Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar: Studi Literatur
Keywords:
instructional media, narrative writing, elementary studentsAbstract
Writing is one of the essential language skills that need to be developed in elementary school students. One of the types of writing taught is narrative writing, which requires students to organize ideas systematically and creatively. However, in practice, writing is often perceived as a difficult skill due to the need for idea development, coherence, and appropriate language use. This study aims to examine various types of instructional media used to improve narrative writing skills in elementary school students. The study employs a qualitative literature review method by analyzing scholarly articles published between 2017 and 2024. Data were obtained through searches on databases such as Google Scholar and Garuda, focusing on instructional media used in narrative writing instruction. The media reviewed include visual media (picture series), text-based media (daily journals), and audiovisual media (animated videos). The results of the review show that each type of media has its own advantages. Visual media stimulate imagination and clarify text structure, text-based media help develop consistent writing habits, and audiovisual media enhance student engagement and motivation. Among the three types of media, daily journal media demonstrate strong potential as a contextual and applicable alternative for improving narrative writing skills. This medium also helps teachers monitor students’ development continuously. Keywords: instructional media, narrative writing, elementary students ABSTRAK Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting dikembangkan pada siswa sekolah dasar. Salah satu jenis keterampilan menulis yang diajarkan adalah menulis narasi yang menuntut siswa untuk menyusun ide secara sistematis dan kreatif. Namun dalam praktiknya, menulis kerap dianggap sulit karena memerlukan pengembangan ide, koherensi, dan penggunaan bahasa yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai jenis media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan metode studi literatur yang bersifat kualitatif dengan menganalisis artikel ilmiah yang diterbitkan pada rentang waktu 2017 hingga 2024. Data diperoleh melalui pencarian pada basis data seperti Google Scholar dan Garuda dengan fokus pada media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menulis narasi. Media yang dikaji meliputi media visual (gambar berseri ), media teks (jurnal harian), dan media audio-visual (video animasi). Hasil kajian menunjukkan bahwa masing-masing media memiliki keunggulan tersendiri. Media visual merangsang imajinasi dan memperjelas struktur tulisan, media teks membentuk kebiasaan menulis yang konsisten, serta media audio-visual meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Dari ketiga jenis media tersebut, media jurnal harian menunjukkan potensi yang kuat sebagai alternatif yang kontekstual dan aplikatif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi. Media ini juga memudahkan guru dalam memantau perkembangan siswa secara berkelanjutan. Kata Kunci: Media pembelajaran, Menulis narasi, Siswa sekolah dasarDownloads
References
Ardianto, A., Mutmainah, M., Zainal, N. F., Reksamunandar, R. P., Santoso, A. B., Satriani, S., & Lamasese, N. I. (2022). Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD Al-Khairaat Airmadidi Atas. TARSIUS: Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif & Humanis, 4(2), 1-5.
Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media audiovisual dan metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
Diana, N., & Sukartiningsih, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tenggulunan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 257-266.
Hamdiyah, L., & Puspitasari, N. A. (2023). Media Pembelajaran Animasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 79-85.
Hasanah, T. A., Antosa, Z., & Mulyani, E. A. (2024). Pengaruh Media Buku Harian Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 249-257.
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi bahasa indonesia. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59-66.
Indihadi, D. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Teks Narasi Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 114-123.
Kurniasih, D. A. (2020). Pembiasaan Menulis Buku Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sukorejo. Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), 36-44.
Novitasari, D., Listiani, I., & Prasasti, P. A. T. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Kelas V Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1586-1595.
Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan adobe flash sebagai dasar pengembangan bahan ajar fisika: Studi literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1-10.
Rahmawati, H. D. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis 5w1h Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9).
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.