MODEL PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS HUMAN CAPITAL: SEBUAH KAJIAN SISTEMATIS (SLR) TERHADAP INVESTASI SKILL BUILDING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27641Keywords:
pembiayaan pendidikan, human capital, skill buildingAbstract
Manusia sebagai modal terpenting dalam pembangunan dan perbaikan peradaban. Maka hal yang paling penting yang harus diperhatikan pada saat ini ialah bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia ini seiring dengan bertambahnya secara kuantitas usia produktif Masyarakat Indonesia yang akan disebut sebagai masa emas Indonesia tahun 2045. Dengan hal tersubut maka terkaita anggaran pembiyaan khususnya bidang pendidikan dengan menggunakan pendekatan berbasis human capital menjadi suatu cara stategis untuk investasi skill building. Metode deskriptif kualitatif menjadi metode yang dipilih dalam penelitian ini dengan kajian Pustaka atau library research dengan sistematic literature review. Model penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengamati dan untuk memahami fenomena-fenomena dan digabungkan dengan kebijakan-kebijakan yang mendukungnya. Hasil pembahasan penelitian ini adalah berbagai model-model pembiyaan yang akan mempengaruhi efejtivitas skill building.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Becker, G. S. (1993). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis, with Special Reference to Education. University of Chicago Press.
Fauzi, A., A, dkk. (2023). Landasan Pendidikan. PT Sada Kurnia Pustaka
Kurniawan, A, dkk. (2022). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT Global Eksekutif Teknologi
OECD. (2019). Trends Shaping Education 2019. OECD Publishing.
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.
World Bank. (2020). The World Development Report: The Changing Nature of Work.
Artikel in Press :
Amminnuddin, Harahap, A, S., Dawi, M. N. (2021). Sistem Finansial Pendidikan Di Indonesia (Analisis Tentang Signifikansinya Terhadap Pengelolaan Human Capital). 18(2), 119-130.
Bahri, S. (2020). Strategic Planning And Management Of Human Resources In Educational Institutions. 8(1). 62-84
Fajri, R., Suharti, Muthi, I. Model Pembiayaan dalam Pendidikan. (2024). 3(1). 133-143
Hartati, I., (2020). Strategi Pembangunan SDM Kementerian Keuangan Republik Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Era Disrupsi 4.0. 13(1). 109-129
Hidayat, A. N., (2022). Strategi Pembiayaan Pendidikan Pelatihan Kerja Di Blk Komunitas Ponpes Al-Aitaam. 1(3).
Lorensius, Ping, T. (2021). Model Pembiayaan Pendidikan di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. 1(2). 107-119
Mesiono, Rosnaeli. (2021). Model-Model Pembiayaan Pendidikan (Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Dalam Institusi Pendidikan). http://jurnal.staiserdanglubukpakam.ac.id/index.php/bilqolam
Moersidi, Y. (2025). Optimalisasi SDM Melalui Pelatihan Manajemen Surety Bond. 1(1). 46-55
Oktaviani, w., Sari, G., Alyana, D., Dewi, P.K. (2024). Analisis Implementasi Pendidikan dan Pelatihan Human Capital di Industri Kreatif, 3(3), 1116 – 1125, https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.268
Perdana, M. A.C, Sulistyowati, N.W, Ninasari, A., Jainudin. (2023). Analisis Pengaruh Pembiayaan, Skala Usaha, dan Ketersediaan Sumber Daya Manusia terhadap Profitabilitas UMKM. 1(3). 135-148
Psacharopoulos, G., & Patrinos, H. A. (2004). Returns to investment in education: a further update. Education Economics, 12(2), 111–134.
Ramdhani, S., S. Silviani, A., Rahman, A., Asy’ari, H., Zahruddin. (2022). Investment in Education as Development Human Resources at Madrasah Aliyah Negeri. 10(2). 331-339
Rahmawati, S.Y. (2023). Optimalisasi RKAS Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Pengembangan Human Capital Di SMKN 3 Tuban. 1(3). 59-66. https://doi.org/10.55606/mri.v1i3.1260
Ramadhani, S. S., Silviani, A., Rahman, A., & Asy, H. (2022). Investment in Education as Development Human Resources at Madrasah Aliyah Negeri. 10(2), 331–339.
Sari, L., Muhtadi, R., Mansur. (2020). Analisis Manajemen Sumber Daya Insani Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. 1(2). 158-172
Safii, A., A, Anom, L. (2021). Peran Moderasi Financial Access Pada Pengaruh Human Capital Dan Social Capital Terhadap Kinerja UMKM. 14(1). 36-49
Soebiartika, R., Rindaningsih, I. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Implementasi SistimKompensasi dan Penghargaan Terhadap KinerjaGuru SD Muhammadiyah Sidoarjo. 2(1). 171185. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i1.1630
Tesalonika, A., Sutjipto, H., (2023). Human capital dan masyarakat ekonomi sirkular: teologis keberlanjutan global di Indonesia. 1(1). 1-18
Triandini, E.,Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Umalihayati. (2023). Pendampingan Dalam Memahami Investasi Human Capital Dorong Pembangunan Berkualitas Melalui Pendidikan. 2(2). 61-120
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.