Hubungan antara Empati Mahasiswa dan Kemampuan Berinteraksi dengan Anak Berkebutuhan Khusus)

Authors

  • intan christine nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Yati Virma Saragih Universitas Negeri Medan
  • Novia Marissa Pardosi Universitas Negeri Medan
  • Najwa Fasyah Universitas Negeri Medan
  • Dahlia Sirega Universitas Negeri Medan
  • Lili Tansliova Universitas Negeri Medan
  • Nadra Amalia Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26775

Keywords:

Empathy, Students, Children with Special Needs

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat empati siswa dengan kemampuan berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih secara purposive, yaitu siswa yang memiliki pengalaman atau minat berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara tingkat empati siswa dengan kemampuan berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus, khususnya dalam merancang program atau pelatihan yang dapat meningkatkan kepekaan sosial siswa. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi dasar untuk memperkuat pendekatan pembelajaran yang lebih humanis dan responsif terhadap keberagaman di lingkungan pendidikan. Kata Kunci: Empati, Siswa, Anak Berkebutuhan Khusus ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat empati siswa dan kemampuan mereka dalam berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara purposive, yaitu siswa yang memiliki pengalaman atau ketertarikan dalam interaksi dengan ABK. Analisis data dilakukan melalui uji korelasi Pearson untuk mengetahui adanya hubungan signifikan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara tingkat empati siswa dan kemampuan mereka dalam berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus, khususnya dalam merancang program atau pelatihan yang mampu meningkatkan kepekaan sosial siswa. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi dasar penguatan pendekatan pembelajaran yang lebih humanis dan responsif terhadap keberagaman di lingkungan pendidikan. Kata Kunci: Empati, Mahasiswa, Anak Berkebutuhan Khusus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R., Sukmawati, U. S., &

Katsirin, K. (2023). Analisis

Data Penelitian Kuantitatif:

Pengujian Hipotesis Asosiatif

Korelasi. Jurnal Pelita

Nusantara: Kajian Ilmu Sosial

Multidisiplin, 1(3), 438–445.

Alcalde-Llergo, J. M., Aparicio-

Martínez, P., Zingoni, A., Pinzi,

S., & Yeguas-Bolívar, E.

(2025). Fostering Inclusion: A

Virtual Reality Experience to

Raise Awareness of Dyslexia-

Related Barriers in University

Settings.

Bachri, B. S. (2010). Pendidikan Anak

Berkebutuhan Khusus.

Jakarta: Rineka Cipta.

Biantoro, A. (2024). "Strategi dan

Tantangan dalam Menerapkan

Pembelajaran Inklusif di

Sekolah Dasar." Jurnal

Edukasi dan Riset, 5(1), 23-30.

Cuff, B. M. P., Brown, S. J., Taylor, L.,

& Howat, D. J. (2016).

Empathy: A review of the

concept. Emotion Review, 8(2),

144–153.

Desa Cikoneng. (2023). Mendorong

Dukungan Emosional dalam

Pendidikan Inklusif.

Depdiknas. (2004). Pedoman Umum

Penyelenggaraan Pendidikan

Inklusif. Departemen

Pendidikan Nasional.

Dewi, M. R., & Yuniarti, K. W. (2021).

Faktor-faktor yang

mempengaruhi empati pada

mahasiswa psikologi. Jurnal

Psikologi Insight, 3(2), 121–

130.

Erdaliameta, E., et al. (2023).

Kecerdasan Emosional dalam

Pendidikan Inklusif. Jurnal

Pendidikan Inklusif, 9(1), 45-

56.

Fauziah, R. (2020). Pendidikan Anak

Berkebutuhan Khusus:

Konsep, Teori, dan Praktik.

Bandung: Alfabeta.

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas

Negeri Surabaya. (2024).

Pentingnya Pendidikan

Karakter untuk Mahasiswa

Pendidikan Luar Biasa dalam Menjadi Guru bagi Anak

Berkebutuhan Khusus.

Handayani, T. S. (2022). Pengaruh

Empati terhadap Kemampuan

Interaksi Mahasiswa dengan

Anak Berkebutuhan Khusus.

Jurnal Pendidikan Inklusif

Indonesia, 6(2), 90–104.

Hartati, S., & Astriningsih, D. (2020).

Psikologi Empati dan

Pendidikan Inklusif. Jakarta:

Rajawali Pers.

Hidayat, A. (2019). Strategi

Pembelajaran untuk Anak

Berkebutuhan Khusus.

Yogyakarta: Deepublish.

Kurniawan, R. I., Aini, K., & Rini, H. P.

(2025). Peran Empati dalam

Penanggulangan Bullying

Terhadap Siswa ABK di

Sekolah Inklusi. Prosiding

Seminar Nasional Psikologi.

Lestari, R. A. (2020). Tantangan

Interaksi Sosial dalam

Pendidikan Inklusif: Perspektif

Guru dan Mahasiswa. Jurnal

Pendidikan Khusus Indonesia,

6(2), 144–157.

Mariskha, A., & Umaroh, R. (2017).

Peran Empati Afektif dan

Kognitif dalam Perilaku

Prososial. Jurnal Psikologi,

13(1), 50–66.

Muhrima, S. (2020). Faktor-faktor

yang Mempengaruhi Empati

Mahasiswa dalam Konteks

Pendidikan Inklusif. Jurnal

Psikologi Pendidikan, 5(2),

121–134.

Ningsih, Y. A. (2020). Prinsip dan

Strategi Interaksi dalam

Pendidikan Inklusif. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran

Inklusif, 5(1), 22–35.

Nurcahyo, F. A., Martini, & Tisngati, U.

(2024). "Analisis Interaksi

Sosial Anak Berkebutuhan

Khusus (ABK) Melalui

Ekstrakurikuler Pramuka di

SLB Negeri Punung."

Southeast Journal of

Educational Studies, 4(2), 168-

174.

Novantri, A. C., Supriani, R., &

Sasanti, T. S. (2023).

Membangun Interaksi Sosial

Mahasiswa dengan

Penyandang Disabilitas melalui

Permainan Goyang Balon di

Sentra Terpadu Temanggung.

Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 4(1), 27–36.

Purnamasari, D., & Sunarti, E. (2019).

Peran empati dalam

pengembangan karakter

prososial remaja. Jurnal

Psikologi Pendidikan dan

Konseling, 5(1), 8–14.

Prasetyo, B. A. (2021). Tuntutan

Emosional dan Sosial

Mahasiswa dalam Pendidikan

Inklusif: Kajian Psikososial.

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan

Konseling, 7(2), 98–110.

Puspitasari, A. L. (2020). Komunikasi

Empatik dalam Mewujudkan

Pendidikan Inklusif. Jurnal

Kajian Komunikasi Pendidikan,

4(2), 112–124.

Putranto, S. (2024). Sikap Calon Guru

Matematika untuk Mengajar di

Kelas Inklusi: Profil dan Faktor

yang Mempengaruhi. Jurnal

Pendidikan Kebutuhan

Khusus, 8(1), 14-22.

Putri, R. A. (2025). "Analisis Stereotip

Negatif: Tantangan Anak

Berkebutuhan Khusus di

Sekolah Inklusif." Carong:

Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran, 3(1), 15-22.

Rahmawati, A., & Anggraini, F. (2020).

Pengaruh kegiatan sosial

terhadap empati mahasiswa.

Jurnal Bimbingan dan

Konseling Islam, 4(1), 20–27.

Rahayu, F. A., & Permana, B. (2024).

Pendidikan Empati untuk

Mengurangi Bullying di Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan

Karakter, 12(1), 33–46.

Ramadhani, R. (2021). Keterampilan

Dasar Guru dalam Pendidikan

Inklusif: Komunikasi, Empati,

dan Kesabaran. Jurnal Ilmu

Pendidikan Khusus, 9(1), 1–12.

Sagita, D. (2020). Pengembangan

Modul Empati Siswa bagi Guru

di Sekolah Inklusi. CALYPTRA:

Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Surabaya.

Sari, M. A. (2021). Teori Psikologis

dan Pendidikan tentang Empati

dalam Interaksi Sosial. Jurnal

Psikologi Pendidikan

Indonesia, 8(1), 55–67.

Sari, N. P. (2022). Karakteristik

Mahasiswa Calon Guru dalam

Pendidikan Inklusif: Studi di Fakultas Pendidikan

Universitas Negeri Malang.

Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran, 9(1), 34–45.

Sari, N. M. (2023). "Memahami

Kehidupan dan Tantangan

Anak-Anak Berkebutuhan

Khusus." Jurnal Ilmu Riset

Sosial, 2(1), 33-40.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Syahira, R. N. (2025, April). Empati

Pada Guru Pendamping Aanak

Berkebutuhan Khusus Di

Sekolah Alam Ramadhani.

In Prosiding Seminar Nasional

Psikologi (Vol. 10).

Tiara, D. A., Hanggraeny, D., &

Mahmudah, S. (2023).

"Meningkatkan Kemampuan

Sosial Anak Berkebutuhan

Khusus Melalui Pendidikan

Inklusi." Jurnal Citra

Pendidikan, 1(2), 45-52.

Utami, R. S. (2022). Interaksi Sosial

dalam Pendidikan Inklusif:

Konsep dan Implementasi.

Jakarta: Prenada Media

Wibowo, A., & Susanto, D. (2021).

Dimensi empati dalam praktik

pelayanan sosial mahasiswa.

Jurnal Ilmu Sosial dan

Pendidikan, 5(2), 115–123.

Downloads

Published

2025-06-13