Pengaruh Penggunaan Artificial Intelegence (AI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Authors

  • Fazira Ismaillia Harahap Universitas Negeri Medan
  • Richo Adjie Santana Universitas Negeri Medan
  • Anggi Agnes Derma Yani Universitas Negeri Medan
  • Dwi Ananda Universitas Negeri Medan
  • Eka Bella Universitas Negeri Medan
  • Nadra Amalia Universitas Negeri Medan

Keywords:

Artificial Intelligence, Critical and Creative Thinking, Dependence.

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan dampak signifikan terhadap dunia pendidikan. Maraknya kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) membuat mahasiswa terlena akan kecanggihan teknologi yang ada. Untuk itu artikel ini membahas mengenai ketergantungan penggunaan Artificial Intelegence (AI) pada tugas perkuliahan mahasiswa serta pengaruh penggunaan Artificial Intelegence  (AI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mengukur ketergantungan mahasiswa pada AI dalam tugas perkuliahan, serta dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa dan juga untuk melihat frekuensi penggunaan Artificial Intelegence (AI). Metode penelitian yang digunakn adalah metode deskriptif kuantitaif, dengan menggunakan bantuan kuisioner media google form kemudian menyebarkannya kepada mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah mayoritas mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia menggunakan AI untuk mengerjakan tugas perkuliahan serta untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Dalam hal ketergantungan, hanya sebagian kecil mayortitas mahasiswa yang merasa ketergantungan terhadap penggunaan AI ini.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., & Aisy, R. (2023). Problematika Penggunaan Artificial Intelligence (Ai) Untuk Pembelajaran Di Kalangan Mahasiswa Stit Pemalang. Jurnal Madaniyah, 13(2), 242–255.

Amalia, N., & Deliati, M. F. (2018). MELEJITKAN DAYA LITERASI MELALUI PEMBELAJARAN PANTUN. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Febriani, S., Zakir, S., & Sari, F. (2023). Penggunaan Quillbot Dan Chatgpt Dalam Peningkatan Pemahaman Penulisan Artikel Mahasiswa Pascasarjana Pai 2023 Di Uin Padang. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 272–279. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15599

Firdaus, J. A., Ummah, R. I., Aprialini, R. R., & Faizin, A. (2025). Ketergantungan Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) pada Tugas Akademik Mahasiswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. 14(1), 1203–1214.

Supriyadi, E. (2024). Penggunaan Chatgpt Openai Pada Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Dampaknya Bagi Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Unars (Vol. 3, No. 1, pp. 123-130).

Susilo, B., & Widayanti, T. (2024). Kecerdasan Buatan: Plagiarisme dan Perilaku Mandiri Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Penggunaan ChatGPT. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2, 341–352. https://doi.org/10.59841/saber.v2i3.152

Ulfah, M. (2024). VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Dampak Ketergantungan Pada Artificial Intelligence Terhadap Kemampuan Analitis Dan Kreatif Mahasiswa. 15(1), 120–130.

Downloads

Published

2025-07-08

Most read articles by the same author(s)