikan Dasar dan Permasalahannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (2), 7642-7652.
Oktavia, A. et al. (2024). Unveiling the Path to Prosperity in Papua: An Analysis of Human Capital Investment Trend in Education (2018-2023). Jurnal Ekonomi Bisnis, 23 (2), 116-124.
Prasetyo, K. (2024). Hegemoni Neoliberalisme Pendidikan Tinggi di Indonesi: Sebuah Tinjauan Kritis. Jurnal Studi Pembagunan, 3 (1), 1-11.
Prolina, N., dan Nugraha, M. (2023). Manajemen Peembiayaan Pendidikan untuk Peningakatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Negeri. Epistemic-Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (2), 150-166.
Putri, S. et al. (2025). Hubungan Peningkatan Biaya Pendidikan dengan Skeptisisme Masyarakat. Jurnal Pendidikan Seni, Sain, dan Sosial Humaniora. 2 (2), 1-15.
Rohimah (2021). Knowledge-Based Economy Sebagai Onvestasi Human Capital Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Bangsa. Tahdzib Al-Akhlaq, 4 (1), 29-46.
Shafwan, M. et al. (2024). Analisis Pembiayaan, Tunjangan dan Kesejahteraan Guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda. Skills-Jurnal Risset dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3 (2), 145-152.
Suhatmaji. J. et al. (2024). Manajemen Mutu Terpadu Pada Pembiayaan Pendidikan Sebagai Bidang Garap Manajemen Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (1), 137-145.
Yani, N. et al. (2024). Problematika Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. AKSI-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (2), 133-149.
Yulia, S. & Rakhmawati. (2023). Optimalisasi RKAS dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Pengembangan Human Capital di SMKAN 3 Tuban. Jurnal Manajemen Riset Inovasi (MRI), 1 (3), 58-66.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.