PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25497Keywords:
Media Pembelajaran Digital Quizizz, Motivasi, KemandirianAbstract
Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang sangat cepat memberikan perubahan terhadap kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran digital Quizizz terhadap motivasi dan kemandirian siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika program kampus mengajar. Dalam penelitian ini mengguanakan jenis metode pendekatan dengan menggunakan prosedur statistik, pengukuran atau menggunakan angka. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah one group pretest posttest design. Berdasarkan output diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara subjek penelitian dengan media pembelajara digital quizizz terhadap motivasi dan kemandirian siswa kelas V pada mata Pelajaran Matematika. Hal ini dibuktikan dengan hasil test kuesioner yang di ujikan kepada siswa dan memperoleh deskripsi data terdapat nilai yang signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga terdapat pengaruh media pembelajaran digital quizizz terhadap motivasi dan kemandirian siswa kelas V pada mata Pelajaran Matematika program kampus mengajar.Downloads
References
Arifin, Zainal. 2022. “Pengaruh Alat Peraga Benda Konkrit Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Berfi Kir Kritis Matematika.” 6. Doi:10.36312/Jisip.V6i4.4334/Http.
Egok, A. S. 2016. “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan Dasar 7(2): 186–99.
Fadhillah, M. Aris. 2023. “Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 SD Negeri 32 Rejang Lebong.” Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup.
Handayani, Ruri, Eka Putri Amelia Surya, And Maghriza Novita Syahti. 2024. “Kemandirian Anak Dalam Memasuki Usia Sekolah Dasar: Pentingnya Pembentukan Karakter Sejak Dini.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling 02(02): 352–56. Https://Jurnal.Ittc.Web.Id/Index.Php/Jpdsk.
Jamun, Yohannes Marryono. 1996. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.” (10): 48–52.
Khoiriah, Marlinda Astulia, Sujarwo Sujarwo, And Putri Handayani. 2022. “Pengaruh Pemanfaatan Media Video Tutorial Dan Gambar Terhadap Motivasi Dan Kemandirian Belajar Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(6): 6360–74. Doi:10.31004/Obsesi.V6i6.3197.
Nurfaizah AP, Andi Amparita Said, Nurlaela Latief. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V.” 6: 375–82.
Wibawa, Ramadhan Prasetya, Rohana Intan Astuti, Bayu Aji Pangestu, And History Article. 2019. “Smartphone-Based Application ‘Quizizz’ As A Learning Media.” Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Dp 14(85): 244–53. Doi:10.15294/Dp.V14i2.23359.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.