Pengaruh Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan Model PBL Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 5 SDN Bondongan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27543Keywords:
Teaching at the Right Level (TaRL), Problem-Based Learning (PBL), learning outcomes, IPAS, primary schoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) yang dikombinasikan dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN Bondongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design dan melibatkan dua kelas, yaitu Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan Kelas VC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata nilai posttest dari 45,19 menjadi 70,00 dengan nilai N-Gain sebesar 45,54% (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol hanya mengalami peningkatan dari 47,31 menjadi 56,15 dengan nilai N-Gain sebesar 18,31% (kategori rendah). Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,008 (< 0,05) yang menunjukkan bahwa penerapan PBL berbasis TaRL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, integrasi pendekatan TaRL dan model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.Downloads
References
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Afandi, D. D., Subekti, E. E., & Saputro, S. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 113–120. https://doi.org/10.51574/kognitif.v3i2.955
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.
AlperAslan. (2021). Problem-Based Learning in Live Online Classes: Learning Achievement, Problem-Solving Skill, Communication Skill, and Interaction. Computers & Education, 171, 104237.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Harjanti, P., & Prastiyo, A. (2024). Mengoptimalkan Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di SD Negeri Condongcatur Sleman Optimizing. Aksi Nyata: Jurnal Pengabdian Sosial Dan Kemanusiaan Vol., 1(4), 172–191. www.ine.es
Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179–187. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.466
Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153–160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160
Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka. Metodik Didaktik, 18(2), 54–64. https://doi.org/10.17509/md.v18i2.53304
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
Ningsih, A. K., Nasution, & Dayu, D. P. K. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Indonesiaku Kaya Raya Kelas 5 SD. Jayapangus Press, 7(4), 161–169.
Nur, A., & Suraya, I. (2024). Pengaruh Pendekatan TaRL Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Magnet Dilihat dari Tingkat Kemampuan Awal Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 5(1), 1–8. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipshttps://doi.org/10.37729/jips.v5i1.4280%7C
Peto, J. (2022). Melalui Model Teaching At Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguatan Karakter dan Hasil Belajar Narrative Text di Kelas X. IPK. 3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12419–12433.
Rahmawati, F., Subekti, E. E., & Istikomah, A. (2024). Implementasi Pendekatan TaRL dan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(4).
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346.
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212.
Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.
Seibert, S. A. (2020). Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 2–5.
Setiyorini, S. R., & Setiawan, D. (2023). Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.27
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Di Sd. Journal of Primary Educational, 1(2), 71–77.
Usdarisman, Hendryadi, Azhari, D. S., & Basit, A. (2024). Pengertian dan Konsep Dasar Kurikulum dalam Berbagai Perspektif. Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7578–7586.
Wahyuni, L. S., Sukmanasa, E., & Dhiani, A. N. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas V SDN Kedung Badak 2. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4572–4586.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.