MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 6 KLAMPOK

Authors

  • Abhista Salsabila Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Aji Heru Muslim Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27628

Keywords:

PBL, Media Animasi, Sikap Toleransi, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi dan prestasi belajar peserta didik melalui model PBL dengan bantuan media animasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan subjek penelitian berjumlah sebanyak 16 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar evaluasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan sikap toleransi dan prestasi belajar peserta didik dengan bertahap. Pada siklus pertama, sikap toleransi mencapai persentase ketuntasan sebesar 43,75% dan pada siklus kedua persetase ketuntasan meningkat sebesar 81,25%. Prestasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, siklus pertama menghasilkan nilai rata-rata 64,68 dengan tingkat ketuntasan 53,12% dengan kriteria cukup, siklus kedua nilai rata-rata 82,06 dengan tingkat ketuntasan 81,25% dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa model PBL berbantuan media animasi dapat meningkatkan sikap toleransi dan prestasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 04(02), 103–109.

Akhwani, & Nurizka, R. (2021). Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 446–454.

Arifin, Jamaah, & Nurhasanah, E. (2024). Analisis Peran Guru dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Pendidikan Dasar, 1(2), 51–56.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani, Ed.; Edisi Revi). Bumi Aksara.

Asrijanty, & Hadiana, D. (2020). Model Penilaian Karakter (Asrijanty & D. Hadiana, Eds.). Pusat Penilaian Pendidikan.

Cholifah, E., & Effendi, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Sikap Toleransi dan Hasil Belajar Kelas IV di MIN 2 Kota Madiun. Pendidikan .

Hazmi, M., & Helsa, Y. (2025). Pemanfaatan Media Video Animasi Interaktif Berbasis Canva dalam Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. https://malaqbipublisher.com/index.php/JIPMAS

Kartika, I., Nugroho, A., & Muslim, A. H. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 44–56. https://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.10124

Kurnia, I. R., & Mukhlis, S. (2023). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 209–216. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4064

Made, N., Primadewi, A., Ngurah, G., & Agustika, S. (2022). Video Animasi Berorientasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 167–177. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46477

Mallu, S., Irani, U. Z., Yulianti, R., Rulanggi, R., Kurniawati, I., Nurul Hidayah, S., Warma, A., Setyorini, I. P., Siregar, M., Hasanah, U., Shoufika Hilyana, F., Djerubu, D., Effendi, H., & Jaya, I. (2024). Problem-Based Learning dalam Kurikulum Merdeka.

Marinti Artilia, F. S., Azis, S. A., & Akib, E. (2023). Pengaruh Model Dialogic Reading Berbantuan Media Gambar Terhadap Penguasaan Kosakata dan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Segugus 6 Center Kecamatan Polongbangkeng Kabupaten Takalar. Cendekiawan, 5(2), 99–106. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i2.242

Muslim, A. H., & Dkk. (2020). Media Pembelajaran PKn di SD (A. H. Muslim, Ed.). Pena Persada.

Novitasari, L., Wardani, S., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Satya, K., & Salatiga, W. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SD. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 41–52. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52

Nuryanah, N., Zakiah, L., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3050–3060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1244

Pramanda, S. J., & Asriyanti, F. D. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Media Video Animasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Wonorejo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5221–5228.

Rodenayana, E., Worowirastri Ekowati, D., Pudji Astutik, P., FKIP Universitas Muhammadyah Malang, P., & Purwantoro, S. (2023). MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA MICROSITE DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 703–711.

Sukma Wardani, L., Nyoman Kurnia Wati, N., Ketut Ngurah Ardiawan, I., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus IX Kecamatan Buleleng Kab Buleleng. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 4(2), 319–328.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Downloads

Published

2025-07-06